Comscore Tracker

5 Kerugian jika Sering Memotong Pembicaraan Orang Lain, Nah lho!

#IDNTimesLife Gak sopan dan gak menghargai orang lain!

Dalam melakukan kegiatan apa pun, tentunya ada aturan baik itu tertulis ataupun gak yang harus kita ketahui. Bahkan, ketika kita berinteraksi dengan orang lain. Meski gak ada aturan baku yang benar-benar diberlakukan, namun tetap ada norma-norma yang sudah semestinya gak kita langgar. Salah satunya adalah gak memotong ucapan orang lain.

Pernah gak sih kamu melakukan hal satu ini baik sengaja ataupun gak? Mungkin, dalam beberapa situasi tertentu, kamu merasa tindakan ini bisa dibenarkan. Namun, jika sampai menjadi kebiasaan, maka kamu wajib belajar menghentikannya lho. Terutama karena 5 kerugian berikut akan mengintai kamu yang senang memotong pembicaraan orang lain.

1. Mendapat cap gak sopan

5 Kerugian jika Sering Memotong Pembicaraan Orang Lain, Nah lho!soompi.com

Kamu sendiri pernah gak sih mendapat perlakuan gak menyenangkan ketika kamu bicara ada orang yang memotong ucapanmu? Nah, coba deh diingat-ingat kembali gimana perasaanmu saat itu? Merasa tersinggung? Merasa gak dihargai? Kurang lebih begitu jugalah yang dirasakan orang lain saat kamu melakukan tindakan itu.

Sehingga, cap bahwa kamu adalah orang yang gak sopan akan sangat mungkin menempel padamu jika selalu memotong ucapan orang lain, lho. Gak mau kan?

2. Kamu juga akan dianggap egois

5 Kerugian jika Sering Memotong Pembicaraan Orang Lain, Nah lho!pexels/mentatdgt

Gak memikirkan perasaan orang lain dan hanya mementingkan diri sendiri adalah tanda dari orang yang egois, kan? Setuju gak? Jadi, kalau kamu meneruskan kebiasaan suka memotong ucapan orang lain, maka fix banget kamu juga akan secara otomatis masuk dalam kategori orang yang egois. Mau?

3. Belum lagi, kesalahpahaman bisa aja muncul karena ulahmu ini

5 Kerugian jika Sering Memotong Pembicaraan Orang Lain, Nah lho!unsplash/Etienne Boulanger

Yang pasti, ketika kita memotong ucapan orang lain, maka akan ada informasi yang terputus dan gak kita terima dengan lengkap. Hal ini mungkin banget menimbulkan kesalahpahaman di masa yang akan datang, lho. Ditambah lagi, kamu jadi memunculkan perspektif sendiri soal informasi yang hanya sebagian tersebut.

Baca Juga: 6 Zodiak Penuh Sopan Santun Ini Tahu Banget Cara Menghargai Orang Lain

4. Kamu juga jadi gak bisa melihat segala hal dengan objektif

5 Kerugian jika Sering Memotong Pembicaraan Orang Lain, Nah lho!pexels/Sheep .

Senang memotong ucapan orang lain juga menjadi pertanda lain bahwa kamu hanya mendengar informasi yang ingin kamu dengar aja. Sisanya, segala hal yang menurutmu gak penting akan lebih baik untuk dipotong.

Kalau begini sih, sama aja kamu itu orang yang subjektif. Akan susah bagi kamu untuk berpikir dan mempertimbangkan segala hal dengan objektif, lho.

5. Sudah pasti, siapa pun akan malas ngobrol berlama-lama denganmu

5 Kerugian jika Sering Memotong Pembicaraan Orang Lain, Nah lho!unsplash/Mimi Thian

Kerugian yang paling nyata dampaknya jika kamu tetap mempertahankan kebiasaan buruk satu ini adalah gak ada lagi yang mau berlama-lama ngobrol denganmu. Selain merasa gak dianggap dan gak dihargai, orang yang berinteraksi denganmu juga jadi malas bercerita banyak hal sama kamu jika ucapannya selalu dipotong. Siap-siap deh kalau jumlah temanmu jadi berkurang.

Memotong ucapan orang lain adalah tindakan gak sopan yang menyiratkan keegoisan dalam dirimu. Cobalah untuk menjadi pendengar yang lebih baik dengan menyimak dan  gak semena-mena memotong apa pun yang dibicarakan orang lain. Siap berubah jadi lebih baik, kan?

Baca Juga: 10 Chat Pelamar Kerja Kurang Sopan Santun Ini Bikin Emosi, Hih Gemes!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya