Comscore Tracker

5 Kesalahan dalam Bermedia Sosial yang Membuatmu Dipandang Negatif

Apa yang kamu posting, itulah yang akan kamu tuai!

Media sosial sudah jadi sesuatu yang bisa diakses dan dimiliki semua orang. Termasuk  gampangnya orang saling menilai satu sama lain hanya berdasarkan pada media sosial yang dia miliki. Beberapa orang mungkin gak peduli dengan hal ini, namun bagi sebagian yang lain, penilaian di media sosial cukup penting demi menjaga nama baik yang mereka miliki.

Sebenarnya, ada lima hal yang bisa dihindari agar kita gak dicap negatif di media sosial, lho. Yuk simak poinnya berikut ini.

1. Menyebar kebencian dan atau berita bohong

5 Kesalahan dalam Bermedia Sosial yang Membuatmu Dipandang NegatifPexels.com/CarlosR

Sibuk menghujat orang lain dan bahkan hingga menyebar hoaks adalah sebuah kesalahan fatal di media sosial. Meski kamu nanti menyesal dan sudah menghapus post tersebut, jejak digital gak mudah untuk dihilangkan, lho. Post negatif yang kamu sebarkan akan masih terus ada tanpa kamu sadari.

2. Post sesuatu yang gak bermanfaat bahkan merugikan

5 Kesalahan dalam Bermedia Sosial yang Membuatmu Dipandang Negatifunsplash/@firmbee

Kamu memang punya hak atas media sosial yang kamu miliki, namun bukan berarti kamu bisa sebebas-bebasnya post sesuatu. Hal-hal yang gak bermanfaat mungkin masih bisa dimaafkan, tapi bagaimana dengan hal-hal yang sifatnya merugikan? Entah itu merugikan diri sendiri, ataupun orang lain, keduanya sama-sama gak boleh seenaknya kamu unggah di media sosial.

Gak cuma cap negatif yang akan kamu dapat, kamu juga bisa terjebak dalam masalah besar jika melakukan hal ini, lho.

Baca Juga: Media Sosial Bikin Kamu Insecure? Ingatlah 5 Hal Penting Ini

3. Gak jadi diri sendiri ketika di media sosial

5 Kesalahan dalam Bermedia Sosial yang Membuatmu Dipandang Negatifunsplash/rawpixel

Bukan cuma hal-hal yang merugikan orang lain aja nih yang bisa bikin kamu dicap negatif, kamu juga akan mendapat nyinyiran dari orang sekitar jika di media sosial kamu seringkali jadi orang yang bukan dirimu sendiri. Misalnya, kamu mengunggah barang-barang branded, jalan-jalan dan nongkrong ke tempat mahal, dan lain sebagainya. Padahal, aslinya kamu cuma hidup pas-pasan dan gak seperti apa yang kamu posting tersebut. Siap-siap dihujat ya.

4. Curhat berlebihan dan menyindir orang lain

5 Kesalahan dalam Bermedia Sosial yang Membuatmu Dipandang NegatifPexels.com/energepic.com

Orang yang senang menyindir orang lain dan selalu curhat berlebihan di media sosial juga bukan orang yang akan disukai di media sosial ya. Mungkin kamu merasa hal itu bisa membuat kamu merasa lega, tapi dari situ justru kamu akan terlihat sangat kekanak-kanakan dan egois. Kamu juga bisa dianggap labil lho sama orang-orang.

5. Melakukan berbagai cara hanya agar bisa viral

5 Kesalahan dalam Bermedia Sosial yang Membuatmu Dipandang Negatifunsplash/@socialcut

Ingin viral sih boleh-boleh aja. Tapi harusnya kita bisa dong viral dengan cara yang positif. Bukan malah rela melakukan apa aja demi bisa mencapai puncak ketenaran. Melakukan berbagai cara hingga cara yang aneh dan gak wajar hanya demi bisa viral akan membuat orang-orang memandang negatif kepadamu, lho. Mau?

Bijak dalam bermedia sosial harusnya bisa kita terapkan. Hindari mengunggah sesuatu hanya karena kamu ingin, pikirkan juga baik-baik dampak ke depannya karena jejak digital gak bisa dihapus begitu aja. Setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Menghakimi Orang Lain di Media Sosial

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya