Comscore Tracker

5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Gabung Komunitas Menulis, Penting!

Jangan sampai salah pilih

Bergabung ke komunitas menulis adalah pilihan paling tepat untuk penulis pemula. Selain mendapatkan banyak relasi, tentu saja ada ilmu baru yang ditawarkan. Adapun yang harus dilakukan sebelum bergabung ke suatu komunitas supaya tidak kecewa.

Kalau kamu sedang ingin mencari komunitas menulis, jangan sampai salah pilih. Karena komunitas ini bisa membuatmu semakin semangat atau bahkan menjadi bosan. Jadi, penting untuk memperhatikan kelima tips berikut terlebih dahulu!

1. Kenali asal mula atau sejarah komunitas tersebut didirikan

5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Gabung Komunitas Menulis, Penting!ilustrasi berpikir (unsplash.com/Muhammad Haikal Sjukri)

Sebuah komunitas pasti mempunyai latar belakang dan sejarahnya masing-masing. Tugas kamu paling awal adalah mencari tahu secara garis besar komunitas yang akan dituju. Jangan sampai terlalu cepat mengambil kesimpulan lalu pada akhirnya merasa dikecewakan.

Meskipun tidak banyak dari penulis pemula yang mempertimbangkan hal ini. Namun, usahakan kamu harus tetap selektif. Ingatlah tujuan utama yaitu menambah relasi yang luas. Kalau komunitas yang kamu pilih tidak jelas, lalu bagaimana cara kamu mencapai tujuan utama itu?

2. Perhatikan seberapa aktif media sosial ataupun website yang dimiliki

5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Gabung Komunitas Menulis, Penting!ilustrasi orang produktif (unsplash.com/Romain V)

Sudah pasti setiap komunitas mempunyai sosial media ataupun website tersendiri. Apalagi di zaman yang serba teknologi dan canggih ini. Mulai dari instagram atau bahkan sampai TikTok, cobalah terlebih dahulu untuk menyelidikinya. 

Percuma saja rasanya ketika kamu bergabung, namun komunitas itu tidak ada keaktifan yang bisa membuatmu berkembang. Biasanya setiap komunitas akan mengabadikan setiap karya ke dalam media sosialnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Didapat saat Bergabung di Komunitas Menulis, Seru, Lho!

3. Telusuri prestasi dari anggota komunitas untuk menjadi motivasi awal

5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Gabung Komunitas Menulis, Penting!ilustrasi memenangkan lomba (pexels.com/RODNAE Productions)

Kalau kamu ingin meningkatkan skill menulis melalui jalur komunitas. Tentu saja harus mencari komunitas yang di dalamnya ada banyak anggota berprestasi. Tidak peduli dari dalam komunitas atau sekadar usaha member-nya masing-masing.

Setidaknya kamu harus bisa melihat peluang yang satu ini supaya bisa lebih berkembang. Bukan bermakna terlalu selektif, tapi di sinilah kamu akan merasa jauh termotivasi dan semangat dalam berjuang di ranah kepenulisan. 

4. Periksa agenda dan benefit apa saja yang ditawarkan

5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Gabung Komunitas Menulis, Penting!ilustrasi berdiskusi (unsplash.com/Brooke Cagle)

Mustahil rasanya kamu bergabung tanpa ada benefit yang didapat. Nah, kamu harus bisa mempersiapkan hal ini terlebih dahulu. Siapkan apakah kamu sanggup mengikuti agenda supaya meraih benefit yang sesuai. Asalkan kamu mau berusaha dan bersungguh-sungguh, pasti tidak ada yang mustahil. 

Namun, jangan sampai terlalu mengejar benefit sampai akhirnya memaksakan kemampuan atau bahkan meremehkan diri sendiri. Tidak ada salahnya berekspektasi, tapi tetap saja paling penting adalah usaha kamu untuk membuktikannya. Kalau memang dirasa bisa, lanjutkan saja!

5. Bergabung dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang ada

5 Hal yang Diperhatikan Sebelum Gabung Komunitas Menulis, Penting!ilustrasi seorang penulis (unsplash.com/Sam McGhee)

Jika sudah yakin dengan empat tips sebelumnya. Selanjutnya kamu bisa langsung bergabung dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Karena, hal ini bisa membuatmu terlihat serius dan bersungguh-sungguh untuk belajar. 

Sangat disarankan untuk mengikuti syarat dan ketentuan dengan sebaik mungkin. Karena hal baik pasti berawal dari usaha penuh keseriusan. Biasanya ada komunitas yang gratis, namun tidak jarang pula berbayar. Ikuti saja jika kamu memang benar-benar sudah yakin. 

Komunitas menulis tentu sangat berpengaruh dan memberikan dampak bagi para penulis pemula. Kamu bisa belajar dan berbagi di komunitas menulis tersebut. Tentu setiap komunitas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, apakah kamu yakin sudah berencana masuk di komunitas menulis mana?

Baca Juga: 8 Tips Memilih Komunitas yang Cocok, Jangan Cuma Ikut-ikutan

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya