Comscore Tracker

Alasan Kenapa Kamu Harus Berbaikan dengan Masa Lalu, Bukan Melupakan

Melupakan begitu saja bukan solusi yang tepat, lho

Kita semua pasti memiliki masa lalu. Tentunya, gak semua kisah masa lalu kita diisi oleh hal yang menyenangkan. Mau tidak mau, kita memang harus mengakui bahwa ada bagian dari masa lalu kita yang cukup pahit dan sangat ingin kita lupakan.

Tapi nyatanya, melupakan begitu saja kisah masa lalu yang tidak menyenangkan memang tidak semudah itu. Terlebih lagi, melupakan masa lalu ternyata bukan hal yang disarankan lho.

Alih-alih menjadi terbebas dari kepahitan tersebut, melupakan masa lalu hanya akan memberikan beberapa efek buruk bagi kita. Makanya, ada alternatif lain nih untuk menghadapi masa lalu yang buruk, yaitu memilih untuk berbaikan dengannya. Ini nih beberapa alasan kenapa kita perlu berbaikan dengan masa lalu.

1. Ketika memilih untuk berbaikan dengan masa lalu, kamu mampu mengambil pelajaran darinya

Alasan Kenapa Kamu Harus Berbaikan dengan Masa Lalu, Bukan Melupakanunsplash/rawpixel

Berbaikan dengan masa lalu, berarti kamu sudah bersedia untuk menerima segala apapun hal yang disebabkan oleh masa lalu tersebut. Nah, dengan melapangkan hati menerima segalanya, kamu akan lebih bisa melihat hikmah yang terjadi akibat kejadian tidak menyenangkan di masa lalu tersebut. Mampu mengambil hikmahnya tentu terasa lebih melegakan kan?

2. Melupakan gak akan menyisakan apa-apa selain rasa gelisah ketika kembali teringat

Alasan Kenapa Kamu Harus Berbaikan dengan Masa Lalu, Bukan Melupakanpexels/bruce mars

Jika selama ini kamu hanya memilih untuk melupakan masa lalu yang buruk, maka ketika ingatan soal masa lalu itu datang, kamu hanya akan merasakan kegelisahan yang luar biasa. Kegelisahan semacam ini gak ada obatnya, lho. Ujung-ujungnya kamu hanya akan kembali mencari cara untuk mengabaikan dan melupakan kembali kisah masa lalu itu. Tapi, bukankah gak ada jaminan kalau ingatan itu gak akan datang lagi?

Baca Juga: Pahami 7 Hal Ini Biar Masa Lalu yang Kelam Berhenti Membayangimu

3. Berbaikan dengan masa lalu akan menjadikan kamu lebih dewasa dan bijaksana

Alasan Kenapa Kamu Harus Berbaikan dengan Masa Lalu, Bukan Melupakanpexels/bruce mars

Berbeda halnya jika kamu memilih untuk berbaikan dengan masa lalu. Bahkan sikapmu ketika menghadapi masalah pun akan terlihat lebih bijak dan gak sembarangan lagi. Kamu tau bahwa kesalahan yang kamu lakukan saat ini bisa berdampak buruk bagi dirimu di masa depan. Makanya kamu juga jadi lebih dewasa dalam melakukan segala hal.

4. Jika sudah berbaikan, bahkan ketika ada yang mengungkitnya kembali kamu bisa tetap tersenyum

Alasan Kenapa Kamu Harus Berbaikan dengan Masa Lalu, Bukan Melupakanunsplash/AJ Garcia

Bukan tidak mungkin ada banyak yang masih mengingat kisah tidak menyenangkanmu di masa lalu. Jadi, ketika kamu memutuskan untuk melupakannya, belum tentu orang lain bisa melupakannya dengan mudah juga. Makanya, memilih untuk berbaikan dengan masa lalu itu, akan mampu membuat kamu tetap tersenyum meskipun ada yang mengungkit kembali kenangan buruk tersebut.

5. Kamu sudah gak akan pernah menyalahkan kepahitan cerita lampau itu mempengaruhi hidupmu di masa depan

Alasan Kenapa Kamu Harus Berbaikan dengan Masa Lalu, Bukan Melupakanpexels/Kristin Vogt

Memutuskan untuk berbaikan dengan kisah masa lalu juga akan membuat kamu berhenti menyalahkan kejadian tersebut. Sehingga, kamu bisa hidup di masa kini tanpa merasa dibayang-bayangi oleh masa lalu yang kelam. Bahkan, masa depanmu pun akan terasa lebih cerah.

Apapun kisah pahit yang kita miliki di masa lalu, bukanlah tindakan bijak untuk melupakannya begitu saja. Carilah cara yang tepat untuk berbaikan dengannya. Oke, guys?

Baca Juga: Jawab Kuis Ini dan Temukan Siapa Dirimu di Masa Lalu!

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You