Comscore Tracker

Ini Nih 5 Tipikal Orang saat Berbuat Salah, Kamu Termasuk yang Mana?

#IDNTimesLife Kebanyakan sih gak mau disalahkan!

Manusia tempatnya salah dan khilaf. Wajar dan manusiawi banget jika kita pernah berbuat kesalahan dalam hidup ini. Cara setiap orang dalam mengatasi dan mempertanggung jawabkan kesalahan yang mereka lakukan juga berbeda-beda. 

Bagaimana kepribadian kita yang sesungguhnya tentu akan bisa terlihat dari apa yang kita perbuat saat melakukan kesalahan. Apakah kita mau mengakui dan memperbaikinya, atau, malah menghindar dan mengelak. Kira-kira, dari lima poin berikut, kamu termasuk orang yang seperti apa nih saat melakukan kesalahan? 

1. Mengakui kesalahan dan minta maaf dengan tulus

Ini Nih 5 Tipikal Orang saat Berbuat Salah, Kamu Termasuk yang Mana?ilustrasi orang merenung (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Tipe yang pertama adalah mereka yang punya jiwa tanggung jawab yang tinggi. Orang seperti ini gak akan ragu untuk mengakui kesalahan yang mereka perbuat dan bertanggung jawab penuh atas apapun dampak yang disebabkan oleh kesalahan tersebut. Meski jarang, orang semacam ini tetap ada kok. Kamu termasuk yang begini? 

2. Mengakui kesalahan namun tetap mencari alasan dan kambing hitam

Ini Nih 5 Tipikal Orang saat Berbuat Salah, Kamu Termasuk yang Mana?ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Liza Summer)

Tipe yang kedua adalah mereka yang mau mengakui kesalahan namun tetap gak mau disalahkan seutuhnya. Biasanya, orang semacam ini akan tetap mencari kambing hitam atau berbagai alasan yang menurutnya bisa mengurangi kesalahan yang dia lakukan. Sehingga dia gak perlu bertanggung jawab seutuhnya. 

Baca Juga: 5 Tipe Teman yang Paling Menyebalkan di Dunia, Jauh-jauh!

3. Melempar kesalahan pada orang lain dan gak mau tahu

Ini Nih 5 Tipikal Orang saat Berbuat Salah, Kamu Termasuk yang Mana?pexels/Anna Shvets

Parahnya, ada juga nih tipe orang yang sama sekali gak mau disalahkan bahkan ketika dia sebenarnya menyadari bahwa dirinya telah berbuat salah. Mereka akan memilih untuk gak mau tau atau melempar kesalahan pada orang lain yang menurutnya bisa disalahkan. Gak patut banget untuk ditiru, ya. Jangan sampai kita jadi orang yang begini. 

4. Mengelak dengan tegas soal kesalahan yang dia lakukan

Ini Nih 5 Tipikal Orang saat Berbuat Salah, Kamu Termasuk yang Mana?ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Ada lagi tipe orang yang cukup menyebalkan, nih. Yaitu mereka yang ketika ditanya soal kesalahannya, mereka malah mengelak dengan tegas dan justru marah-marah gak jelas. Dia yang bikin salah, malah dia yang marah. Alhasil, gak ada yang berani deh menanyakan kesalahan yang dia buat. 

5. Pura-pura gak tau apa-apa dan memasang sikap gak bersalah

Ini Nih 5 Tipikal Orang saat Berbuat Salah, Kamu Termasuk yang Mana?ilustrasi orang merenung (pexels.com/Cristian Roja)

Pandai berpura-pura juga bisa jadi andalan bagi tipe orang yang kelima nih. Yaitu mereka yang jago banget bersikap seolah gak bersalah ketika melakukan kesalahan. Orang semacam ini bisa masuk kategori pengecut karena mereka lebih suka menghindar dan gak mengakui kesalahan. Jika terus dibiasakan, maka bukan gak mungkin hal ini bisa berdampak pada aspek lain dalam kehidupan. 

Sikap penuh tanggung jawab sudah selayaknya kita terapkan terutama ketika melakukan kesalahan. Sebab, sebuah kesalahan bisa mengandung pelajaran bermakna yang akan mendewasakan perilaku dan pemikiran selama kita mau menyikapinya dengan bijak. Jadi, kamu termasuk tipe yang mana nih, guys

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Anak Muda Zaman Sekarang, Hindari!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya