Comscore Tracker

Pengganti Doa Qunut jika Tidak Hafal, Bisa Jadi Alternatif

Bisa mengganti doa qunut dengan doa apa saja

Doa qunut merupakan salah satu sunnah yang biasanya umat muslim lantunkan saat salat Subuh. Namun, tidak bisa dimungkiri juga ada umat muslim yang tidak hafal doa qunut ini.

Jika kamu salah satunya, tidak perlu khawatir jika tidak menghafal doa qunut. Pasalnya, kamu bisa mengganti doa qunut dengan doa yang lain, lho. Penasaran doa apa yang bisa menggantikan doa qunut? Simak selengkapnya di artikel ini. 

1. Doa qunut bisa digantikan dengan doa lain

Pengganti Doa Qunut jika Tidak Hafal, Bisa Jadi Alternatifilustrasi qunut (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Dilansir laman NU, masih terdapat beberapa perdebatan untuk hukum membaca doa qunut pada salat Subuh. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan mazhab. 

Namun, NU menyatakan bahwa mayoritas jamaahnya merupakan penganut mazhab syafi'i. Di mana mazhab tersebut mengatakan bahwa melaksanakan doa qunut merupakan hal yang dianjurkan. 

Walaupun dianjurkan, mazhab syafi'i ini juga menggolongkan doa qunut sebagai sunnah ab'ad. Sunnah ini sendiri berarti bahwa, salat tidak nyatakan batal meskipun tidak melakukan doa qunut. Hanya saja, dianjurkan untuk menggantinya dengan sujud sahwi. 

Meskipun demikian, NU menyatakan bahwa tidak menghafal doa qunut bukanlah sebuah persoalan. Hal ini dikarenakan, doa qunut bisa digantikan dengan doa apa pun yang masih berbahasa Arab. 

Hal ini ditegaskan dalam kitab Fath al-Mu'in, yaitu:

"Kalimat doa qunut tidak tertentu pada redaksi khusus, sehingga tetap mencukupi atas bacaan qunut dengan membaca ayat yang mengandung doa, ketika doa tersebut diniatkan untuk qunut, seperti halnya pada akhir Surat al-Baqarah. Begitu juga bacaan qunut dianggap cukup dengan membaca doa-doa lain, meskipun tidak bersumber dari Rasululllah SAW." (Syekh Zainuddin al-Maliabari, Fath al-Mu'in, juz 1, Hal. 160).

Dari pernyataan tersebut, maka dibenarkan bahwa doa qunut dapat digantikan dengan doa-doa lain. Kamu bisa melafalkan doa lain selain doa qunut pada saat salat Subuh. 

Salah satu doa yang bisa kamu lafalkan sebagai pengganti doa qunut adalah:

Rabbana atina fidduniyah hasanah, wafil akhirati hasanah waqinah azabannar

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

Baca Juga: Doa Orang Terzalimi, Doa yang Tidak Tertolak

2. Manfaat melafalkan doa qunut

Pengganti Doa Qunut jika Tidak Hafal, Bisa Jadi Alternatifilustrasi sujud (pexels.com/Thirdman)

Meskipun doa qunut bisa digantikan dengan doa lain, kamu tetap bisa menghafalkan doa qunut, lho. Hal ini karena banyak manfaat dari melafalkan doa qunut pada saat salat Subuh. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Memohon pertolongan

Melafalkan doa qunut memiliki manfaat sebagai doa permohonan untuk diberikan pertolongan saat sedang mengahadapi kesusahan di dalam hidup. 

  • Memohon kesehatan

Tidak hanya meminta pertolongan, dengan melafalkan doa qunut, kamu juga memohon kepada Allah SWT untuk diberikan kesehatan. 

  • Memohon untuk dicukupkan nikmat

Kelancaran rezeki yang di dapat oleh manusia tidak hanya didapatkan atas usaha dan kerja keras dari manusia tersebut, namun juga kehendak dari Allah SWT. Melafalkan doa qunut berarti kamu juga memohon untuk mendapatkan kelancaran rezeki.

  • Memohon perlindungan

Manfaat terakhir dalam melafalkan doa qunut adalah memohon untuk mendapatkan perlindungan dari berbagai marabahaya. 

3. Bacaan doa qunut

Pengganti Doa Qunut jika Tidak Hafal, Bisa Jadi Alternatifaboutislam.net

Untuk kamu yang ingin menghafal doa qunut, berikut dijabarkan doa qunut beserta artinya.

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menentukan atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Nazilah dan Artinya untuk Menangkal Virus Corona

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengganti doa qunut jika tidak hafal. Mulai saat ini, cobalah membaca doa lain jika tidak menghafal doa qunut, ya!

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya