Comscore Tracker

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Alasan Lebih Baik Diam sebelum Marah

Terkadang, diam itu emas!

Marah adalah situasi di mana seringkali otak kamu gak bekerja selaras dengan isi hati nurani kita. Marah juga bisa menyebabkan seseorang dikendalikan oleh egonya yang terlalu tinggi dan gak ada kesempatan untuk merenungkan dulu akibat yang akan ditimbulkan dari kemarahannya.

Tindakan-tindakan yang kemungkinan akan merugikan diri sendiri juga cenderung terjadi ketika seseorang marah. Sehingga, banyak sekali yang menyarankan kamu untuk lebih mengutamakan diam sebagai cara yang tepat saat emosi kamu sedang membara.

Selain itu, ada beberapa manfaat juga nih yang akan kamu rasakan jika memilih untuk berdiam diri terlebih dahulu ketika marah. 

1. Memberi waktu bagi kamu untuk berpikir

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Alasan Lebih Baik Diam sebelum Marahunsplash/Antonino Vinsalli

Kemarahan yang sulit dikendalikan cenderung membuat kamu bertindak tanpa berpikir. Diam dan menenangkan diri akan memberikan kamu kesempatan untuk merenungkan kembali tindakan apa yang tepat dan kata-kata apa yang lebih pantas untuk diucapkan kepada orang yang terkait dengan kemarahanmu tersebut. Emosi sesaat itu bisa sangat berbahaya, lho.

2. Solusi lebih penting ketimbang marah-marah menghabiskan energi

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Alasan Lebih Baik Diam sebelum Marahunsplash/Ethan Sykes

Kesempatan untuk diam dan merenungkan emosi yang sedang merajai dirimu adalah juga kesempatan untuk mempertimbangkan solusi yang tepat atas permasalahan yang sedang kamu hadapi. Ingat, solusi lebih penting ketimbang marah-marah dan mencurahkan emosimu. 

Baca Juga: Ini 5 Cara Mudah Luapkan Emosi Secara Positif, Jangan Marah-Marah Ya!

3. Memberi waktu bagi yang bersangkutan untuk merenungi kesalahannya

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Alasan Lebih Baik Diam sebelum Marahunsplash/Charlie Foster

Jika kamu sedang marah dengan seseorang, maka menyalurkan emosimu akan terasa melegakan untuk sesaat. Tapi, itu hanya akan membuat dia membencimu dan mungkin mengulangi kesalahan yang sama. Memilih untuk diam dan memberitahukan kekecewaanmu akan membuat dia lebih memikirkan kembali soal kesalahannya.

4. Gak akan membuat kamu menyesal nantinya

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Alasan Lebih Baik Diam sebelum Marahunsplash/Randy Jacob

Yang pasti, dengan lebih memilih diam daripada mencurahkan kemarahanmu tanpa terkontrol, akan membuat kamu terhindar dari penyesalan di kemudian hari.

Emosi yang sedang bergejolak cenderung membuat kamu mengatakan sesuatu yang gak baik dan melakukan tindakan yang bisa merugikan diri kamu sendiri dan juga orang lain.

5. Kamu juga gak akan dicap emosian

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Alasan Lebih Baik Diam sebelum Marahunsplash/Ben White

Gak blak-blakan ketika marah juga membuat kamu terhindar dari predikat pemarah. Kamu yang gak langsung mengomel dan mengamuk ketika marah akan membuat orang melihat perangaimu dengan lebih baik. Karena, hanya orang yang belum dewasalah yang membiarkan emosinya mengambil alih kendali dirinya.

Diam dan merenungi terlebih dahulu semua emosi yang kamu rasakan sebelum mencurahkannya pada orang lain akan memberikan banyak manfaat bagimu.

Meski begitu, tetap berikan teguran jika memang kamu sedang marah atau kecewa pada seseorang. Katakan apa yang membuatmu marah dan kecewa tersebut. Agar yang bersangkutan bisa merenungkan juga kesalahannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Emosi Terbaik Untukmu di Saat Situasi Panas

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You