Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Filter, Jangan Teruskan!

Kecantikan tidak hanya dilihat dari gambar

Media sosial semakin menjadi tempat untuk menampung segala kenangan. Berbagai potret foto selfie sampai beramai-ramai, kerap menjadi momen yang diabadikan. Fitur-fitur filter di smartphone juga menjadi semakin bervariasi, seolah menambah kesan cantik dan percaya diri oleh penggunaannya. Kalau kamu termasuk pecandu filter, coba baca 5 dampak buruk yang akan terjadi berikut!

1. Kehilangan kepercayaan diri

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Filter, Jangan Teruskan!ilustrasi tidak percaya diri (unsplash.com/J Taubitz)

Penggunaan filter kamera yang terlalu sering, menimbulkan seseorang merasa lebih percaya diri. Namun, jika ini diteruskan secara lama, maka penggunaannya merasa bahwa cantik hanya dapat dilakukan dari filter

Hal ini tentu saja akan berakibat buruk ketika bertemu secara langsung di dunia nyata. Dampaknya mungkin tidak terasa secara langsung, namun perlahan akan ada rasa malu dan khawatir dengan diri sendiri. Bahkan kehilangan rasa percaya diri. 

2. Ketakutan terhadap pandangan orang lain

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Filter, Jangan Teruskan!ilustrasi wanita kecewa (unsplash.com/Sydney Sims)

Penggunaan filter mungkin terasa sangat menyenangkan. Apalagi jika mendapat banyak sorotan berupa like dan komentar di-posting-annya. Namun, ini akan berubah drastis jika ada komentar negatif. Pecandu filter cenderung takut jika menemuinya secara langsung. 

Kesan dalam berinteraksi di media sosial dan realita memang berbeda. Bisa saja di media sosial dengan mudah menggunakan filter supaya terlihat cantik, namun saat di kehidupan nyata, semua tak bisa ditutup-tutupi lagi. 

Baca Juga: 4 Filter SnackVideo yang Trending Sepanjang Tahun 2021

3. Pengguna filter selalu merasa haus pujian

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Filter, Jangan Teruskan!ilustrasi sedang burnout (unsplash.com/Sebastian Herrmann)

Tujuan utama dari adanya filter adalah meningkatkan kepercayaan diri. Namun, ternyata penggunaan filter berlebihan juga tidak baik, loh! Pengguna akan merasa senang menggunggah foto mereka dengan harapan ingin mendapatkan pujian dari pengguna lain. 

Ketika mereka tidak mendapat apa yang diharapkan, tentu menjadikannya emosi dan kecewa dengan diri sendiri. Tak jarang mereka akan semakin semangat untuk menggunakan filter yang terbaik, atau sedang viral. Alih-alih mendapatkan pujian, namun hanya rasa khawatir karena tak sesuai yang diharapkan.

4. Sering merasa takut bertemu dengan orang lain

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Filter, Jangan Teruskan!ilustrasi perempuan takut (unsplash.com/Caleb Woods)

Filter memang memberi efek lebih baik dari foto biasa pada umumnya. Namun, pada kenyataannya akan tetap sama saja di dunia nyata. Hal ini menjadikan seseorang semakin ragu untuk bertemu orang lain. Mereka takut jika apa yang dilihat orang lain tidak sesuai saat di media sosial. 

Efek paling mengerikan adalah takut dan ragu dengan dirinya sendiri. Tak jarang dari mereka sering menyalahkan keadaan. Padahal, setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seharusnya jangan hanya masalah filter, menjadikan seseorang lebih khawatir dengan anggapan orang lain. 

5. Kecanduan dalam jangka panjang

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Filter, Jangan Teruskan!ilustrasi kecanduan (unsplash.com/petr sidorov)

Sudah pasti dampak yang paling berbahaya adalah kecanduan. Jika sudah kecanduan, maka tidak akan pernah bosan mencoba filter baru lainnya, sampai mendapat banyak sorotan pujian. Bahkan, jika lebih sering menggunakan bisa menjadi ketergantungan untuk jangka panjang.

Dampak ini akan terjadi secara perlahan, bisa saja tanpa disadari oleh penggunanya. Namun, alangkah lebih baik jika segera menyadari dan mengalihkan kegiatan lain, supaya ini tidak terjadi. Seseorang yang sudah kecanduan, akan jauh lebih sulit dikendalikan maupun diberi arahan.

Kemungkinan besar dampak penggunaan filter tidak terjadi secara langsung. Namun, jangan sampai menyepelekan akan hal negatif yang terjadi, ya! Setiap penggunaan perlu dibatasi, jangan sampai melampaui batas wajar! Daripada sibuk dengan berbagai filter, lebih baik segera berusaha untuk tampil lebih baik di kehidupan nyata. 

Baca Juga: 10 Potret Lucu Kucing Jadi Korban Filter Tukar Wajah, Pemiliknya Iseng

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya