Comscore Tracker

5 Tips untuk Mahasiswa Baru agar Tidak Hilang Arah

Jadi maba yang well-planned, kenapa tidak?

Menjadi seorang mahasiswa yang well-planned tentu memiliki beberapa kelebihan. Kamu akan menjadi lebih tenang dan tidak merasa terombang-ambing ketika sudah mengetahui tujuan dan cara menggapainya. Berikut lima tips untuk mahasiswa baru yang ingin menjadi mahasiswa yang well-planned agar tidak hilang arah:

1. Tulis rencana kariermu

5 Tips untuk Mahasiswa Baru agar Tidak Hilang ArahIlustrasi rencana-rencana yang ditulis dalam kertas (unsplash.com/@esteejanssens)

Agar pilihan dan kegiatan yang kamu pilih lebih tertata, siapkan kertas dan tulislah rencana kariermu setelah lulus dari perkuliahan. Tulis rencana tersebut lengkap dengan cara-cara mencapainya, skill apa yang harus dikembangkan, dan kapan target rencana akan dilaksanakan.

Untuk membuatnya makin detail, tulislah tiga rencana yang dapat kamu gapai. Ketiganya dibagi menjadi rencana realistis yaitu rencana yang kemungkinan besar dapat digapai, rencana optimis yaitu rencana yang merupakan cita-cita terbesarmu, dan terakhir adalah rencana pesimis yang merupakan rencana cadangan apabila rencana realistis dan optimismu tidak dapat dicapai.

Rencana-rencana ini akan membantumu lebih fokus dan memotivasimu untuk mengejar cita-cita yang telah ditulis sebelumnya.

2. Pilih kegiatan untuk mengembangkan diri

5 Tips untuk Mahasiswa Baru agar Tidak Hilang ArahIlustrasi volunteer sebagai sebuah saah satu kegiatan untuk mengembangkan diri (unsplash.com/@rekamdanmainkan)

Mengikuti sebuah organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan kegiatan yang umum diikuti seorang mahasiswa.

Banyak sekali manfaat mengikuti sebuah UKM dan organisasi terlebih ketika sudah menentukan apa yang kamu cari dari sebuah organisasi berdasarkan rencana yang telah dibuat. Beberapa manfaatnya adalah melatih kemampuan berkomunikasi, melatih kemampuan manajemen waktu, mengasah skill yang sudah dipunya, dan belajar berkompromi.

Tentu saja manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas akan terasa berguna ketika sudah lulus.

Baca Juga: 5 Tips Finansial buat Mahasiswa, Strategi biar Gak Kere!

3. Tetapkan skala prioritas

5 Tips untuk Mahasiswa Baru agar Tidak Hilang ArahIlustrasi prioritas (unsplash.com/@brett_jordan)

Dengan menulis skala prioritas, kamu dapat menghindari kebingungan memilih untuk mengikuti suatu kegiatan apabila memiliki jadwal yang bertabrakan.

Agar memudahkan, kamu bisa menggunakan diagram lingkaran yang dibagi menjadi sepuluh bagian. Tulis beberapa kategori besar yang ada dalam kehidupan perkuliahanmu.

Dalam hal ini, contoh kategori semisal kuliah, organisasi, dan hiburan. Kemudian arsir setiap bagian dari diagram. Semakin banyak bagian dari diagram yang diarsir maka semakin prioritas kegiatan tersebut.

4. Perkuat motivasi

5 Tips untuk Mahasiswa Baru agar Tidak Hilang ArahIlustrasi motivasi (unsplash.com/@randytarampi)

Motivasi menurut KBBI adalah sebuah dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam melakukan sesuatu.

Tentunya setiap orang harus memiliki motivasi yang kuat agar apa yang dilakukan selalu konsisten dan tidak berhenti di tengah jalan. Dalam hal ini, motivasi untuk selalu keep in track perlu dibangun.

Temukan motivasi yang kuat dari dalam dirimu. Dengan motivasi yang kuat, maka kamu akan dapat menjaga konsistensi dari hal yang kamu kerjakan.

5. Tulis di tempat yang mudah dibaca

5 Tips untuk Mahasiswa Baru agar Tidak Hilang ArahIlustrasi menempelkan rencana yang sudah dibuat (unsplash.com/@alvarordesign)

Setelah kamu menulis rencana karier, menentukan skala prioritas, dan motivasi, satukan dan tempel pada tempat yang mudah dibaca seperti meja belajar atau dinding kamar. Hal itu membantumu untuk selalu mengingat apa yang sudah kamu sepakati dari awal.

Dengan begitu, kamu secara tidak sadar akan selalu melakukan evaluasi kecil setiap harinya apabila melakukan hal yang tidak sesuai dengan komitmen yang sudah kamu tulis.

Dengan melakukan evaluasi, diharapkan ke depannya kamu akan selalu ingat dan konsisten dengan apa yang sudah ditulis.

Tidak ada salahnya untuk mengatur sebuah tujuan sejak awal. Walaupun pasti ada halangan ketika dalam perjalanannya, setidaknya kamu sudah belajar berpikir secara sistematis ketika menuliskan rencana-rencana ke depanmu. Tentu saja, berpikir sistematis juga menjadi sebuah skill yang penting kamu miliki selama kuliah. Untuk mahasiswa baru, semoga semangat menjalani dunia perkuliahan, ya!

Baca Juga: 10 Tips Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa Super Sibuk

Bintang Laksana Photo Writer Bintang Laksana

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya