Comscore Tracker

5 Cara Mempertahankan Prinsip Hidup yang Dianut, Harus Tegas!

Punya prinsip bikin hidup kita lebih terarah

Masih banyak dari kita yang kebingungan dalam mempertahankan prinsip hidup. Bahkan, beberapa di antara kita harus menyerah dan mengabaikannya demi kesenangan sementara atau mengikuti ajakan orang lain. Alhasil, hidup pun jadi terombang-ambing karena prinsip gak dipegang teguh.

Sejatinya, ada beberapa cara mudah untuk mempertahankan prinsip hidup yang dimiliki. Mengikuti cara ini akan membuat kita lebih bisa mengelak dan mengacuhkan ajakan untuk melanggar prinsip yang dianut. Coba dan terapkan, yuk!

1. Tegas kepada orang lain dan juga diri sendiri

5 Cara Mempertahankan Prinsip Hidup yang Dianut, Harus Tegas!ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Antoni Shkraba)

Pada satu waktu, kita pasti akan bertemu dengan orang yang mungkin mengajak kita untuk melanggar prinsip yang dimiliki. Bahkan, bisa jadi ajakan itu justru muncul dari dalam diri sendiri sehingga yang harus dilakukan adalah berani bersikap tegas.

Tegas yang dimaksud di sini adalah benar-benar mempertahankan prinsip kita. Tegas kepada diri sendiri untuk gak akan melanggarnya dan tegas kepada orang lain agar gak gampang terpengaruh. 

2. Bisa menempatkan diri dengan baik

5 Cara Mempertahankan Prinsip Hidup yang Dianut, Harus Tegas!ilustrasi orang bersemangat (pexels.com/Yan Krukau)

Selanjutnya kita juga perlu untuk memiliki kemampuan dalam menempatkan diri. Jika ada orang yang mengajak kepada hal-hal yang sekiranya melanggar prinsip, segera cari jalan keluar agar kita gak perlu melakukan hal tersebut.

Gak perlu melakukannya dengan ekstrem atau sampai menimbulkan permusuhan, cukup hindari dengan sebaik mungkin dan  dengan cara sehalus mungkin. Prinsip hidup adalah sesuatu yang harus kita pegang sepenuhnya. Kalau bukan kita yang menjaganya, maka gak ada orang lain yang bisa.

Baca Juga: 10 Prinsip Orang Jepang Agar Lebih Bahagia Menjalani Hidup

3. Tahu betul apa yang diinginkan dalam hidup

5 Cara Mempertahankan Prinsip Hidup yang Dianut, Harus Tegas!ilustrasi orang sombong (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk bisa menjaga prinsip, kita juga perlu mengenal diri sendiri dan apa yang kita inginkan dalam hidup. Dengan begini, semua yang kita lakukan untuk menjaganya akan lebih ringan dilakukan. Kita gak terpaksa apalagi merasa bahwa prinsip tersebut gak berguna.

Semakin kita mengenal diri sendiri, semakin kita tahu betapa pentingnya prinsip tersebut. Dengannya, kita bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Berani menolak ajakan orang lain yang bertentangan dengan prinsip kita

5 Cara Mempertahankan Prinsip Hidup yang Dianut, Harus Tegas!ilustrasi orang bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Keberanian untuk menolak adalah sesuatu yang juga harus kita tumbuhkan dalam diri. Gak semua orang berani melakukan hal ini, terutama mereka yang gampang merasa gak enak.

Seolah-olah melakukan penolakan akan membuat orang lain sakit hati dan hubungan yang dimiliki jadi gak akur. Padahal, mengiyakan ajakan orang lain yang bertentangan dengan prinsip justru bisa menyesatkan. Penyesalan pun akan muncul kemudian.

5. Mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif

5 Cara Mempertahankan Prinsip Hidup yang Dianut, Harus Tegas!ilustrasi orang curhat (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Terakhir, agar usaha kita untuk selalu bisa berpegangan dengan prinsip jadi lebih mudah dilakukan, maka ada baiknya mengelilingi diri dengan orang yang positif. Orang-orang yang mungkin juga punya prinsip yang sama dengan kita. Pastinya, mereka gak akan mengajak kita untuk melanggar prinsip.

Lebih mudah bagi kita untuk menjalani hari jika orang-orang di sekitar kita adalah mereka yang satu frekuensi seperti ini. Gak akan ada drama takut menolak atau merasa sungkan karena memang gak ada hal yang harus kita hindari dari mereka.

Memiliki prinsip hidup itu penting banget. Selain membuat hidup kita lebih terarah, ini juga membuat kita mampu meraih tujuan yang dicita-citakan. Masih tetap berpegang dengan prinsipmu sampai saat ini, kan?

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Hindari Hal Negatif dalam Berteman, Punya Prinsip!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya