Comscore Tracker

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberi Sesuatu

Sudah gak ragu lagi deh untuk belajar ikhlas, kan?

Ikhlas merupakan istilah yang sudah gak asing lagi di kalangan masyarakat kita. Sejak kecil, kita dibiasakan untuk memiliki sifat baik satu ini, terutama dalam urusan memberi dan melakukan sesuatu. Seringkali, kita bingung, memang kenapa sih harus ikhlas? Apa bedanya jika kita memberi dengan tidak ikhlas?

Daripada pertanyaan seperti itu terus mengganggu kita semua, yuk simak 5 alasan kenapa kamu harus ikhlas berikut ini.

1. Kamu tidak akan merasakan beban pikiran apa pun

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberi Sesuatuunsplash/Gradikaa

Memberi kepada orang lain, atau melakukan sesuatu untuk orang lain, tentu akan membuat kita merasa rugi jika terus memperhitungkannya. Kerugian itu bisa secara materi, bisa juga dalam bentuk tenaga dan waktu. Bayangkan jika kita melakukan semua itu dengan tidak ikhlas, kita pasti akan kepikiran sepanjang waktu dan merasa rugi luar biasa.

Beda dong kalau kita ikhlas, kerugian apa pun gak akan kita anggap sebagai hal yang besar. Sehingga, kita terhindar dari beban pikiran yang gak penting.

2. Tidak pernah mengungkit kembali apa yang kamu beri atau lakukan untuk orang lain

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberi Sesuatuunsplash/Elaine Casap

Tidak ikhlas biasanya ditandai dengan seringnya kita mengungkit kembali apa yang pernah kita lakukan terhadap orang lain. Ada permasalahan sedikit saja dengan orang yang bersangkutan, kita sibuk membeberkan semua jasa yang sudah kita perbuat. Ujung-ujungnya ada banyak orang yang mungkin akan menghindari berurusan denganmu karena kebiasaan burukmu satu itu.

Tentu gak sama ceritanya jika kamu ikhlas. Kamu gak akan repot-repot mengingat semua yang sudah kamu lakukan, karena bagimu hal itu sudah berlalu dan kamu relakan.

Baca Juga: Stop Kecewa, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Ikhlas Menjalani Hidup

3. Tidak mudah dikecewakan orang lain

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberi Sesuatuunsplash/Element5 Digital

Orang yang ikhlas juga biasanya gak berharap diberikan imbalan oleh siapa-siapa. Minimnya harapan ini akan membuat kita lebih tidak mudah kecewa. Karena kekecewaan hanya akan menghampiri orang yang berharap.

Misal, ketika kamu memberi tetanggamu buah-buahan, jika kamu gak ikhlas, kamu pasti akan berharap dia memberikanmu sesuatu juga. Ketika pada kenyataannya dia gak memberikanmu apa-apa, alhasil kamu akan kecewa.

4. Selalu penuh pikiran positif

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberi Sesuatuunsplash/Boudewijn Huysmans

Orang yang ikhlas dalam memberi kepada orang lain biasanya selalu dipenuhi pikiran positif. Pikiran yang positif disini contohnya adalah ketika ada pengemis, dia gak pernah berpikiran bahwa pengemis itu punya penghasilan yang banyak dari mengemis, dan lain sebagainya. Baginya yang penting adalah dia sudah ikhlas memberi kepada pengemis tersebut.

Pikiran yang positif ini juga akan memancar dari aura kita, lho. Kita akan membuat orang lain nyaman berada di dekat kita dan bonus lainnya adalah kita tampak lebih awet muda.

5. Kebahagiaan akan selalu meliputimu

5 Kebaikan Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Ikhlas Memberi Sesuatuunsplash/andrew welch

Orang yang ikhlas saat memberi, meskipun tidak langsung dibalas oleh Tuhan dengan jumlah yang serupa, tapi pasti akan kembali dalam bentuk kebahagiaan yang lain. Jika kamu meyakini hal ini, maka gak ada yang perlu kamu khawatirkan lagi. Dijamin, hidupmu pasti akan bahagia. 

Ikhlas adalah sesuatu yang memang gak terlihat secara nyata. Tapi akan terpancar dari tindakan dan sikap kita. Jangan ragu lagi untuk ikhlas ya.

Baca Juga: Kebaikanmu Dibalas Kejahatan? Tunjukkan 5 Sikap Bijak Ini

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You