Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Seseorang Menyindirmu Lewat Sosial Media

Gak usah balas menyindir!

Sosial media menjadi salah satu wadah paling tepat bagi kita semua untuk membagi keseharian kita pada masyarakat dunia maya. Sayangnya, ada banyak sekali orang yang menyalahgunakan fungsi dari sosial media sendiri. Rasa-rasanya, sudah gak bisa dihitung lagi orang yang suka mengumpat dan mencaci maki orang lain lewat sosial media mereka.

Gak cuma secara kasar, sindiran-sindiran halus yang gak menyebutkan nama orang yang disindir secara terang-terangan, juga sering kali dilakukan beberapa orang di sosial media. Meski begitu, kita biasanya peka banget nih kalau si orang ini tengah menyindir kita. Jika ini sedang terjadi sama kamu, coba deh lakukan lima langkah bijak berikut.

1. Tetap berpikir positif mungkin dia gak menyindir kamu

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Seseorang Menyindirmu Lewat Sosial Mediadramapanda.com

Bagaimanapun juga, orang bijak dan dewasa gak pernah mau saling menyindir lewat dunia maya. Selain jadi konsumsi publik, cara ini juga gak akan bisa menyelesaikan masalah sama sekali. Makanya, daripada kamu kepikiran terus menerus dan merasa kesal sendiri, lebih baik cobalah berpikir positif dan beranggapan bahwa dia gak sedang menyindir kamu.

2. Ajak dia berkomunikasi soal apa yang sebenarnya mengganggunya

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Seseorang Menyindirmu Lewat Sosial Mediaunsplash/Roberto Nickson

Kalau semua sudah terang-terangan mengarah ke kamu, maka jangan sampai kamu merasa terpancing emosi sedikit pun. Ajaklah orang itu berkomunikasi secara langsung tentang apa yang sebenarnya mengganggunya. Komunikasi seperti ini justru menunjukkan kamu lebih bisa mengendalikan diri dibanding orang tersebut. Jadi, tujuannya sama sekali bukan untuk mencari siapa yang menang dan yang kalah, lho ya!

Baca Juga: Meski Gratis, Ini 5 Alasan Tak Semua Hal Perlu Dibagi di Media Sosial

3. Bersimpatilah padanya, mungkin dia perlu perhatian

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Seseorang Menyindirmu Lewat Sosial Mediaunsplash/Trung Thanh

Agar gak gampang terpancing emosi, kamu perlu menanamkan rasa simpati pada orang yang senang mengumbar masalah di sosial media ini. Menyindir mu lewat dunia maya mungkin merupakan cara dia untuk mendapatkan perhatian yang gak pernah didapatnya dari tempat lain. Bisa jadi, itu merupakan satu-satunya hiburan dan cara dia mendapatkan kebahagiaan.

4. Introspeksi diri, mungkin kamu memang melakukan kekeliruan

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Seseorang Menyindirmu Lewat Sosial Mediaunsplash/Antonino Vinsalli

Gak cuma menyalahkan orang lain, kamu juga perlu introspeksi diri ketika ada yang menyindirmu seperti ini. Bentuk teguran seperti ini merupakan pertanda bahwa kamu mungkin melakukan kesalahan yang gak kamu sengaja. Turunkan ego dan lapangkan dada agar orang lain gak lagi merasa kecewa padamu.

Tapi ingat, jangan langsung menyalahkan diri sendiri dan kemudian berpikiran negatif ya, bagaimanapun juga sikap orang itu yang lebih memilih membongkar semuanya di sosial media sudah merupakan hal yang kekanak-kanakan. Kamu tentu bisa lebih dewasa daripada itu.

5. Abaikan aja jika memang sangat mengganggu dan gak bisa ditolerir

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Seseorang Menyindirmu Lewat Sosial Mediaunsplash/Aziz Acharki

Terkadang dalam hidup, memang selalu ada aja orang-orang beracun yang lebih suka melakukan sindiran-sindiran di media sosial. Yang gak beruntung adalah ketika kamu harus berhadapan dengan orang seperti ini secara personal dan memiliki masalah dengannya. Dijamin, cara apa pun gak akan mempan untuk meredam sikapnya yang sudah jadi tabiat buruk tersebut.

Jadi, jika kamu sudah mengusahakan berkomunikasi dan mencari jalan tengah namun dia malah semakin menjadi-jadi, lebih baik kamu mengalah aja. Mengalah dalam hal seperti ini bukan berarti kamu kalah sungguhan kok. Justru kamu lebih unggul karena mampu mengelola emosi lebih baik darinya.

Blokir dan abaikan orang beracun ini di semua akun sosial mediamu. Suatu saat mereka pasti akan menemukan mangsa baru dan jadi bosan berurusan denganmu. Mau mencoba?

Baca Juga: Over-Posting Hubungan di Media Sosial Tanda Tak Bahagia? Ini Kata Ahli

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya