Comscore Tracker

5 Trik Sederhana Mengetahui Karakter Seseorang dari Pertama Kenalan

Sekilas tapi mendalam!

Pertama kali berkenalan dengan seseorang, kita pasti masih canggung dan segan untuk bicara terlalu banyak. Terlebih, karena kita belum mengetahui karakter orang tersebut dan takut kalau-kalau kalimat yang kita lontarkan akan menyakiti hati orang yang bersangkutan. Pasalnya, akibatnya bisa jadi berkepanjangan karena itu merupakan kesan pertama yang nantinya akan berbekas di benak orang tersebut.

Tapi, sebenarnya kita bisa lho mengetahui karakter seseorang meski baru pertama kali berkenalan. Tujuannya adalah agar kita bisa mendapat kesan pertama yang mendalam mengenai orang tersebut. Mau tau caranya? Cek poin berikut yuk.

1. Jadilah pendengar bagi orang itu

5 Trik Sederhana Mengetahui Karakter Seseorang dari Pertama Kenalanunsplash/Gradikaa

Pertama, kamu harus menahan diri dan bersabar. Jadilah pendengar setia bagi orang tersebut untuk beberapa waktu. Dengarkan dengan seksama apa yang dia katakan dan bicarakan. Dari situ, kamu bisa menarik kesimpulan awal soal karakternya. Apakah dia orang yang optimis atau pesimis, percaya diri atau minder, dan lain sebagainya.

2. Baca juga bahasa tubuhnya

5 Trik Sederhana Mengetahui Karakter Seseorang dari Pertama Kenalanpexels/William Fortunato

Gesture atau bahasa tubuh juga menunjukkan karakter seseorang, lho. Kamu bisa terus ngobrol sama orang itu dan memperhatikan bagaimana tubuhnya bereaksi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang kamu berikan. Apakah dia terlihat nyaman atau terganggu, terlihat rileks atau tegang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ingin Memikat Hati si Dia? 5 Karakter Ini Bisa Kamu Andalkan, Lho! 

3. Ajukan pertanyaan dan analisis jawabannya

5 Trik Sederhana Mengetahui Karakter Seseorang dari Pertama Kenalanpexels.com/rawpixel.com

Memberikan beberapa pertanyaan juga bisa kamu lakukan untuk memancing percakapan menjadi lebih mengalir. Pastikan kamu menganalisis jawaban yang dia berikan untuk mengetahui bagaimana dia memandang suatu permasalahan. Sejauh apa dia menyukai topik tertentu, dan seluas apa pengetahuannya akan suatu hal.

4. Tanyakan pertanyaan yang agak personal

5 Trik Sederhana Mengetahui Karakter Seseorang dari Pertama Kenalanpexels/RODNAE Production

Setelah beberapa saat, pembicaraan bisa kamu arahkan ke arah yang lebih personal. Keluarga, pendidikan, atau hal-hal pribadi lainnya mengenai orang tersebut bisa memperkuat analisa mu soal kepribadiannya. Lambat laun, kamu akan bisa mendapat info yang lebih lengkap dan jadi bisa menentukan apakah dia merupakan pribadi yang cocok menjadi temanmu atau gak.

5. Cobalah bercerita soal dirimu padanya

5 Trik Sederhana Mengetahui Karakter Seseorang dari Pertama Kenalanpexels/Chalotte May

Langkah terakhir, cobalah kamu bercerita soal dirimu padanya. Ceritakan beberapa hal yang menurutmu menarik untuk dibagikan. Kemudian lihat bagaimana dia merespon ceritamu. Apakah dia merupakan pendengar yang baik atau gak? Atau, apakah dia senang memutus perkataanmu dan lebih senang bicara?

Meski karakter seseorang yang sebenarnya baru bisa kita lihat setelah mengenalnya untuk beberapa waktu, tapi bukan gak mungkin untuk melakukan analisa dasar pada perkenalan pertama lho. Beberapa tips di atas bisa kamu coba sebagai awalan. Kenali karakter orang baru dan jadikan mereka teman dekatmu jika memang kalian nyambung dan satu frekuensi. Mau mencoba?

Baca Juga: 6 Tips Membangun Karakter Jujur pada Anak Sejak Dini

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya