Comscore Tracker

Senang Berkompetisi, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Sedang Bersaing

Sainganmu bukan berarti musuhmu, lho!

Persaingan dalam hidup, entah itu di bidang bisnis, akademik, dan lain sebagainya adalah sesuatu yang bisa bersifat baik namun juga bisa mendatangkan keburukan. Semua itu tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jika mampu menjadikan persaingan sebagai cambuk motivasi, maka hidup akan lebih berkembang dan maju.

Tapi, jika kita malah melakukan lima kesalahan berikut, bisa-bisa persaingan yang ada malah menjerumuskan dan merugikan diri sendiri nih.

1. Menganggap sainganmu sebagai musuhmu dan membencinya habis-habisan

Senang Berkompetisi, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Sedang Bersaingcanva.com

Banyak orang yang terjebak dalam perasaan benci berlebihan pada seseorang karena merasa orang tersebut adalah saingannya. Kebencian semacam ini sebenarnya gak diperlukan, lho. Sainganmu justru harus kamu dekati dan kamu jadikan teman agar kamu bisa melihat bagaimana dia meraih kesuksesan seperti saat ini.

2. Terlalu sombong dan merasa diri paling baik dibanding siapapun

Senang Berkompetisi, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Sedang Bersaingunsplash/Brooke Cagle

Saat sedang bersaing, sifat sombong dan tinggi hati juga merupakan sesuatu yang harus kita hilangkan. Terus menerus membiarkan diri merasa sebagai yang paling baik hanya akan membuat kamu enggan berusaha lebih. Ujung-ujungnya, kamu malah jadi tong kosong yang nyaring bunyinya. Duh, gak banget kan?

Baca Juga: 5 Tips Simpel Agar Persahabatan Tetap Solid, Jangan Bersaing, ya!

3. Gak mau mendengar saran yang diberikan orang lain

Senang Berkompetisi, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Sedang Bersaingpexels/cottonbro

Persaingan entah dalam bidang apapun dan dengan siapapun semestinya membuat kita lebih pandai memanfaatkan peluang. Termasuk dalam hal saran yang diterima. Semua saran tersebut bisa kita saring dan kita ambil yang terbaik untuk diterapkan. Jangan malah menolaknya mentah-mentah.

4. Obsesi berlebihan hingga lupa pada hal lain

Senang Berkompetisi, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Sedang Bersaingpexels/ShotPot

Obsesi yang berlebihan dalam melakukan persaingan juga gak dianjurkan. Apalagi jika kamu sampai lupa pada kesehatan diri sendiri dan lupa membagi waktu untuk orang-orang terdekat. Terlalu sibuk dan fokus pada persaingan yang ada hanya akan membuat kamu merugi.

5. Gak menikmati kompetisi yang ada dan menganggapnya sebagai beban

Senang Berkompetisi, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Sedang Bersaingpexels/Andrew Neel

Yang terakhir ini sering banget terjadi nih, yaitu ketika kompetisi yang ada malah jadi beban berat yang bikin kita menderita. Kompetisi atau persaingan yang kita buat itu harusnya bisa kita nikmati dan membuat kita semakin semangat untuk meraih kesuksesan. Bukannya jadi sesuatu yang membuat kita depresi.

Kompetisi akan selalu ada dalam segala aspek kehidupan kita. Dengan siapapun itu, dalam bidang apapun itu, harusnya kita bisa lebih bijak dan menikmati setiap prosesnya. Serta jangan mudah menyerah bahkan sebelum mencoba, ya! Semangat!

Baca Juga: Selalu Inisiatif! 5 Zodiak Ini Paling Siap dalam Menghadapi Kompetisi

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya