Comscore Tracker

6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujud

Terus berusaha dan berdoa!

Siapa pun pasti memiliki keinginan. Dari semua keinginan yang dimiliki, tentu akan selalu ada satu atau dua hal yang gak berhasil terwujud. Bahkan, jika dipaksakan, ujung-ujungnya mungkin akan gak berdampak baik pada diri kita. 

Nah, keinginan-keinginan seperti ini tentu gak perlu membuat kita merasa down atau gak pantas mendapatkan kebahagiaan. Sebaliknya, wajib bagi kita untuk berdamai dengan semua perasaan gak menyenangkan yang muncul dari gak terwujudnya keinginan tersebut. Kenapa? Begini alasannya. 

1. Kamu akan menyadari bahwa gak semua hal berjalan sesuai dengan maumu

6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujudunsplash/Nine Kopfer

Dengan adanya keinginan yang gak terwujud, kamu jadi menyadari bahwa beberapa hal gak selalu terjadi sesuai keinginan kita. Beberapa memang sudah ditakdirkan untuk gak jadi kenyataan karena memang itulah yang terbaik. Akan selalu ada impian lain yang terbentuk seiring berjalannya waktu dan tugas kita adalah mengusahakan yang terbaik yang kita bisa. 

2. Kedamaian ini akan menjalar ke dalam hati dan dirimu seutuhnya

6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujudunsplash/Giulia Bertelli

Sekali kamu meyakinkan diri untuk berdamai dengan keadaan, maka kamu akan sadar bahwa kedamaian itu mendatangkan kebaikan untukmu. Karena, gak cuma merasakan kedamaian dalam pikiran aja, kamu juga merasa lebih tenang secara batin. Gak ada perasaan-perasaan mengganggu yang membuat kamu gak nyaman.

3. Jauh dari rasa kecewa dan sedih akibat berharap terlalu tinggi

6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujudunsplash/Aziz Acharki

Jika sudah berdamai dengan beberapa kegagalan dalam meraih mimpi, kita pasti akan jauh dari rasa kecewa dan sedih akibat sebuah harapan yang terlalu tinggi. Siapa sih yang mau diliputi perasaan kecewa terus menerus? Gak ada kan? Makanya yuk berdamai dengan harapan yang belum terwujud. 

Baca Juga: 5 Keinginan Sederhana Ibu Muda yang Kadang Sulit Direalisasikan

4. Gak mudah merasa tertekan serta emosi yang berlebihan

6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujudunsplash/Jonas Kakaroto

Berhasil berdamai dengan keinginan yang belum terwujud mendorong kamu untuk gak dendam pada siapa pun. Jiwamu pun lebih mampu menghadapi berbagai cobaan lain yang lebih berat. Karena kamu gak lagi sering berharap, dampak positifnya adalah kamu gak kesulitan mengontrol emosi negatif yang berlebihan seperti keinginan untuk menangis, marah-marah, dan lain sebagainya.

5. Kamu juga jadi orang yang ikhlas dan rendah hati namun tetap berusaha semampunya

6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujudunsplash/Alex Alvarez

Berdamai dengan keinginan yang belum terwujud akan mendatangkan perasaan ikhlas dan lega ke dalam diri. Meski awalnya pasti akan terasa menyakitkan untuk dilakukan, namun seiring berjalannya waktu semua pasti akan bisa kita terima. Kedamaian ini juga membuat kita gak mudah menyerah ketika memiliki mimpi-mimpi berikutnya. 

6. Untuk selanjutnya, kamu juga jadi lebih bisa mengontrol keinginanmu akan suatu hal

6 Alasan Pentingnya Berdamai dengan Keinginan yang Belum Terwujudunsplash/Ben White

Gak ada yang salah dengan bermimpi. Gak ada yang salah juga jika kamu gagal meraih impian tersebut. Keyakinan bahwa semua yang terjadi mengandung hikmah di baliknya, akan membuat kamu gak takut untuk merajut mimpi lainnya namun tetap dengan kesadaran bahwa ada hal-hal yang memang gak bisa diwujudkan. 

Mengakui bahwa ada impian yang gak bisa terwujud merupakan sesuatu yang cukup sulit dan gak semua orang bisa melakukannya. Namun, sekali kamu berhasil berdamai dengan kenyataan ini, akan ada banyak keuntungan yang kamu dapat. Mau mencoba gak?

Baca Juga: 6 Cara Meredam Keinginan Memiliki Apa yang Orang Lain Punya

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya