Comscore Tracker

Kurangnya Sifat Optimis dalam Diri Bikin Kamu Alami 5 Hal Negatif Ini

Kamu jadi selalu takut dan ragu!

Saran dan anjuran dari orang lain untuk terus bersikap dan berpikir positif pasti sudah sering kamu dengar, kan? Sayangnya, gak semua orang benar-benar mengaplikasikan hal ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika kita mampu menanamkan keoptimisan dalam diri.

Begitupun sebaliknya, ketika kita kekurangan rasa optimis ini, akan ada beberapa hal negatif yang mengikuti langkah kita. Ini nih 5 di antaranya.

1. Ragu-ragu dan penuh rasa takut

Kurangnya Sifat Optimis dalam Diri Bikin Kamu Alami 5 Hal Negatif Inipexels.com/Christina Morillo

Kekurangan rasa optimis maka akan membuat kita dipenuhi keraguan dan ketakutan. Apa pun pilihan hidup yang ingin diambil selalu penuh dengan rasa enggan yang membuat kita ragu untuk mengambil pilihan tersebut. Kita juga senantiasa merasa takut untuk melangkah dan merasa kegagalan selalu membayangi.

2. Gak maksimal dalam melakukan apa pun

Kurangnya Sifat Optimis dalam Diri Bikin Kamu Alami 5 Hal Negatif Inipexels.com/ChristinaMorillo

Ketika kita merasa ragu dan takut, maka bisa dipastikan kita juga jadi gak maksimal dalam melakukan hal tersebut. Apa pun itu, entah mencari pekerjaan, mulai belajar berbisnis, bahkan hingga hal sepele seperti menikmati liburan. Tanpa adanya rasa optimis, maka usaha yang dilakukan gak akan sepenuh hati.

3. Bukan gak mungkin kamu jadi mengalami kegagalan

Kurangnya Sifat Optimis dalam Diri Bikin Kamu Alami 5 Hal Negatif Iniunsplash.com/Tom Pumford

Ketika keraguan muncul dan kemudian diiringi dengan usaha yang setengah-setengah, pasti deh kegagalan akan semakin dekat, kan? Bisa jadi, ini semua karena keraguan yang kamu pelihara dalam diri. Bukan karena kesalahan siapa-siapa. Duh, gak pengin kan kejadian beneran?

Baca Juga: 5 Perbedaan Pola Pikir Orang Optimis Vs Pesimis dalam Menyikapi Hidup

4. Kurangnya kepercayaan yang kamu dapat dari orang lain

Kurangnya Sifat Optimis dalam Diri Bikin Kamu Alami 5 Hal Negatif Iniunsplash.com/Curtis MacNewton

Kalau kamu sendiri aja gak percaya pada diri sendiri, bagaimana orang lain bisa mempercayaimu? Kepercayaan itu mahal harganya dan harus dibayar dengan usaha tanpa henti semaksimal mungkin. Dan langkah paling awal untuk mendapat kepercayaan orang lain adalah dengan menanamkan kepercayaan pada dirimu sendiri terlebih dahulu.

5. Kamu akan berubah jadi pribadi yang gampang menyerah

Kurangnya Sifat Optimis dalam Diri Bikin Kamu Alami 5 Hal Negatif Iniunsplash.com/Ethan Sykes

Gak cuma takut dan ragu aja, guys. Saat kamu mengalami krisis optimistis dalam diri, kamu juga akan berubah jadi pribadi yang gampang menyerah. Bahkan, hal sepele seperti membuka tutup botol aja perlu rasa optimis lho. Bayangkan jika kamu selalu merasa gak sanggup melakukannya, sampai kapan pun kamu gak akan bisa.

Intinya, rasa optimis itu adalah sesuatu yang bisa kita bangun dan tanamkan dalam pikiran kita. Gak perlu besok, cobalah mulai sekarang dan lihat hasilnya. Kamu bisa kaget sendiri lho akan potensi yang kamu punya. Siap mencoba?

Baca Juga: 6 Kutipan Lagu SIA Ini Buat Kamu Lebih Optimis Jalani Hidup

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya