Comscore Tracker

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon untuk Kaum Millennials

Yuk, mulai dari sekarang!

Belakangan ini, istilah hedon atau kebiasaan bersenang-senang memang sudah tidak asing lagi di telinga. Terutama bagi kaum milllennials, memanjakan diri dengan perkembangan zaman disertai anggapan masa muda adalah masa bersenang-senang menjadi gerbang bagi hedon untuk merasuki jati dirinya.

Bagaimanapun, hedon bukanlah hal yang patut dipelihara, perlu filter yang kuat agar tidak terjerumus ke dalamnya. Nah, untuk itu, 5 tips berikut ini bisa diterapkan untuk menghilangkan kebiasaan hedon.

1. Sadarilah di mana kamu berpijak saat ini

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon untuk Kaum Millennialsunsplash.com/ranasawalha

Pertama kali yang harus  dilakukan adalah menyadari di mana negeri kamu berpijak saat ini. Ya, bangsa ini telah mengajarkan nilai-nilai luhur yang patut untuk dicontoh serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi sampai terjerumus dan menganggap itu hal normal dan modern.  Jangan sampai kamu mengadopsi kebiasaan lain sedang kebiasaan itu bisa berpengaruh negatif terhadap hidupmu.

2. Ingat, kesuksesan tidak diperoleh dengan bersenang-senang

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon untuk Kaum Millennialsunsplash.com/freestocks

Kamu harus paham betul bahwa kesuksesan tidak akan diperoleh dengan cara bersenang senang. Sebaliknya, bekerja keraslah yang akan membantumu meraih kesuksesan yang sesungguhnya. Jika selama ini kamu menganggap bersenang-senang akan membantumu menikmati dunia, maka yakinlah hal itu tidak akan bertahan lama. Sebaliknya, kamu perlu menghabiskan masa mudamu dengan kerja keras serta meminimalkan kebiasaan bersenang-senang.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menyayangi Diri Sendiri Tanpa Perlu Bersikap Hedon

3. Perhatikanlah orang-orang di sekitarmu yang kurang beruntung

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon untuk Kaum Millennialsunsplash.com/larmrmah

Tidak semua orang bernasib baik sepertimu. Jangankan untuk bersenang-senang, untuk makan saja, masih banyak orang di luar sana yang kesusahan mendapatkannya. Jurus jitunya adalah lihatlah ke bawah agar kamu bisa bersyukur dan lihatlah ke atas agar kamu bisa berusaha lebih keras menggapai mimpi. Daripada bersenang-senang dengan penghasilanmu, cobalah untuk memberikan manfaat bagi sekitarmu. Kamu bisa menolong mereka dengan cara berbagi.

4. Tetap pegang prinsip bahwa waktu adalah uang

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon untuk Kaum Millennialsunsplash.com/malvestidamagazine

Pepatah yang sungguh bijak mengatakan "waktu adalah uang". Tentu saja ini bukan guyonan semata. Kamu mungkin bisa membeli suatu barang, namun tidak untuk waktu. Sekali terlewat, maka kamu akan kehilangannya. Waktu akan selalu bersama kesempatan dan peluang. Semakin sering kamu bersenang-senang, maka akan semakin banyak pula waktu yang kamu lewatkan. Dari sanalah, peluang-peluangmu mulai hilang. Itu artinya sama saja dengan kamu kehilangan sesuatu yang berharga seperti uang.

5. Buatlah list kegiatan yang bernilai positif

5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Hedon untuk Kaum Millennialsunsplash.com/glenncarstens-peters

Mungkin saja kamu selalu menyepelekan hal ini. Namun tahukah kamu bahwa membuat list kegiatan harian sangatlah diperlukan. Ini akan menjadi kontrol bagimu seharian penuh. Untuk itu cobalah memulai hari dengan membuat list kegiatan yang bernilai positif. Dalam artian di sini, kamu harus benar-benar filter semua kegiatan itu supaya semuanya bernilai manfaat.  Dengan begitu pula, kamu akan meminimalkan waktu bersenang-senang.

Nah, itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan kebiasaan hedon. Ingat, masa muda adalah perjuangan dan kerja keras. Itu semua tidak dilakukan dengan bersenang-senang.

Baca Juga: Sering Hedon Tanpa Sadar? Ini 5 Tanda Sebenarnya Kamu Orang yang Boros

Budi Rahmah Panjaitan Photo Writer Budi Rahmah Panjaitan

cintai inspirasi, menulis dari hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya