Comscore Tracker

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hadapi Orang yang Gampang Tersinggung

Jangan sampai salah omong!

Ada banyak banget karakter orang-orang di dunia ini. Tentunya, kita akan bertemu dengan mereka yang entah itu mendekati karakter kita, atau juga beda jauh sama kita. Salah satunya adalah mereka yang gampang tersinggung.

Jadi, jangan sampai kita gak bisa menjaga perasaan orang lain apalagi mereka yang pada dasarnya sudah gampang merasa sakit hati seperti ini. Wajib banget hindari 5 hal berikut saat berhadapan sama mereka yang gampang tersinggung ya! 

1. Bicara blak-blakan dan langsung pada intinya

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hadapi Orang yang Gampang Tersinggungunsplash/Charles Deluvio

Mungkin ada beberapa orang yang lebih suka terbuka dan langsung membicarakan sesuatu secara to the point. Tapi, berbeda halnya dengan mereka yang gampang tersinggung. Kamu dilarang keras melakukan hal ini lho, ya. Yang ada nanti kamu dimusuhin habis-habisan. Gak mau kan? 

2. Menggunakan perumpamaan yang gak tepat

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hadapi Orang yang Gampang Tersinggungunsplash/Priscilla Du Preez

Saat berkomunikasi sama mereka yang gampang tersinggung, hindari juga menggunakan perumpamaan ya. Takutnya, dia salah menangkap maksudmu dan malah jadi memicu pertengkaran. Kalau bisa, bicarakan dengan jelas maksudmu agar dia gak perlu merasa tersinggung. 

3. Langsung ngomong tanpa dipikir terlebih dahulu

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hadapi Orang yang Gampang Tersinggungpexels.com/cottonbro

Kesalahan lain yang sering dilakukan saat berkomunikasi adalah ketika kita bicara tanpa memikirkan apa yang ingin diucapkan terlebih dahulu. Dampaknya, kita akan rentan banget menyesali tindakan tersebut, lho. Meski gak bermaksud menyindir, namun ucapan yang gak dipikir lebih dulu bisa aja mengandung sindiran tanpa kita sadari. 

Baca Juga: Stop Lakukan 5 Hal Ini Agar Orang Lain Gak Tersinggung Terhadapmu

4. Dengan sengaja memancing emosinya

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hadapi Orang yang Gampang Tersinggungpexels/Polina Zimmerman

Sengaja memancing emosi orang yang gampang tersinggung bisa berdampak buruk, lho. Walaupun awalnya hanya untuk bercanda, diam-diam dia akan memendam itu semua dan menganggap bahwa kamu adalah orang yang jahat. Makanya, jangan cari perkara deh sama orang yang seperti ini. 

5. Membahas hal-hal yang bersifat terlalu pribadi

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Hadapi Orang yang Gampang Tersinggungadn.com

Seseorang bisa aja merasa tersinggung ketika kamu membahas hal-hal yang bersifat pribadi. Seperti misalnya urusan pernikahan, keturunan, pekerjaan, bahkan hingga berat badan. Masih banyak kan topik lain yang bisa dibahas ketimbang membicarakan hal-hal yang terlalu personal seperti itu?

Kita gak tahu omongan mana yang bisa menyakiti hati orang lain. Maka dari itu, lebih baik pikirkan matang-matang sebelum bicara. Dan gak usah terlalu kepo sama kehidupan pribadi orang lain. Setuju? 

Baca Juga: 7 Kalimat Pujian yang Justru Bikin Temanmu Tersinggung, Kok Bisa?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya