Comscore Tracker

4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!

Coba bikin karya fiksi di aplikasi Fizzo yuk

Hai Millennial dan Gen Z, kalau boleh IDN Times tahu, apa sih hobimu saat ini? Apakah salah satunya, hobi menulis? Eits, jangan anggap remeh hobi yang satu ini ya! Sebab, akhir-akhir ini menulis mulai diminati oleh berbagai kalangan. Tak terbatas hanya dari kalangan profesional dengan sejuta pengalaman, kini para penulis muda dengan semangat dan harapan baru turut aktif dan merasakan banyak manfaat dari hobi menulis. Mulai dari melatih konsistensi, mengasah keterampilan dan kreativitas, hingga memperoleh pendapatan tambahan yang menjanjikan.

Di era digital saat ini, banyak platform yang dapat dijadikan wadah bagi para penulis untuk menyalurkan bakat yang mereka miliki. Salah satunya Fizzo, aplikasi gratis untuk membaca dan menulis karya fiksi, turut membagikan manfaat dan keuntungan dari hobi menulis di platform digital yang dibagikan oleh para penulis pemula lewat pengalaman mereka saat menerbitkan novelnya di Fizzo.

Lalu, apa saja manfaat yang sudah dirasakan oleh para penulis pemula dengan menuangkan karyanya di platform digital ya? Penasaran, yuk cari tahu!

1. Mengekspresikan perasaan

4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!Resa Ristiani, salah satu penulis di Fizzo (Dok.Fizzo)

Tak semua orang memiliki kemampuan dan keberanian untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan secara lisan. Banyak orang justru lebih memilih mencurahkan isi hati, perasaan, ataupun pengalaman unik yang sedang ia alami lewat sebuah tulisan dibanding menyampaikan secara langsung ke orang lain.

"Berawal dari suka membaca novel, aku jadi punya ketertarikan menulis. Lewat menulis, aku jadi bisa mencurahkan isi hati, perasaan, dan emosi yang sedang aku rasakan. Begitu banyak buku-buku oleh penulis berpengalaman yang telah aku baca mendorongku untuk terus semangat membuat tulisan indah dan menanamkan pesan tersirat yang secara tak langsung dapat dirasakan oleh para pembaca," ujar Resa Ristiani, salah satu penulis muda berusia 24 tahun yang baru mulai menekuni profesi menulis sejak dua tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Manfaat Menjadikan Menulis sebagai Rutinitas, Jadi Pelepas Stres!

2. Melatih konsistensi

4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!Wilujeng Diah Asmara Wati, salah satu penulis di Fizzo (Dok.Fizzo)

Seringkali saat menulis kita dihadapkan pada situasi yang membuat semangat dan konsistensi untuk menulis justru menurun. Padahal, konsistensi sangat memegang peran penting bagi seseorang untuk mencapai kesuksesannya. Untuk mempertahankan konsistensi dalam menulis, seseorang harus banyak berlatih, melewati trial and error, hingga ia menjadi penulis handal.

Mengutip dari pengalaman Wilujeng Diah Asmara Wati, seorang penulis dari generasi Z, ia kerap melatih dirinya untuk terus konsisten dalam menghasilkan cerita-cerita berkualitas yang juga didorong oleh komentar dan saran membangun dari pembaca dan teman-teman penulis yang lebih berpengalaman.

3. Menjadi sumber penghasilan tambahan

4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!Sri Wahyuni Indiantika, salah satu penulis di Fizzo (Dok.Fizzo)

Menjalani hobi menulis memang memberikan kesenangan tersendiri karena lewat tulisan tersebut kita mampu menuangkan apapun yang ada di dalam pikiran. Tak berhenti di situ, tentu akan lebih memuaskan lagi saat hobi yang selama ini digemari justru menghasilkan pendapatan tambahan.

"Saya sangat senang dapat bergabung sebagai penulis di Fizzo karena nama saya bisa dikenal di kalangan pembaca. Selain itu, dari segi finansial pun, saya sangat bersyukur karena selain gaji yang rutin dikirim kepada para penulis, kami pun diberikan bonus lainnya dari pihak Fizzo," jelas Sri Wahyuni Indiantika, seorang penulis yang baru menjajal pengalaman menulisnya kurang lebih setahun lalu.

4. Mengasah skill menulis

4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!Yosi Minawati, salah satu penulis di Fizzo (Dok.Fizzo)

Terus berlatih dan praktik memang merupakan hal yang paling tepat untuk dapat terampil dalam menulis.Tidak hanya itu, bergabung dalam workshop atau pelatihan juga dapat mengasah potensimu untuk selalu tumbuh dan berkembang.

Di aplikasi Fizzo, banyak penulis pemula yang baru memulai kariernya sebagai penulis dan tentunya membutuhkan bimbingan dari seseorang yang lebih berpengalaman untuk terus meningkatkan skill menulis dalam dirinya. "Sejak bergabung di Fizzo, saya mendapatkan banyak pengalaman berharga. Salah satunya mendapatkan bimbingan dari kakak editor secara langsung yang menambahkan wawasan saya dalam dunia menulis," pungkas Yosi Minawati, salah satu penulis pemula di Fizzo.

5. Yuk gabung program khusus Fizzo: Writers Academy & Fizzo for Gen-Z

4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!Website Fizzo (fizzo.org)

Untuk mengasah kemampuan menulis, para penulis baik dari kalangan pemula maupun profesional bisa mengikuti program khusus dari Fizzo yang dinamakan "Writers Academy". Dalam program ini, para penulis akan mendapatkan berbagai materi bermanfaat yang dapat meningkatkan kualitas tulisan mereka dan menghadirkan karya yang semakin menarik kepada para pembaca.

Tak berhenti di sana, Fizzo turut berbagi bonus kepada para penulis. "Awalnya sempat ragu untuk bergabung, akan tetapi rasa penasaran untuk melihat apakah tulisan saya bisa menembus tembok Fizzo menjadikan saya berada di sini. Makin lama saya makin semangat untuk menulis setelah merasakan benefit dari Fizzo, salah satunya bonus-bonus yang kerap dibagikan kepada para penulis," ujar Nurjanah, seorang penulis yang baru terjun sejak akhir tahun 2021.

4 Manfaat dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Lho!Fizzo for Gen-Z (Dok. Fizzo)

Kini Fizzo hadir dengan program "Fizzo for Gen-Z", yang ditujukan khusus untuk cerita yang masuk ke dalam kategori youth dengan genre fiksi remaja, fantasi barat, horor, misteri, mafia, new adult, badboy, dan games. Setiap penulis pun kini memiliki kesempatan untuk meraih bonus hingga Rp150 Juta! 

Untuk informasi lebih lanjut tentang program “Writers Academy” dan "Fizzo for Gen-Z" dan informasi menarik lainnya seputar program terbaru dari Fizzo serta cerita inspiratif dari para penulis, kunjungi Fizzo: Ignite the Storyteller in You. (WEB)

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Lelah ketika Menulis, Yuk Semangat Lagi!

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya