Comscore Tracker

Jangan Salah, 5 Situasi Ini Memperbolehkan Kamu untuk Bersikap Egois!

Kesehatan mentalmu itu penting, lho! 

Egois biasanya disematkan sebagai sebuah kata sifat yang berkonotasi negatif. Mementingkan diri sendiri dibanding orang lain memang bukan merupakan hal yang patut dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari, ya! Apalagi jika kita sampai menjadikan ini sebagai sebuah kepribadian atau watak. Wah, bahaya banget!

Tapi, ternyata ada beberapa situasi yang memperbolehkan kita untuk bersikap egois, lho. Bukan untuk siapa-siapa, tapi tentunya ini untuk kebaikan kita juga. Ini nih lima situasi pengecualian tersebut.

1. Saat kita sudah terlalu sering dimanfaatkan

Jangan Salah, 5 Situasi Ini Memperbolehkan Kamu untuk Bersikap Egois!pexels/Keira Burton

Kamu yang terlalu baik hati dan selalu mengutamakan orang lain pasti pernah berada di situasi gak mengenakkan satu ini. Di mana kamu selalu dimanfaatkan dan terpaksa harus mengiyakan permintaan orang lain karena gak enak menolak. Memunculkan sisi egoismu dalam situasi ini sama sekali gak salah, kok. Justru, itu akan jadi tameng pelindung bagimu.

2. Saat kamu ingin memutuskan hubungan toxic

Jangan Salah, 5 Situasi Ini Memperbolehkan Kamu untuk Bersikap Egois!pexels.com/Polina Zimmerman

Hubungan toxic bisa terjadi dengan siapa saja, baik itu pacar, teman, rekan kerja, dan lain sebagainya. Ketika sudah mencapai batas kesabaran tapi masih terkendala dengan ketakutan bahwa kamu akan menyakiti hati orang lain, disinilah kamu perlu untuk bersikap egois. Karena, kesehatan mental mu juga penting dan perlu dijaga, lho.

Baca Juga: 5 Cara Ini Dapat Membantumu Menghilangkan Sifat Egois, Harus Berubah!

3. Saat kamu lelah, butuh istirahat, dan perlu me-time

Jangan Salah, 5 Situasi Ini Memperbolehkan Kamu untuk Bersikap Egois!pexels/Karolina Grabowska

Menolak permintaan orang lain di hari libur? Kata siapa gak boleh! Apalagi, jika kamu sudah bekerja sepanjang minggu dan merasa lelah serta butuh istirahat. Bersikap egois di saat seperti ini juga demi kebaikanmu sendiri, kok. Lagipula, mereka yang peduli sama kamu pasti akan memahami kondisi di mana kamu benar-benar butuh istirahat.

4. Saat hati nuranimu bertentangan dengan keadaan

Jangan Salah, 5 Situasi Ini Memperbolehkan Kamu untuk Bersikap Egois!pexels/William Fortunato

Ketika seseorang meminta bantuan namun hal itu bertentangan dengan hati nurani kita, maka bersikaplah egois! Tolaklah dengan halus atau dengan cara tegas jika memang perlu. Kamu pasti gak mau kan mengacaukan prinsip yang kamu buat sendiri? Egois dalam situasi ini akan menolong kamu di kemudian hari, percaya deh!

5. Ketika hak dan privasimu dilanggar dan kamu diperlakukan dengan gak benar

Jangan Salah, 5 Situasi Ini Memperbolehkan Kamu untuk Bersikap Egois!pexels/Ketut Subiyanto

Kamu gak harus selalu menyenangkan semua orang. Jika berada pada situasi dimana hak dan privasimu dilanggar serta kamu diperlakukan dengan gak sepantasnya, wajib banget untuk membela diri dan bersikap tegas. Orang lain pun akan segan jika kamu berani bersikap egois di situasi ini.

Mementingkan diri sendiri gak selalu salah. Telaahlah situasinya dengan tepat sebelum memutuskan. Lambat laun kamu akan mulai bisa membedakan kapan boleh bersikap egois dan kapan saatnya untuk mengutamakan orang lain. Ngomong-ngomong, seberapa egois dirimu selama ini, guys?

Baca Juga: Bukan Egois, Ini 5 Alasan Kamu Tetap Butuh Me Time Setelah Menikah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya