Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Kita Seringkali Gak Terima saat Dikasihani

Soalnya kita gak merasa menderita, kok!

Hidup dan cerita yang dijalani orang di dunia ini berbeda-beda. Ada yang kaya raya hingga hartanya seolah gak akan pernah habis, ada juga yang begitu terkenal hingga punya fans di mana-mana, gak sedikit juga yang otaknya begitu cemerlang hingga bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Di lain sisi, tentu ada juga yang hidup dengan berbagai kekurangan namun bisa jadi dia tetap bahagia.

Apa pun dan bagaimanapun cerita hidup kita saat ini, ketika ditimpa masalah, beberapa orang mungkin akan merasa bersimpati dan kasihan sama kita. Tapi, pernah gak sih kalian justru merasa kesal dan gak mau orang merasa kasihan sama kalian? Kalau iya, salah satu dari 5 poin berikut pasti alasan yang tepat kenapa kalian gak mau dikasihani.

1. Karena kita gak merasa menderita

5 Alasan Logis Kenapa Kita Seringkali Gak Terima saat Dikasihaniunsplash.com/Eye for Ebony

Alasan pertama yang paling masuk akal ketika kita gak mau dikasihani adalah karena pada dasarnya kita gak merasa menderita. Sehingga, kita gak merasa orang lain perlu untuk merasa kasihan sama kita. Lagipula, rasa kasihan dan empati dari mereka juga gak akan berpengaruh apa-apa kok.

2. Karena memang itu pilihan yang kita ambil

5 Alasan Logis Kenapa Kita Seringkali Gak Terima saat DikasihaniPexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam beberapa kejadian, ada kalanya kita dikasihani karena sesuatu yang sebenarnya jadi pilihan hidup kita. Contoh nih, ketika kita memillih untuk gak jadi menikah karena pasangan kita ternyata selingkuh.

Tiba-tiba, banyak tatapan kasihan dari orang sekitar yang kita dapatkan karena kita gagal menikah. Kan kesal banget ya karena mereka gak tahu cerita sebenarnya.

3. Karena yang bersangkutan pun hidupnya gak baik-baik amat

5 Alasan Logis Kenapa Kita Seringkali Gak Terima saat Dikasihanipexels.com/Immortal shots

Alasan lain yang membuat kita enggan dikasihani adalah ketika mereka yang menatap kita dengan penuh rasa kasihan itu juga hidupnya gak bahagia-bahagia amat. Bukannya jadi terhibur, kita malah merasa begitu rendah dibanding siapa pun di dunia ini kalau sudah dikasihani dengan cara yang terasa berlebihan.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Meraih Ketenangan Jiwa, agar Hidup Lebih Bahagia!

4. Ego dan harga diri yang merasa direndahkan

5 Alasan Logis Kenapa Kita Seringkali Gak Terima saat Dikasihaniunsplash.com/@rvrmakes

Manusia dibekali dengan sebuah egoisme yang pada sebagian orang memang begitu besar dan mempengaruhi kehidupannya. Ego inilah yang seringkali mendorong kita untuk menolah dikasihani. Rasa-rasanya, kalau ada yang memandang kita dengan tatapan kasihan itu kita jadi begitu rendah di mata orang tersebut.

5. Kita gak merasakan ketulusan orang tersebut

5 Alasan Logis Kenapa Kita Seringkali Gak Terima saat DikasihaniPexels.com/Reead

Alasan lain yang juga logis kenapa kita menolak dikasihani adalah karena gak ada ketulusan yang bisa kita rasakan dari orang yang bersangkutan. Kita gak melihat dia benar-benar bersimpati dan berempati pada keadaan kita. Makanya kita merasa lebih baik orang tersebut gak usah merasa kasihan pada kita.

Bagaimanapun keadaan yang kita alami, seringkali kita memang lebih suka menganggap hal itu sebagai sebuah takdir yang harus dijalani. Sehingga, rasa kasihan dari orang lain terasa gak perlu bagi kita. Iya gak sih, gengs?

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Pernah Menjalin Hubungan Atas Dasar Rasa Kasihan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya