Comscore Tracker

6 Momen Saat Kamu Wajib Mendefinisi Ulang Makna Sukses Dalam Hidup

#GoodLife Perlu diperhatikan lho!

Setiap manusia punya makna sukses yang berbeda-beda, bagi sebagian orang mungkin makna sukses hanyalah mempunyai uang yang banyak, sebagian lagi menyebutnya sukses ketika dapat melakukan hal yang berguna untuk banyak orang.

Kenapa makna sukses sangat penting? Karena makna sukses itulah yang akan membawa dirimu menuju impian yang ingin kamu capai. Kamu tidak mau bukan, hidup terombang-ambing tanpa punya tujuan atau makna sukses dalam hidup yang jelas. Karena makna sukses sangat penting, kamu harus perhatikan 6 saat dimana kamu harus mengubah makna sukses-mu.

1. Ketika kamu merasa hidupmu sama sekali tidak menarik dan tidak bersemangat lagi

6 Momen Saat Kamu Wajib Mendefinisi Ulang Makna Sukses Dalam Hidupunsplash/Tim Bogdanov

Ketika kamu punya makna sukses, maka makna itulah yang akan memberikanmu semangat dan membuat hidupmu menjadi semakin menarik. Karena kamu punya tujuan yang benar-benar ingin kamu capai, asalkan apa yang kamu lakukan berhubungan dengan makna sukses. Rutinitasmu yang semula terlihat sumpek dan tidak menarik, akan berubah menjadi menarik dan penuh semangat

2. Ketika kamu selalu merasa lelah dengan berbagai jenis tantangan yang datang dalam hidupmu

6 Momen Saat Kamu Wajib Mendefinisi Ulang Makna Sukses Dalam Hidupunsplash/Nick Scheerbart

Mungkin kamu mengeluh, karena kamu lelah menghadap semua tantangan ini sendirian. Kamu merasa ini semua tidak adil, padahal kamu sudah merasa memiliki makna sukses itu. Itu adalah tanda bahwa ada yang salah dalam makna sukses itu. Karena makna sukses yang sebenarnya harusnya menjadi benteng terkuat bagimu, untuk menghadapi segala macam tantangan di hidup ini. Bukannya malah menambah parah kondisimu.

3. Ketika kamu merasa apa yang kamu lakukan bertentangan dengan nilai-nilai yang ada pada dirimu yang sebenarnya

6 Momen Saat Kamu Wajib Mendefinisi Ulang Makna Sukses Dalam Hidupunsplash/David Iskander

Kerap orang hanya menganggap sukses hanyalah memiliki uang yang banyak. Sehingga mereka berkerja keras setiap hari hanya untuk mengumpulkan uang, bahkan rela mengorbankan kesehatan dan waktu berharga mereka. Yakinlah, jangan biarkan orang lain memegaruhimu. Jika makna sukses itu sama sekali bertentangan dengan dirimu, segera definisi ulang maknanya ya.

4. Ketika kamu tidak bisa menjadi diri sendiri dan mengekspresikan dirimu yang sebenarnya

6 Momen Saat Kamu Wajib Mendefinisi Ulang Makna Sukses Dalam Hidupunsplash/Annie Spratt

Kamu mungkin sering mendengar percakapan seperti ini, "Jangan jadi seniman" atau "Untuk apa belajar sastra?". Padahal kamu punya minat besar dalam bidang itu. Ingatlah, tidak semua orang senang bila dirimu sukses, wajar saja mereka mencoba meragukan makna suksesmu. Kamu tidak harus berhenti menjadi dirimu sendiri dan melupakan mimpimu, hanya karena orang yang sama sekali tidak berarti apapun bagi dirimu.

5. Ketika kamu sama sekali tidak dapat menikmati sedikitpun kepuasan dari pencapaian yang kamu capai

6 Momen Saat Kamu Wajib Mendefinisi Ulang Makna Sukses Dalam Hidupunsplash/Brooke Cagle

Harusnya nih ya, ketika perjuangan panjang yang pastinya tidak mudah dan penuh rintangan, ketika berhasil melaluinya harusnya kamu merasa bahagia atas pencapaian itu. Tapi apa yang terjadi bila kamu sama sekali tidak dapat menikmatinya, bahkan merasakannya pun tidak. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam mendefinisi kesuksesaan yang ingin kamu capai.

6. Ketika kamu menyesal pernah memikirkan makna sukses itu dalam hidupmu

6 Momen Saat Kamu Wajib Mendefinisi Ulang Makna Sukses Dalam Hidupunsplash/Tom Pumford

Hidup ini hanya sekali, dan terlalu indah bila kamu salah memaknainya. Bukannya tersenyum bahagia, sebaliknya kamu malah menyesal dan menangisi pernah memikirkan makna sukses itu. Ayo, cari definisi yang tidak akan pernah membuat kamu menyesal pernah memikirkannya.

Itu dia saat dimana kamu wajib mendefinisi ulang makna sukses. Jangan lupa, bahwa sukses atau tidaknya hidup ini semuanya tegantung bagaiman pandanganmu memaknai hidup ini. Karena setiap orang punya ceritannya masing-masing.

Chandra Sentosa Photo Verified Writer Chandra Sentosa

Si penulis kecil kecilan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya