Comscore Tracker

5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lain

Mulai dari diri sendiri!

Berbuat baik adalah sesuatu yang pastinya sudah dilatih kepada kita sejak kita kecil. Sayangnya, gak semua orang mau mengaplikasikan kebaikan ini hingga dewasa. Beberapa orang bahkan mengabaikan hati nuraninya dan memilih jalan yang lain untuk diterapkan dalam keseharian. 

Padahal, segala perbuatan baik yang kita lakukan dan hati yang tulus yang kita miliki, semua itu adalah demi kebaikan kita sendiri. Kok bisa? Begini nih penjelasan detailnya.

1. Kebaikan akan membuat kita mendapat perlakuan serupa dari orang lain

5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lainmonster.com

Ketika kita menjadi orang yang baik, membiasakan diri untuk selalu menebarkan kebaikan di mana pun kita berada, maka otomatis orang-orang akan berlaku baik pada kita. Tapi ingat, tetap bedakan antara berbuat baik dan dimanfaatkan. Jangan sampai kamu terlalu lemah, tidak tegas, dan cenderung mudah dimanfaatkan oleh orang lain. 

Berbuat baiklah sesuai dengan porsi yang seharusnya. Maka orang lain juga akan memperlakukanmu dengan kebaikan yang serupa.

2. Meski mungkin dibalas dengan kejahatan, sifat baik akan mendorong kita untuk memiliki rasa ikhlas

5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lainseniorsmatter.com

Lalu bagaimana jika kita sudah berbuat baik namun ada orang-orang tertentu yang membalas kita dengan kejahatan? Gak usah khawatir, ketika semua kebaikan yang kamu lakukan selama ini tulus dari hatimu yang paling dalam, kamu gak akan mengharapkan balasan dari siapa pun. Karena kamu tau, bahwa Tuhan akan membalas kebaikan tersebut dengan hal yang jauh lebih indah.

Saat orang lain berlaku jahat pun, kamu gak akan ragu untuk memaafkannya. 

3. Kebaikan yang kita lakukan akan menjadi penolong di saat yang tidak terduga

5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lainunsplash/CoWoman

Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula. Ungkapan ini memang terdengar abstrak karena tidak bisa kita lihat secara langsung. Tapi, percayalah, di saat yang paling tidak terduga nantinya, kamu akan mendapat balasan atas kebaikan mu selama ini.

Misal, ketika di tengah perjalanan, kendaraanmu mogok dan kamu gak tau harus berbuat apa. Jika kamu terbiasa berbuat baik, akan selalu ada pertolongan yang diberikan Tuhan. Baik itu melalui orang lain, atau kemudahan-kemudahan lainnya.

Baca Juga: Terlihat Sepele, 7 Hal Ini Justru Tunjukkan Toleransi dan Kebaikan

4. Gak ada kebaikan yang sia-sia, semuanya selalu bernilai

5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lainunsplash/CoWomen

Kunci ikhlas berbuat baik adalah dengan selalu meyakini bahwa gak ada kebaikan yang sia-sia. Ketika keyakinan ini sudah tertanam dalam benakmu. Maka semua kebaikan yang selama ini sudah kamu lakukan, pasti akan kembali padamu dalam bentuk kebaikan yang lain. 

Ingat ya, gak semua kebaikan itu kembali dalam bentuk yang sama. Dan biasanya kamu gak akan terlalu memperhatikan ketika kebaikanmu sedang dibalas. Tapi yakinlah, segala kemudahan yang selama ini kamu rasakan mungkin merupakan bentuk balasan atas kebaikanmu sebelumnya.

5. Yang terpenting adalah gak pernah berhenti berbuat kebaikan

5 Manfaat Lakukan Kebaikan Tanpa Pamrih untuk Orang Lainunsplash/Jake Thacker

Hal utama yang perlu diingat jika ingin semua kebaikan kembali padamu, adalah untuk gak pernah berhenti berbuat kebaikan. Ketika kamu memberikan bantuan untuk orang lain, kamu gak akan tahu, doa mana dari orang-orang tersebut yang berhasil mendatangkan kebaikan serupa kepadamu.

Berbuat baik intinya adalah selalu didasari dengan keikhlasan. Semua kebaikan itu akan mendatangkan kebaikan juga padamu meskipun dalam bentuk yang berbeda. Kebaikan yang kamu rasa sepele bisa jadi bermakna besar bagi orang lain lho. Yuk biasakan berbuat baik sejak sekarang.

Baca Juga: Mengenal Pohon Sengon dan Manfaatnya bagi Kehidupan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya