Comscore Tracker

5 Alasan Nyata Kenapa Seseorang Curhat di Media Sosial

Benarkah karena kesepian?

Jika saat ini kamu memiliki tempat curhat yang bisa dipercaya dan mau mendengarkan keluh kesahmu dengan sukarela, maka bersyukurlah. Sebab gak banyak yang bisa beruntung seperti dirimu.

Kamu juga mungkin sering merasa risi setiap kali ada seseorang yang menceritakan masalahnya di media sosial. Sebab bagimu, media sosial bukanlah tempat yang tepat untuk melakukan hal itu.

Namun, gak semua orang bisa dengan tepat menemukan tempat curhat. Terlebih, ada banyak kendala yang kemudian pada akhirnya mendorong seseorang untuk menjadikan media sosial sebagai tempat bercerita. Ini lima kemungkinan alasan di baliknya. Jangan langsung menghakimi, ya!

1. Merasa gak ada yang benar-benar peduli padanya

5 Alasan Nyata Kenapa Seseorang Curhat di Media Sosialilustrasi curhat di medsos (Pexels.com/Oladimeji Ajigbile)

Alasan pertama adalah karena adanya perasaan bahwa gak ada orang yang benar-benar peduli padanya. Kurangnya kedekatan dengan orang lain membuat seseorang memilih untuk mencurahkan isi hatinya di media sosial. Meskipun mungkin semua itu bisa aja menimbulkan masalah baru yang lebih parah.

Orang yang kesepian gak akan bisa berpikir dengan jernih ketika dihadapkan dengan suatu masalah. Yang mereka inginkan hanyalah apa yang dirasakan mampu ditumpahkan di suatu tempat seperti media sosial, walaupun itu bukanlah pilihan yang tepat. 

2. Merasa lebih nyaman jika curhat tanpa ditanggapi secara langsung

5 Alasan Nyata Kenapa Seseorang Curhat di Media Sosialilustrasi orang termenung (Pexels.com/Andre Moura)

Beberapa orang memiliki kekhawatiran tersendiri jika curhat secara langsung dengan seseorang. Mungkin, mereka juga pernah punya pengalaman pahit saat ceritanya dikomentari secara negatif atau ditanggapi dengan cara yang gak menyenangkan. Makanya, media sosial dianggap lebih tepat baginya.

Di media sosial, memang banyak orang bisa menanggapi curhatannya, tapi itu semua gak secara langsung. Jadi, dampaknya pun terasa berbeda dan masih bisa diatasinya. 

Baca Juga: 5 Cara Atasi Rasa Insecure Akibat Media Sosial, Gak Harus Tutup Akun

3. Butuh perhatian dari orang lain, gak peduli mereka tulus atau gak

5 Alasan Nyata Kenapa Seseorang Curhat di Media Sosialilustrasi orang menyendiri (Pexels.com/Duong Nhan)

Gak bisa dimungkiri, ada banyak orang yang membutuhkan perhatian di media sosial. Itulah kenapa beberapa orang suka sekali menceritakan kisah hidupnya di platform tersebut. Meskipun bukan hal yang terlarang, terlalu mengumbar masalah pribadi sebenarnya juga gak baik, lho.

Namun bagaimanapun juga, setiap orang punya alasannya masing-masing. Salah satunya adalah ingin mendapatkan perhatian dari orang lain, gak peduli itu tulus ataupun gak. Terlebih, kebanyakan orang di media sosial tidak sepenuhnya tulus. 

4. Gak berhasil menemukan sosok yang tepat untuk tempat curhat

5 Alasan Nyata Kenapa Seseorang Curhat di Media Sosialilustrasi orang marah (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Nasib setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang dipertemukan dengan seorang teman atau sahabat yang bisa menjadi pendengar setia ketika dibutuhkan. Namun, ada pula yang harus melalui berbagai cobaan hidup sendirian. Menyedihkan memang, tapi begitulah faktanya. 

Jangan buru-buru menyudutkan seseorang yang suka curhat di media sosial. Besar kemungkinan dia gak punya tempat curhat yang tepat yang bisa membuatnya merasa didengar dan diperhatikan. 

5. Selalu kesulitan mengatur kata-kata jika harus curhat secara personal

5 Alasan Nyata Kenapa Seseorang Curhat di Media Sosialilustrasi orang berbicara (Pexels.com/SHVETS Production)

Alasan lain yang juga mungkin sekali dialami orang-orang yang senang curhat di media sosial adalah karena mereka kesulitan dalam mengatur kalimat. Beberapa orang memang terlahir dengan kesulitan dalam hal berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

Ketika harus curhat, mereka bingung dan gak bisa menemukan caranya. Alhasil, curhat di media sosial dianggap sebagai solusi yang cukup menjanjikan. Terlebih jika mereka selalu mendapat respons positif dari netizen saat melakukannya. 

Berbagai macam alasan di balik curhat di media sosial membuat kita gak bisa menyalahkan dengan sembrono tindakan semacam ini. Meski terlihat keliru dan gak dipikirkan dengan matang, nyatanya masih banyak orang yang suka melakukan ini dengan berbagai alasan. 

Baca Juga: 6 Zodiak Ini Diam-diam Bermulut Besar, Gak Asyik Diajak Curhat!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya