Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Melawan Perasaan Negatif dari Diri Sendiri 

Yuk, mulai lakukan!

Perasaan negatif dapat mencakup banyak hal, seperti kekhawatiran, kesedihan, pesimis, marah, dan lain-lain. Ketika diri kita dipenuhi perasaan negatif, kita cenderung memusatkan pikiran pada hal-hal negatif—walau kenyataannya, situasi kita tidak seburuk itu. Bila diteruskan, dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental.

Namun seringkali, sulit mengenyahkan perasaan negatif itu. Ini disebabkan manusia memiliki negativity bias, yang artinya kita lebih sering memfokuskan diri pada hal-hal negatif alih-alih sisi positif. Untuk itu, cobalah 5 cara sederhana untuk melawan perasaan negatif dari diri sendiri:

1. Sadari ketika perasaan negatif mulai datang 

5 Cara Sederhana untuk Melawan Perasaan Negatif dari Diri Sendiri Jadilah peka ketika perasaan negatif menyerang (Pexels.com/Bruno Salvadori)

Ketika kamu mulai merasa lelah, khawatir, dan takut berlebih, sadari bahwa perasaan negatif itu mulai menghantui. Jangan sampai kita terlena oleh perasaan dan pikiran tersebut. Sebaliknya, kenali penyebab perasaan negatif itu. Misal, ketika kamu merasa marah. Apa yang membuat kamu marah?

Begitu halnya ketika kamu merasa khawatir. Apa masalah utama yang membuatmu begitu khawatir? Dengan ini, kamu bisa berpikir cara untuk menggantikan pikiran negatif tersebut dengan pikiran positif.

2. Carilah aktivitas positif 

5 Cara Sederhana untuk Melawan Perasaan Negatif dari Diri Sendiri Cari aktivitas positif lain yang dapat mendistraksi pikiranmu (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu cara sederhana untuk mengurangi perasaan negatif ialah melakukan aktivitas atau hal-hal yang membuatmu merasa lebih baik. Entah itu berkomunikasi dengan teman, meluangkan waktu untuk melakukan hobi, menonton film, dan lain-lain. Ini berguna untuk mendistraksi pikiranmu dari hal-hal negatif, sekaligus membuatmu merasa lebih tenang.

Selain itu, jauhilah juga aktivitas yang kamu pahami dapat memicu perasaan marah atau khawatirmu. Misal, terlalu lama bermain media sosial. Atau menghabiskan banyak waktu melihat laman akun mereka. Bijaklah dalam menggunakan teknologi.

3. Hindari bergaul bersama orang-orang toksik 

5 Cara Sederhana untuk Melawan Perasaan Negatif dari Diri Sendiri Hindari orang-orang yang juga menggiring emosi negatif padamu (Pexels.com/Yan Krukov)

Perasaan pun sifatnya menular. Apabila kamu menghabiskan banyak waktu bersama orang-orang pemarah dan hobi mengeluh, kamu pun secara perlahan akan mengikuti kebiasaan mereka. Sulit untuk memegang kendali penuh atas perasaanmu sendiri apabila kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang toksik.

Baca Juga: 5 Tanda Temanmu Termasuk Tipe Pencemburu, Bisa Toxic!

4. Ekspresikan rasa syukurmu setiap hari 

5 Cara Sederhana untuk Melawan Perasaan Negatif dari Diri Sendiri Mengekspresikan rasa syukur dengan hal-hal sederhana (Pexels.com/Teona Swift)

Memang terdengar sepele, tetapi apa yang keluar dari mulut kita adalah representasi dari hati dan pikiran. Melatih diri sendiri untuk mengucap syukur membuat kita lebih mudah untuk fokus pada hal-hal positif dan menerima sisi negatif.

Bukan hanya itu, mengekspresikan rasa syukur juga membawa beberapa dampak positif pada diri kita, di antaranya meningkatkan suasana hati, membuatmu lebih optimis, dan baik untuk kesehatan tubuh.

5. Luangkan waktu untuk bersantai 

5 Cara Sederhana untuk Melawan Perasaan Negatif dari Diri Sendiri Mengambil waktu luang untuk relaks dapat menjadi salah satu cara melawan perasaan negatif (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bisa jadi perasaan lelah, marah, dan khawatir disebabkan ketika kamu memforsir diri berlebihan. Karena itu, ambilah waktu luang untuk relaksasi diri. Tanpa ponsel, tanpa media sosial, tanpa memikirkan tugas atau pekerjaanmu. Bisa jadi dengan berjalan di pagi hari, atau melakukan yoga. Atau mungkin, mendengar musik favoritmu sembari bersantai dan membaca buku.

Apapun itu, lakukanlah hal-hal yang bisa menekan rasa stressmu dan menghasilkan perasaan positif lain.

Itulah 5 cara sederhana untuk melawan perasaan negatif diri. Tidak apa-apa untuk merasa sedih, marah, khawatir, dan kecewa. Itu hal yang wajar. Namun jangan sampai kamu terus berlarut dalam perasaan itu. Ingatlah bahwa ada banyak hal indah lain yang dapat kamu syukuri. Semangat!

Baca Juga: 5 Pola Pikir Ini Mengindikasikan Kamu Terjebak dalam Self-Doubt 

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya