Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Teman yang Cepu, Hindari Curhat Hal Pribadi dengan Dia!

#IDNTimesLife Jangan sampai keceplosan!

Punya banyak teman pastinya menyenangkan. Namun, dari sekian banyak teman yang kita miliki, tentunya akan ada satu atau dua orang yang ember banget, gak bisa menjaga rahasia. Dalam istilah zaman sekarang, hal tersebut dinamakan cepu. 

Tentu hal ini membuat kita menjadi gak nyaman serta gak leluasa ketika menceritakan segala hal tentang kehidupan, terutama yang sifatnya rahasia. Kalau kamu ketemu dengan seseorang yang cepu, coba terapkan beberapa hal di bawah ini, ya.

1. Jaga jarak dan bersikap lebih hati-hati di sekitarnya

5 Cara Hadapi Teman yang Cepu, Hindari Curhat Hal Pribadi dengan Dia!ilustrasi persahabatan (Pexels.com/Tim Douglas)

Berteman dengan seseorang yang cepu memang gak nyaman. Ada perasaan was-was jika kita sampai mengungkapkan sesuatu, apalagi yang bersifat pribadi. Sebisa mungkin, jagalah jarak dan selalu waspada saat berada di sekitarnya. 

2. Cari bahan obrolan yang ringan ketika bersamanya

5 Cara Hadapi Teman yang Cepu, Hindari Curhat Hal Pribadi dengan Dia!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/RF._.studio)

Untuk menghindari kita keceplosan dan malah membongkar rahasia sendiri, maka carilah bahan obrolan yang ringan dan santai saat. Bicarakan hal-hal umum yang gak akan membuat kita terjebak pada topik yang sifatnya pribadi. 

3. Jangan terpancing untuk menceritakan masalah pribadimu padanya

5 Cara Hadapi Teman yang Cepu, Hindari Curhat Hal Pribadi dengan Dia!ilustrasi orang minta maaf (Pexels.com/Liza Summer)

Teman yang cepu biasanya memang menyukai bahan obrolan yang bersifat privasi. Jadi, dia pasti akan memancing kamu dengan berbagai cara untuk membicarakan soal  pribadimu. Meski terasa nyaman dan nyambung, ingatlah kalau dia bukan tipe orang yang bisa menyimpan rahasia. 

Baca Juga: Mending Dihindari, 5 Tipe Teman yang Gak Enak Diajak Curhat

4. Jangan gampang percaya dan menelan mentah-mentah semua omongannya

5 Cara Hadapi Teman yang Cepu, Hindari Curhat Hal Pribadi dengan Dia!ilustrasi orang bergosip (Pexels.com/cottonbro)

Ketika dia menceritakan sesuatu, jangan langsung jadi orang yang percaya serta menelan mentah-mentah yang dia ucapkan. Meski terdengar masuk akal, bisa jadi ada beberapa bagian yang berlebih. Karena, dia memang menyukai perhatian yang lebih dari orang sekitarnya. 

5. Jika memungkinkan, jangan berteman terlalu dekat dengan orang seperti ini

5 Cara Hadapi Teman yang Cepu, Hindari Curhat Hal Pribadi dengan Dia!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/Sam Lion)

Terakhir adalah, jangan terlalu dekat dengan orang yang seperti ini. Mereka bukan penyimpan rahasia yang baik, atau bahkan mudah bocor kapan pun setiap ada kesempatan.

Berteman dekat dengan yang cepu justru membuat kamu merasa gak nyaman. Karena setiap apa yang kamu katakan, akan ada kemungkinan disebar luaskan atau bahkan menjadi gosip di tempat lain. 

Jika kamu bertemu dengan salah satu teman yang cepu, coba lakukan beberapa hal di atas, ya, kalau semisal tindakan mereka udah bikin kamu risih serta gak nyaman. Karena keamanan dan kenyamanan kamu ketika curhat adalah hal yang gak kalah penting.  

Baca Juga: 7 Cara Jauhi Toxic Positivity Ketika Teman Sedang Berduka 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya