Comscore Tracker

5 Hal Luar Biasa yang Dirasa Saat Bisa Menerima Kekurangan Diri

Jadi paham caranya menghargai dirimu sendiri!

Manusia gak ada yang sempurna. Semua memiliki kelebihan dan tentunya juga kekurangannya masing-masing. Kalimat yang klise, memang, tapi begitulah faktanya. Kita semua punya kekurangan yang mungkin saat ini masih kita sangkal keberadaannya.

Sayangnya, banyak banget yang masih berada di fase penyangkalan tersebut tanpa mau merangkul dan menerima kekurangan dirinya. Padahal, jika mau berusaha, akan ada banyak hal yang bisa kita rasakan ketika berhasil menerima kekurangan diri. Ini nih lima di antaranya. 

1. Semakin mengenal diri sendiri

5 Hal Luar Biasa yang Dirasa Saat Bisa Menerima Kekurangan Diriilustrasi orang melamun (Pexels.com/Thiago)

Ketika menerima bahwa diri kita memiliki kekurangan, secara otomatis kita akan belajar mengenal diri sendiri secara mendalam. Jika sebelumnya kita tidak tau dan bahkan cenderung menyangkal segala kelemahan yang dipunya, berusaha menerima semuanya membuat kita tau dalam hal apa aja kita ternyata gak memiliki kemampuan yang cukup. 

Misal, kita yang gak bisa memasak, jadi menyadari kelemahan tersebut dan semakin tau kenapa selama ini kita begitu boros karena sering membeli makanan dari luar. Juga, semisal kekurangan kita adalah dalam hal berinteraksi dengan orang lain, kita semakin menyadari kenapa ada rasa gak nyaman jika harus bertemu dengan orang banyak. 

2. Tau caranya memaksimalkan potensi dan menghindari kesalahan

5 Hal Luar Biasa yang Dirasa Saat Bisa Menerima Kekurangan Diriilustrasi orang menjahit (Pexels.com/Ron Lach)

Menerima bahwa ada kekurangan yang dimiliki, membuat kita lebih tau bagian mana yang harus diperbaiki dari diri ini. Bagian mana pula yang perlu kita maksimalkan demi menghindari kesalahan. Sehingga apapun yang kita lakukan jadi bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa tugas tertentu yang melibatkan kekurangan kita pun bisa kita kondisikan sebaik mungkin agar gak membuat hasilnya kacau balau. Menerima kekurangan yang dimiliki memang bikin hidup kita jadi lebih tenang. 

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Mampu Menerima Keadaan, Siap Melangkah ke Depan

3. Menyadari bahwa gak ada yang sempurna di dunia ini

5 Hal Luar Biasa yang Dirasa Saat Bisa Menerima Kekurangan Diriilustrasi orang bahagia (Pexels.com/meijii)

Berhenti menyangkal berbagai kekurangan yang dimiliki membuat kita juga jadi sadar bahwa gak ada yang sempurna di dunia ini. Kita akan tahu bahwa setiap orang, sesempurna apapun mereka, pasti punya kekurangan yang mungkin masih mereka tutupi atau berhasil mereka sembunyikan. Bedanya, kamu justru sudah berdamai dan menerima itu semua sebagai bagian dari dirimu.

Terlepas dari apakah orang lain juga memiliki kekurangan, kamu justru lebih fokus pada kelebihan yang ada. Sehingga, kamu gak merasa sebagai orang yang paling tidak sempurna di dunia ini. 

4. Terhindar dari sifat sombong dan perasaan selalu benar

5 Hal Luar Biasa yang Dirasa Saat Bisa Menerima Kekurangan Diriilustrasi mertua dan menantu (Pexels.com/RODNAE Productions)

Menyadari adanya kekurangan dalam dirimu membuat kamu terhindar dari sifat sombong. Kamu tau bahwa dirimu gak pantas untuk merasa sombong sebab ada banyak orang yang lebih baik dari dirimu dalam segala hal.

Kesombongan juga gak akan membuat kamu terlihat lebih hebat. Perasaan selalu benar juga gak akan menghampirimu lagi. Sebab kamu menyadari bahwa pada beberapa hal, kamu mungkin aja keliru atau salah. 

5. Mengerti caranya mentolerir kekurangan yang dimiliki orang lain

5 Hal Luar Biasa yang Dirasa Saat Bisa Menerima Kekurangan Diriilustrasi mengobrol (pexels.com/Athena)

Kesadaran akan ketidaksempurnaan membuat kita jadi lebih memahami kondisi orang lain. Terutama mereka yang memang memiliki kekurangan dalam hal-hal tertentu. Kita gak mudah menjudge, apalagi menyepelekan kekurangan mereka dan membuat mereka merasa berkecil hati.

Justru, sebisa mungkin kita akan memotivasi mereka. Menyadarkan mereka bahwa pasti ada kelebihan lain yang dianugerahi kepada mereka.

Kekurangan akan selalu jadi bagian dari diri kita. Sebisa mungkin, cobalah untuk mengatasi kekurangan tersebut dan menjadikannya sebagai kelebihan. Namun, jika memang gak memungkinkan, terimalah kehadirannya untuk kemudian membuat kita lebih fokus pada hal lain yang merupakan kelebihan kita. Siap, bestie

Baca Juga: [QUIZ] Ternyata Kekurangan Ini yang Mendominasi Diri Kamu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya