Comscore Tracker

5 Buku yang Nggak Akan Lekang oleh Waktu, Sudah Punya Semua?

Sudah baca berapa buku tahun ini?

Semua pasti sudah pernah mendengar ungkapan “buku adalah jendela dunia”, ungkapan ini nggak hanya sekadar hiperbola semata lho, karena faktanya lewat buku kita bisa pengetahuan luas yang ada di dunia tanpa bergerak seincipun. Selain itu, jangan berpikir bahwa pengetahuan cuma bisa diambil dari buku-buku non-fiksi ya, buku novel atau motivasi juga bisa kasih kamu banyak insight baru yang berharga.

Nah, dari sekian banyak buku yang sudah diterbitkan, kali ini IDN Times sudah merangkum beberapa buku yang wajib banget kamu baca nih. Apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Merasakan perjuangan perempuan lewat cerita empat bersaudara di “Little Women”

5 Buku yang Nggak Akan Lekang oleh Waktu, Sudah Punya Semua?Tumblr/thefaithfulreader

Apa jadinya jika empat bersaudara punya karakter yang berbeda dan tumbuh di lingkungan yang sama? Hal inilah yang terjadi pada keempat anak perempuan dari keluarga March. Hidup dalam keterbatasan tidak membuat mereka menyerah dan berhenti berjuang untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Ditulis oleh Louisa May Alcott, novel ini memberikan nuansa kekeluargaan yang tidak berlebihan dan sangat menyentuh bagi siapa saja yang membacanya.

2. Mengenal budaya melayu dari tanah Belitong lewat novel Laskar Pelangi

5 Buku yang Nggak Akan Lekang oleh Waktu, Sudah Punya Semua?pricepedia.org

Buat anak 2000-an pasti sudah nggak asing nih dengan film Laskar Pelangi yang ditayangkan pada tahun 2008. Aslinya, film ini diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata yang sudah dialih bahasakan sampai ke 26 bahasa lho. Novel ini bercerita tentang anak-anak SD Muhammadiyah dalam menjalani kesehariannya di Belitong yang kental dengan budaya Melayu. Lagi merasa lelah atau capek sekolah? Coba rehat sebentar sambil baca buku ini deh biar semangatmu terpompa lagi.

3. “Bumi Manusia” bercerita tentang anak negeri yang ingin mengangkat martabat bangsanya

5 Buku yang Nggak Akan Lekang oleh Waktu, Sudah Punya Semua?

Sebelum kembali booming di tahun 2019, Bumi Manusia merupakan karya novel fenomenal seorang sastrawan Indonesia Pramoedya Ananta Toer yang sempat dilarang beredar di Indonesia. Novel ini bercerita tentang sosok Minke, seorang anak bupati yang berkesempatan untuk bersekolah di Eropa. Selama bersekolah, banyak orang berpikir bahwa banyak kebudayaan Eropa yang mengubah kepribadiannya sebagai orang Jawa. Dari sini aja udah seru ‘kan?

4. Jadi lebih optimis dengan buku Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

5 Buku yang Nggak Akan Lekang oleh Waktu, Sudah Punya Semua?Heavenlyspace.net

Buat kamu yang aktif di media sosial, pasti udah nggak asing dengan akun Instagram @nkcthi. Akun ini pada awalnya sering mem-posting quotes maupun puisi yang relevan banget buat millennials. Hari demi hari, banyak orang yang tertarik dan merasa banyak mendapat positive vibes dari akun ini. Melihat hal tersebut, Marchella FP, orang di balik kalimat yang mengena hati dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini akhirnya merilis buku dari setiap cerita yang ia tulis. Kamu sudah baca?

5. Belajar menerima dan mengikhlaskan lewat “Kamu Terlalu Banyak Bercanda”

5 Buku yang Nggak Akan Lekang oleh Waktu, Sudah Punya Semua?Instagram.com/ktbb.ktbb

“Bila diri terus jadi obat, kapan hati sendiri sehat?”. ‘Jleb’ banget nggak sih saat membaca potongan kalimat tadi? Nah, kalimat-kalimat semacam tadi akan kamu temukan saat membaca buku kedua karya Marchella FP, yaitu Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB). Kalau diibaratkan, dibandingkan dengan buku pertamanya, buku KTBB ini bisa dibilang lebih dark sekaligus lebih realistis sekaligus relevan bagi millennial dan gen Z yang sedang berusaha membuktikan kepada dunia tentang eksistensinya, mempertanyakan tujuan hidup termasuk caranya dalam mencapai kebahagiaan. 

Penasaran dengan kalimat-kalimat ‘magis’ Marchella lainnya dalam buku KTBB? Kamu bisa lho mendapatkannya di Blibli.com. Makin istimewa lagi karena Blibli.com juga menyediakan promo menarik nih khusus buat kamu. Jadi, tunggu apa lagi?

Wah, ternyata nggak hanya buku non fiksi aja, buku fiksi dan motivasi bisa juga ya kasih banyak inspirasi buat kita. Jadi, kamu sudah memutuskan belum nih mau baca yang mana dulu?

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya