Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Dikontrol oleh Egomu, Gak Banyak yang Sadar

Bikin kamu berlagak sombong dan paling benar

Kamu pasti tahu bahwa kepercayaan diri merupakan sikap yang baik dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Itu membuatmu mengenal diri sendiri, termasuk kelebihan dan kekuranganmu. Identitas tentang diri sendiri yang dibangun oleh pikiranmu itulah yang disebut ‘ego’.  Dikutip dari Psychology Today, kata ‘ego’ dikutip dari bahasa Latin yang berarti ‘aku’.

Kepercayaan diri memang penting. Namun, sikap terlalu percaya diri atau overconfident membuat egomu membengkak, sehingga terciptalah sikap ‘kesombongan’. Sikap itulah yang dapat berpengaruh buruk pada pekerjaan serta relasimu.

Inilah lima tanda kamu dikontrol oleh egomu:

1. Kamu merasa dirimu selalu benar 

5 Tanda Kamu Dikontrol oleh Egomu, Gak Banyak yang Sadarilustrasi seorang wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pikiran kita membantu kita dalam membuat keputusan, berdasarkan apa yang kita pikir benar atau salah. Ego yang tidak sehat hanya fokus pada keinginan diri sendiri. Inilah mengapa kamu merasa pendapatmu ialah yang paling benar.

Kamu sulit menunjukkan toleransimu pada opini orang lain yang berbeda. Apalagi, kalau ada yang mengkritisi atau menuding salah jawabanmu, sudah pasti kamu akan kebakaran jenggot saking kesalnya. Gak boleh gitu ya, teman! Terimalah fakta bahwa tidak ada manusia yang sempurna, kamu pun bisa salah.

2. Kamu hanya terfokus pada diri sendiri 

5 Tanda Kamu Dikontrol oleh Egomu, Gak Banyak yang Sadarilustrasi seorang wanita (pexels.com/Yan Krukov)

Ini adalah salah satu tanda yang cukup jelas, dimana kamu selalu fokus pada kebutuhan dan keinginan diri sendiri meski itu membebani orang lain. Atau, meski ada orang lain yang jauh lebih membutuhkan. Ini disebabkan karena kamu merasa diri sendiri lebih penting dan menarik ketimbang orang lain.

Lebih seram lagi, kalau kamu mulai ‘memanipulasi’ teman-temanmu demi meraih keinginanmu sendiri. Gak heran, banyak orang yang gak betah menjadi temanmu.  

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Ini, Kami Bisa Menebak Seberapa Besar Egomu!

3. Kamu selalu menginginkan lebih 

5 Tanda Kamu Dikontrol oleh Egomu, Gak Banyak yang Sadarilustrasi seorang wanita (pexels.com/RODNAE Production)

Apa kamu merasa sulit puas dengan apa yang kamu punya sekarang? Wajar-wajar saja untuk memiliki goal yang tinggi dan ambisius tentang itu. Namun orang dengan ego tinggi selalu memiliki ambisi untuk menjadi lebih baik dari orang lain.

Contoh sederhana, saat temanmu memiliki sepeda baru. Sulit bagimu untuk merayakan kebahagiaan temanmu. Alih-alih, kamu malah terpacu untuk membeli sepeda yang jauh lebih bagus dan lebih mahal untuk menunjukkan bahwa kamu lebih baik darinya. Keinginan yang tak pernah habis ini akan mengontrol hidupmu, hingga pada tahap kamu sadar, semua yang kamu kejar sia-sia.

4. Kamu tidak bisa bahagia atas kesuksesan orang lain 

5 Tanda Kamu Dikontrol oleh Egomu, Gak Banyak yang Sadarilustrasi seorang wanita (pexels.com/Ron Lach)

Sadar gak, sih, terkadang sumber ketidak bahagiaan kita adalah diri kita sendiri? Memiliki ego yang terlalu besar membuatmu merasa kamu lebih ‘layak’ menerima kesuksesan dibanding orang lain. Kamu merasa begitu kesal dan frustrasi ketika orang lain mendapat pujian atau promosi dari orang lain.

Padahal, apa salahnya turut bahagia dan menikmati pencapaian orang lain? Kecemburuan ini bisa membahayakan hubungan pertemananmu.

5. Kamu menetapkan tujuan yang tidak realistis untuk diri sendiri

5 Tanda Kamu Dikontrol oleh Egomu, Gak Banyak yang Sadarilustrasi seorang wanita (pexels.com/Artem Beliaikin)

Salah satu cara untuk mengatasi ketakutanmu untuk terlihat gagal di depan orang lain ialah, bekerja keras hingga nekat menyetel tujuan tidak realistis pada diri sendiri. Ini disebabkan oleh rasa bangga dan ekspektasi tinggi terhadap dirimu. Bahkan, kamu tak segan-segan untuk menyingkirkan orang lain yang bisa menggagalkan rencanamu.

Memang tidak mudah untuk menundukkan ego sendiri. Tetapi bila dibiarkan, malah egomu yang mengontrol hidupmu. Jadi selagi masih ada waktu, yuk kita kontrol diri sendiri!

Baca Juga: 8 Tanda Egomu Terlampau Tinggi, Kontrol demi Kebaikan Sendiri!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya