Comscore Tracker

5 Kesalahan dalam Menentukan Target yang Ingin Dicapai, Bikin Gagal!

Jangan sampai keliru dalam melangkah

Untuk menjadi sukses, kita gak hanya memerlukan usaha yang ekstra keras, tapi juga perlu banget membuat tujuan. Kita harus tahu usaha tersebut ingin dibawa ke mana. Dengan begitu, ada gambaran sejauh mana kita ingin melangkah dan apa yang ingin diwujudkan.

Dengan cara ini, kita jadi gak asal dalam berusaha dan gak sembarangan dalam menentukan langkah selanjutnya. Namun, dalam menentukan target pun harus ada yang perlu kita telusuri. Hindari lima kekeliruan berikut agar target bisa tercapai.

1. Gak spesifik dan terlalu umum

5 Kesalahan dalam Menentukan Target yang Ingin Dicapai, Bikin Gagal!ilustrasi orang menulis (pexels.com/Cup of Couple)

Terlalu luas dalam menentukan target adalah kekeliruan pertama yang wajib dihindari. Kita perlu mempersempit target yang diinginkan agar lebih jelas gak kebingungan.

Misal, jika kita ingin membuka usaha di bidang fashion. Pertama, fokus dulu jenis fashion seperti apa yang ingin digeluti, apakah muslimah, atau remaja, atau pria, atau perempuan dewasa, dan lainnya.

Jika masih terlalu luas, kita sendiri akan gamang dan nantinya malah memilih mundur sebelum mencoba. Sebab target yang dibuat belum spesifik dan seolah begitu menyusahkan. 

2. Gak realistis dan terlalu sulit diraih

5 Kesalahan dalam Menentukan Target yang Ingin Dicapai, Bikin Gagal!ilustrasi orang menulis (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Membuat target yang kelewat tinggi dan terlalu sulit diraih juga harus dihindari. Pasalnya, target adalah sesuatu yang kita harusnya yakin bisa memenuhinya. Misal, dalam 1 bulan pertama, kita ingin mendapat berapa pemasukan dari bisnis yang dibuat?

Jangan langsung tiba-tiba menargetkan pemasukan Rp10 juta jika modal pun belum seberapa. Selalu sesuaikan dengan kondisi dan situasi. Dengan begitu, lebih mudah bagi kita untuk meraih target tersebut dan nantinya lebih bisa bersemangat lagi untuk membuat target selanjutnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Punya Target Pencapaian, Berpotensi Cepat Sukses

3. Target gak disertai cara untuk meraihnya

5 Kesalahan dalam Menentukan Target yang Ingin Dicapai, Bikin Gagal!ilustrasi pria melamun (pexels.com/Omar Lopez)

Menentukan target juga harus diiringi dengan cara yang tepat bagaimana kita bisa meraih target tersebut. Jangan cuma membuat tapi gak tahu cara mewujudkannya. Itu sama aja kamu bermain gambling dan gak mau berusaha.

Contohnya, jika kamu menargetkan diri untuk bisa mendapat nilai A di suatu mata kuliah, maka berikan dirimu langkah-langkah yang bisa dilakukan demi tercapainya target tersebut. Seperti misalnya, mengurangi media sosial, membaca materi, mencari dari sumber yang berbeda, sering aktif di kelas, jangan malu bertanya, dan lain sebagainya. 

4. Meniru target orang lain tanpa menyesuaikan dengan kondisimu

5 Kesalahan dalam Menentukan Target yang Ingin Dicapai, Bikin Gagal!ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/@rethaferguson)

Kekeliruan berikutnya yang sering dilakukan juga adalah meniru target orang lain. Ketika si A punya target untuk bisa sukses dalam 1 tahun saat menjadi affiliator di suatu platform, kemudian kita menargetkan diri untuk hal yang serupa. Namun, kita lupa bahwa kita sedang terhalang ujian skripsi yang mana harusnya lebih diutamakan.

Ini berarti kita gak menyesuaikan target yang dibuat dengan kondisi diri. Hanya ikut-ikutan bisa bikin kita tersesat dan gagal mencapai tujuan. 

5. Gak menuliskannya di suatu tempat

5 Kesalahan dalam Menentukan Target yang Ingin Dicapai, Bikin Gagal!ilustrasi orang menulis (pexels.com/energepic.com)

Target yang bisa diwujudkan adalah yang kamu tulis di suatu tempat. Entah itu buku harian, catatan di gadgetmu, kertas yang kemudian kamu tempelkan di dinding kamar, apa pun itu tulislah targetmu agar kamu terus mengingatnya. Setiap kali kamu ingin menyerah, lihatlah kembali catatan itu untuk memotivasi dirimu.

Dengan menuliskannya, kamu juga jadi semakin mengingatnya dalam benakmu dan menarik semesta untuk membantumu mewujudkan target tersebut. Yakinlah bahwa gak ada usahamu yang sia-sia dan target itu pasti bisa diraih.

Dalam menjalani hidup ini, pastikan kita gak melaluinya dengan begitu saja. Harus ada target setiap hari, minggu, bulan, hingga tahun. Agar, hidup lebih terarah dan jalan kesuksesan semakin terbuka lebar. Jangan mau menjadi orang yang biasa-biasa saja, ya. 

Baca Juga: 5 Hal Sering Terjadi Saat Gak Mampu Mencapai Target yang Dikehendaki

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya