Comscore Tracker

5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diri

Gak semua hal harus kamu handle!

Semua orang punya kewajiban dan haknya masing-masing. Bekerja lalu kemudian mendapatkan imbalan atas pekerjaan yang dilakukan adalah contoh kewajiban dan hak yang paling mudah dipahami.

Namun terkadang kita masih bingung dengan konsep kewajiban dan hak ini. Kita cenderung melewati batas dan melakukan sesuatu yang bukan kewajiban kita. Akibatnya, pada akhirnya kita gak mendapatkan hak yang setara dengan kewajiban yang dilakukan lalu merasa tertekan.

Berikut ini lima daftar sesuatu yang bukan menjadi kewajiban atau tanggung jawab kita namun masih sering kita bebankan pada diri sendiri. Segera sadar, ya!

1. Membuat orang lain bahagia dengan berbagai cara

5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diriilustrasi orang becanda (Pexels.com/Helena Lopes)

Hal pertama yang jelas sekali bukanlah tanggung jawab kita adalah membuat orang lain bahagia. Semua orang punya tanggung jawab atas kebahagiaan masing-masing, jadi kamu tidak perlu merasa wajib melakukannya.

Jangan merepotkan diri sendiri dengan membebankan dirimu atas kebahagiaan orang lain. Jika misalnya ada yang merasa bahagia karena pencapaianmu, maka itu di luar kendalimu dan anggaplah sebagai bentuk bonus belaka. 

2. Selalu ada untuk orang lain yang membutuhkan kehadiranmu

5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diriilustrasi orang curhat (pexels.com/Mental Health America)

Ketika seseorang membutuhkan keberadaanmu, memang sangat baik jika kamu bisa ada untuk mereka. Entah sebagai pendengar dari cerita mereka, jadi penghibur saat mereka terpuruk, dan lainnya. Kamu tentu juga akan merasa lega jika bisa hadir untuk orang terdekatmu.

Namun, bukan berarti itu menjadi semacam kewajiban yang harus kamu penuhi. Jika memang kamu berhalangan atau punya kesibukan lain yang gak bisa ditinggalkan, gak usah memaksakan diri hingga merasa bersalah. 

Baca Juga: 5 Sikap Ini Menunjukkan Kamu Tega Mengabaikan Kebahagiaan Sendiri

3. Selalu bilang iya dan setuju pada siapa aja

5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diriilustrasi teman yang produktif (Pexels.com/Helena Lopes)

Setiap orang bebas berpendapat. Begitupun dirimu dan orang di sekitarmu. Jelas banget bahwa kamu gak harus selalu mengiyakan dan setuju dengan pendapat orang lain. Selain itu, bukan tugasmu pula untuk selalu menurut jika dimintai tolong.

Terlebih jika kamu sendiri punya kepentingan yang harus diutamakan, maka permintaan orang lain gak harus kamu iyakan, lho. Kalau begitu terus, kamu bisa-bisa jadi melupakan urusanmu sendiri dan gampang dimanfaatkan. 

4. Bisa memberikan solusi kepada siapa pun yang bermasalah

5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diriilustrasi orang berdebat (Pexels.com/Alexander Suhorucov)

Menjadi tempat curhat memang kadang membuat kita merasa ikutan bingung. Sebab, kita jadi kepikiran soal solusi yang harus diberikan. Ujung-ujungnya kita jadi tertekan sendiri setiap kali ada yang curhat atau berkeluh kesah.

Padahal, penting banget untuk mengingat bahwa memberi solusi bukanlah kewajiban kita. Jika memang gak bisa memikirkan jalan keluar untuk permasalahan orang lain, katakanlah dengan jujur, yang bersangkutan pasti gak akan keberatan, kok. 

5. Mengubah orang lain menjadi lebih baik

5 Hal yang Bukan Menjadi Tanggung Jawabmu, Gak Usah Memaksakan Diriilustrasi orang minta maaf (Pexels.com/Liza Summer)

Satu hal lain yang sering kita bebankan pada diri sendiri adalah berusaha mengubah orang lain menjadi lebih baik. Seakan-akan kita adalah manusia super yang punya kemampuan untuk memutarbalikkan hati seseorang. Ini akan menjadi tugas berat karena kita gak bisa mengubah orang yang pada dasarnya gak ingin berubah.

Meskipun tujuan kita mulia, mengubah seseorang harus berasal dari keinginan orang tersebut. Kalau gak, perubahan yang dia alami pun gak akan berlangsung lama.

Hidup ini sudah berat dan ada banyak kewajiban yang harus kita lakukan. Gak usah menambah beban dengan memaksakan diri melakukan sesuatu yang bukan menjadi kewajiban kita. Setuju, gak? 

Baca Juga: 10 Contoh Pengingkaran Kewajiban, Wajib Tahu!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya