Comscore Tracker

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Mencintai Bumi 

Sehingga bisa menyembuhkan bumi yang semakin 'sakit' 

Banyak kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk mencintai bumi. Perubahan iklim menjadi isu terkuat saat ini yang banyak digaungkan di seluruh dunia. Pola kehidupan dan bahkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa disadari membuat bumi menjadi 'sakit' dan semakin menunjukan 'kesakitannya' dengan berbagai perubahan-perubahan tak wajar yang terjadi pada alam.

Banjir bandang dan cuaca ekstrem merupakan sedikit contoh akibat dari perubahan iklim yang terjadi dewasa ini. Berikut kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk mencintai bumi!

1. Bawa botol air minum dari rumah

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Mencintai Bumi Botol air minum (pexels.com/AnnaShvets)

Membawa botol air minum sendiri dari rumah untuk aktivitas sehari-hari, merupakan salah satu kebiasaan baik yang bisa kita lakukan untuk bumi tercinta. Dengan membawa botol minum dari rumah tentu akan mengurangi keinginan kita untuk membeli air minum kemasan plastik.

Tentu kita tahu bahwa plastik tidak baik untuk bumi. Membawa botol air minum yang dapat digunakan berulang-ulang, akan baik untuk dilakukan sekarang juga.

2. Menghabiskan makanan

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Mencintai Bumi makanan sisa diatas piring (pexels.com/RachelClaire)

Produksi makanan yang berlebihan, tidak menghabiskan makanan, atau membuang-buang makanan menjadi kebiasaan buruk yang selama ini banyak dilakukan manusia. Membuang makanan artinya kita membuang banyak sumber daya untuk menghasilkan makanan tersebut, contohnya: air, tanah, gas dan minyak bumi dan lain sebagainya. Terutama bila membuangnya tercampur dengan sampah lainnya dan hanya ditumpuk di tempat pembuangan sampah, akhirnya menghasilkan gas metana yang membahayakan bumi.

Ambil sedikit makanan dan habiskan, merupakan prinsip dan kebiasaan baik yang bisa kita lakukan dan bisa berdampak baik pula bagi bumi. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri Dahulu Sebelum Orang Lain  

3. Tidak menggunakan wadah plastik

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Mencintai Bumi Ilustrasi berbelanja menggunakan tas daur ulang (pexels.com/KamajiOgino)

Banyak daerah di Indonesia yang masih menggunakan kantong plastik sebagai wadah penyimpanan. Padahal penggunakan tas ramah lingkungan sudah cukup lama dilakukan dan digunakan untuk mengurangi sampah plastik.

Plastik berbahaya bagi banyak elemen yang ada di bumi, seperti: biota laut, tanah atau hewan. Tidak menggunakan lagi wadah plastik dan menggunakan tas ramah lingkungan adalah kebiasaan baik yang bisa kita lakukan untuk lebih mencintai bumi ini.

4. Naik transportasi umum

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Mencintai Bumi Penumpang menunggu kereta api (pexels.com/Andriyawan)

Kepadatan kendaraan bermotor yang masih menggunakan bahan bakar minyak, menyebabkan semakin menipisnya lapisan ozon bumi. Hal itu juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Menggunakan transportasi umum merupakan kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk mengurangi emisi gas kendaraan bermotor. Apalagi apabila transportasi yang kita gunakan menggunakan tenaga listrik atau lainnya.

5. Gunakan kendaraan listrik

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan untuk Mencintai Bumi cuplikan drama Thirty Nine (dok. Jtbc/Thirty Nine)

Bila transportasi umum yang ada masih belum memadai untuk mobilitas sehari-hari, kita juga bisa melakukan kebiasaan baik lainnya yaitu menggunakan kendaraan listrik. Kendaraan listrik yang bisa digunakan seperti: sepeda, motor listrik atau mobil listrik. 

Selain penggunaannya yang lebih hemat, kendaraan listrik tidak menghasilkan gas buangan yang bisa membahayakan bumi. Sehingga memulai kebiasaan baik ini juga akan berdampak baik bagi bumi.

Melakukan kebiasaan-kebiasaan baik di atas dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kebiasaan baik tersebut disadari atau tanpa kita sadari dapat memberikan dampak yang baik pula bagi bumi tercinta yang sudah semakin 'sakit'. Yuk, kita mulai terapkan dalam diri kebiasaan-kebiasaan baik ini!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana demi Bisa Mencintai Diri Sendiri secara Utuh

Cicilia R Photo Verified Writer Cicilia R

Semoga bermanfaat, ya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya