Comscore Tracker

5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!

Ternyata sangat sederhana, lho!

Salah satu tulisan yang digemari oleh anak muda adalah cerita fiksi. Menulis fiksi ternyata tidak begitu susah, kok. Namun perlu keseriusan dan fokus dalam menulisnya. Kamu juga perlu melakukan riset agar apa yang kamu tulis terasa lebih nyata.

Nah, kalau kamu sedang tertarik dan mencari referensi terkait mengawali tulisan fiksi, berikut ada lima langkah mudah untuk mengawalinya. Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

1. Memperbanyak membaca tulisan fiksi maupun nonfiksi

5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!ilustrasi membaca banyak buku (pexels.com/Adnan Yahya Abdo Alward)

Kegiatan menulis tentu harus dilandasi oleh kegemaran dalam membaca. Tulisan apapun kalau tidak pernah membaca, maka hasilnya tidak akan maksimal. Mencoba membaca buku sebanyak mungkin bisa jadi hal paling utama.

Meskipun tulisan yang akan kamu tulis adalah fiksi, tidak ada salahnya membaca jenis tulisan lainnya. Bukan sekadar sebagai referensi, melainkan membantu kamu untuk mempertajam cara menulis nanti.

2. Berusaha berpikir lebih terbuka dan mengikuti perkembangan berita

5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!ilustrasi belajar bersama (pexels.com/Helena Lopes)

Mengikuti perkembangan berita itu penting, meskipun tulisan fiksi berasal dari imajinasi penulis. Namun, tetap saja akan lebih masuk akal jika dilandasi oleh kisah nyata. Ada banyak pilihan berita dan peristiwa yang bisa kamu masukkan ke dalam cerita fiksi nantinya. 

Dengan memerhatikan apa saja yang terjadi di sekitar, bisa membuatmu mendapatkan banyak inspirasi. Menggabungkan beragam unsur dan bagian-bagian peristiwa nyata, bisa kamu coba supaya tulisan fiksi kamu menjadi berkualitas.

3. Berlatih dalam menyaring ide yang didapat

5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!ilustrasi membuat list (pexels.com/armin-rimoldi)

Kalau kamu mempunyai banyak ide dan ingin segera ditulis. Alangkah baiknya jika kamu mengelolanya menjadi satu kesatuan cerita. Hindari memikirkan banyak judul dengan alasan bosan dari ide awal.

Tentu saja, hal ini harus dilatih dengan baik. Karena ketika kamu menulis beragam cerita sekaligus, kemungkinan besar akan sulit fokus. Cobalah membuat premis yang kuat sejak awal, sampai benar-benar tulisan tadi selesai.

Baca Juga: 5 Film Adaptasi Novel Fiksi Sejarah yang Wajib Ditonton

4. Tentukan premis, genre, tujuan utama tokoh, sampai akhir cerita

5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!ilustrasi melakukan perancangan (unsplash.com/FORTYTWO)

Supaya lebih lancar dalam menulis fiksi, alangkah baiknya melakukan hal ini. Tujuan utamanya adalah untuk menjadi panduan sebelum menulis. Mempersiapkan semuanya dengan baik, akan mempermudah dalam perjalanan menulis fiksi nantinya.

Kumpulkan berbagai hal yang dibutuhkan sejak awal supaya benar-benar bisa selesai dengan maksimal. Mulai dari premis, genre, tokoh yang terlibat, dan masalah yang akan dialami tokoh. Jangan lupa untuk menyiapkan alternatif penyelesaian konflik, ya!

5. Mulai menyusun kerangka cerita secara garis besar dan mudah dipahami

5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!ilustrasi menulis di android (unsplash.com/Maliha Mannan)

Nah, langkah yang terakhir adalah segera mengeksekusi tulisan. Mulai dari penyusunan kerangka secara garis besar, lalu mengembangkan nya secara perlahan-lahan. Jangan lupa untuk sesekali mengoreksi, apabila ada yang perlu diperbaiki.

Jangan lupa memasukkan unsur unik yang tidak ditemukan di tulisan fiksi lainnya. Hal ini berfungsi supaya tulisan kamu menjadi lebih istimewa, dan selalu teringat di hati para pembaca. Setiap penulis pasti mempunyai ciri khasnya masing-masing. 

Selama menulis fiksi memang perlu mengumpulkan beragam ide yang tidak biasa. Sangat disarankan mencari banyak referensi supaya tulisan fiksi menjadi lebih berkualitas. Kalau kamu sudah sampai pada langkah mana saja, nih?

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya