Comscore Tracker

5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikan

Jangan suka melempar kesalahan!

Sejak kecil tentu kita sudah diajari untuk memiliki rasa tanggung jawab. Tanggung jawab ini sendiri akan memberikan banyak pelajaran dalam hidup kita ke depannya. Tanpa adanya rasa tanggung jawab, setiap orang akan gampang bersikap semena-mena bahkan hingga melakukan hal yang gak seharusnya.

Sebaliknya, sebuah sikap tanggung jawab akan menjadikan kita manusia yang lebih berhati-hati, gak ceroboh dalam mengambil keputusan, dan berpikir jauh ke depan. Siapa pun yang punya sikap tanggung jawab dalam dirinya akan lebih dewasa secara pola pikir dan mengerti bagaimana harus menempatkan diri.

Sayangnya, ada lima hal dasar soal tanggung jawab yang masih sering diabaikan nih. Seperti dalam lima poin berikut. 

1. Menerima risiko dari semua keputusan dan pilihan yang diambil

5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikanpexels/Sarah Dietz

Bentuk paling dasar yang pertama dari tanggung jawab adalah bahwa kita harus mau menerima risiko dari semua keputusan yang diambil. Jangan dengan mudahnya menghindar hanya karena kita takut. Karena bagaimana pun juga itu semua adalah keputusan kita sendiri. Dan di balik setiap keputusan, akan selalu ada risikonya. 

2. Berusaha mencukupi kebutuhan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain

5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikanunsplash/frank mckenna

Tanggung jawab gak cuma soal apa yang sudah jadi pilihan hidup kita. Tapi juga tentang bagaimana kita menjalani kehidupan ini. Bentuk tanggung jawab juga termasuk soal mencukupi kebutuhan diri sendiri tanpa bergantung pada siapa-siapa. Buat kalian yang masih sering minta uang jajan sama orangtua padahal sudah bekerja, hayo, segeralah sadar dan mulailah bersikap dengan penuh tanggung jawab. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Konon Sering Lari dari Tanggung Jawab, Benarkah Begitu?

3. Berhenti menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukan

5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikanpexels/Huy ProShoot

Mencari kambing hitam setiap kali melakukan kesalahan merupakan salah satu bentuk sikap gak bertanggung jawab. Jika memang kesalahan tersebut berasal dari kita, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk mengakui dan menanggung risikonya. Bukan malah sembarangan melempar kesalahan tersebut pada orang lain. 

4. Menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk bangkit

5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikanpexels.com/Pixabay

Setiap kegagalan yang kita alami menjadi tanggung jawab bagi diri kita untuk mengambil tindakan setelahnya. Apakah kita akan memilih untuk terpuruk dalam penyesalan, atau belajar dari pengalaman sebelumnya dan bangkit dengan penuh keyakinan. Selanjutnya, masa depan kita akan ditentukan dari apa yang telah kita pilih hari ini. 

5. Melaksanakan kewajiban dengan sebaik mungkin

5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikanpexels.com/rawpixel.com

Baik dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan berumah tangga, pekerjaan dan karier, dan lain sebagainya, bentuk tanggung jawab kita adalah untuk melaksanakan semua kewajiban dengan sebaik mungkin. Sebab, dengan cara inilah kita menunjukkan kualitas diri kita. Seberapa bertanggung jawabnya kita terhadap apa yang sudah wajib kita lakukan.

Menjadi manusia yang bertanggung jawab itu gak semudah yang diucapkan. Akan selalu ada godaan untuk sedikit menawar tanggung jawab yang sudah dibebankan pada kita. Karena pada dasarnya manusia memang suka sekali pura-pura lupa pada kewajibannya. Dari lima hal di atas, bentuk tanggung jawab mana nih yang paling berat menurut kalian, guys?

Baca Juga: 5 Konsekuensi yang Kamu Tanggung Kalau Malas Bekerja, Mau?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya