Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memaafkan Meski Orang Itu Gak Meminta Maaf

Demi ketenangan dirimu sendiri

Memaafkan adalah perkara yang paling mudah dikatakan namun sungguh sulit untuk dilakukan. Terutama jika orang yang bersalah kepada  kita itu gak meminta maaf secara langsung. Pasti perasaan jengkel dan kesal akan lebih mendominasi ketimbang keinginan untuk memaafkan.

Namun, meski gak dimintai maaf secara personal, urusan maaf memaafkan ini harusnya bisa tetap kita lakukan. Pasalnya, terus menyimpan amarah seorang diri hanya akan bikin kita merugi. Gak cuma itu aja, ini nih lima alasan lain yang bikin kita semakin mudah untuk memberi maaf kepada seseorang yang sudah menyakiti kita namun gak kunjung minta maaf juga. 

1. Belajar ilmu ikhlas dan sabar

5 Alasan Pentingnya Memaafkan Meski Orang Itu Gak Meminta Maafilustrasi wanita tersenyum (Pexels.com/Tieu Bao Truong)

Lewat memaafkan orang lain, sejatinya kita sedang belajar untuk ikhlas dan lebih sabar. Ikhlas menerima perlakuan orang lain yang gak sesuai dengan harapan kita. Serta sabar menghadapi seseorang yang sudah melakukan kesalahan namun gak juga menyadarinya.

Sebab yang namanya kehidupan, tentu kita akan bertemu dengan orang yang berbeda-beda karakternya. Terkadang, beberapa diantaranya adalah mereka yang enggan dan merasa berat untuk meminta maaf meskipun bersalah. 

2. Kamu pun jadi terbebas dari rasa dendam yang gak perlu

5 Alasan Pentingnya Memaafkan Meski Orang Itu Gak Meminta Maafilustrasi orang bahagia (Pexels.com/meijii)

Dengan memaafkan, kita juga jadi membebaskan diri dari perasaan dendam yang gak perlu. Keberadaan rasa dendam hanya akan membuat hati kita gak tenang. Berbagai keinginan untuk membalas perlakuan orang tersebut justru menjerumuskan kita dalam kegundahan dan kegelisahan.

Melalui memaafkan, semua niatan negatif tersebut jadi hilang. Kita pun jadi lebih tenang dan gak membuang waktu untuk memikirkan sesuatu yang sia-sia dan gak berguna. 

Baca Juga: 5 Cara Ikhlas supaya Mudah Memaafkan Orang Lain, Cobalah meski Sulit

3. Perlahan, kamu juga mencoba untuk lebih dewasa

5 Alasan Pentingnya Memaafkan Meski Orang Itu Gak Meminta Maafilustrasi orang melamun (Pexels.com/Thiago)

Memaafkan mereka yang gak meminta maaf juga menjadi salah satu cara untuk menjadi lebih dewasa. Proses pendewasaan memang gak mudah. Ada aja halangan dan rintangan yang harus kita hadapi. Salah satunya adalah mereka yang enggan meminta maaf meskipun bersalah ini.

Namun, berlarut-larut memikirkan kesalahan orang tersebut juga gak memberi dampak positif apapun dalam hidup kita, kan? Bukankah jauh lebih baik jika kita mampu berlapang dada memberi maaf dengan ikhlas? 

4. Dengan memaafkan hal itu, berarti kamu mulai berdamai dengan diri sendiri

5 Alasan Pentingnya Memaafkan Meski Orang Itu Gak Meminta Maafilustrasi orang punya masalah (Pexels.com/carol wd)

Gak cuma memberi ketenangan, memaafkan kesalahan orang lain baik yang masih baru ataupun sudah lama terjadi merupakan pertanda kita telah berdamai dengan diri sendiri. Apapun yang membuat orang itu memiliki kesalahan pada kita, telah kita anggap sebagai bagian dari perjalanan hidup kita.

Meskipun pahit, seenggaknya kita sudah gak menganggapnya sebagai beban. Justru, kita jadi belajar untuk berusaha melihat hikmah yang ada di baliknya. 

5. Lebih mudah meraih kebahagiaan

5 Alasan Pentingnya Memaafkan Meski Orang Itu Gak Meminta Maafilustrasi menghadiahi diri (Pexels.com/Victoria Emerson)

Memaafkan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bijak dan pandai menyikapi hidup. Terlebih jika kita bicara soal memaafkan orang lain yang gak pernah meminta maaf. Kesalahan apapun yang dia perbuat gak sepantasnya merusak keseharian kita dengan perasaan benci.

Ketika memberi maaf sudah bisa kita lakukan dengan tulus, maka kebahagiaan otomatis akan datang. Lebih mudah bagi kita untuk melihat berbagai kemudahan, nikmat, dan anugerah yang diberikan Tuhan. Karena pikiran kita gak dipenuhi dengan kebencian.

Meski memaafkan orang yang gak pernah meminta maaf itu memang sulit, tapi itu bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Maka pandai-pandailah mengelola hati dan perasaan kita sendiri. Jangan biarkan orang lain menguasai itu semua dengan kebencian kita pada mereka. Siap memaafkan, gak? 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana agar Bisa Memaafkan Orang Lain dengan Tulus

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya