Comscore Tracker

Gak Melulu Buruk, 5 Rasa Iri yang Justru Diperbolehkan

Iri yang bikin kita termotivasi!

Sebenarnya ada beberapa rasa iri yang diperbolehkan, lho. Maksudnya adalah agar rasa iri tersebut bisa memacu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Apa aja sih rasa iri yang boleh bahkan dianjurkan untuk kita rasakan itu? Nih, simak poinnya berikut ini. 

1. Iri pada kegigihan orang lain dalam berusaha

Gak Melulu Buruk, 5 Rasa Iri yang Justru Diperbolehkanilustrasi pasangan (Pexels.com/Tim Douglas)

Yang pertama, kita boleh banget untuk merasa iri pada mereka yang gigih banget dalam hidupnya. Mereka yang memulai usahanya dari nol dan benar-benar pantang menyerah. Orang seperti ini perlu kita contoh. 

Kegigihan mereka pasti akan membuahkan hasil suatu saat nanti. Jadi, kita juga jangan cuma duduk diam berpangku tangan aja. Minimal, kita harus memiliki kegigihan yang sama atau bahkan lebih besar. 

2. Iri pada sifat baik orang lain

Gak Melulu Buruk, 5 Rasa Iri yang Justru Diperbolehkanilustrasi orang berbuat baik (pexels.com/RODNAE Productions)

Iri pada orang yang memiliki kebaikan hati juga perlu dimiliki. Mereka yang tanpa pamrih bisa berbagi bahkan saat dirinya sendiri juga butuh pertolongan. Dengan begini kita akan termotivasi untuk bisa berbuat baik juga pada orang lain. 

Semua kebaikan akan kembali kepada kita dalam bentuk kebaikan yang berbeda. Gak ada kebaikan yang sia-sia. Jadi jangan pernah menghitung kebaikan yang kita lakukan. 

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Rasa Iri Hati atas Keberhasilan Rekan Kerja

3. Iri pada betapa rajinnya seseorang dalam beribadah dan mendekatkan diri pada Tuhan

Gak Melulu Buruk, 5 Rasa Iri yang Justru Diperbolehkanilustrasi orang shalat (Pexels.com/Tima Miroshniche)

Dalam hal ibadah kita juga perlu, lho untuk merasa iri sama mereka yang lebih rajin ibadahnya. Mereka yang sangat taat dan gak pernah mempermainkan agama pasti hidupnya damai banget, kan? 

Apa pun yang mereka lakukan, semua diniatkan untuk ibadah. Dan, mereka juga menghindari berbagai perbuatan buruk yang dilarang agamanya. Iri dengan orang seperti ini akan bikin kita jadi ingin lebih mendekatkan diri pada Tuhan juga. Iya, gak? 

4. Iri pada keberanian yang dipunya orang lain dalam hal kebenaran

Gak Melulu Buruk, 5 Rasa Iri yang Justru Diperbolehkanilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kadang kala, kita punya rasa takut yang terlalu dipelihara bahkan saat harus membela kebenaran. Ketika suatu ketidakadilan terjadi di depan mata, kita mengkhawatirkan terlalu banyak hal sehingga memilih untuk diam aja ketimbang speak up dan menunjukkan ketidaksetujuan atas perbuatan tersebut. 

Nah, buat kita semua yang masih sering begini, yuk tanamkan rasa iri pada mereka yang berani bicara membela sesuatu yang menurut mereka benar. Dengan cara ini, semoga kita bisa mengikuti jejak orang-orang pemberani tersebut. 

5. Iri untuk berkarya dan terus produktif

Gak Melulu Buruk, 5 Rasa Iri yang Justru Diperbolehkanilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Evelina Zhu)

Masih muda tapi sudah gampang lelah dan gak mau bersusah payah? Ini berarti sudah waktunya kita sering-sering melihat ke arah mereka yang, walaupun sudah berumur, tapi tetap semangat untuk berkarya dan terus produktif. 

Kapan bisa maju kalau kita terus menerus mencari jalan pintas demi bisa sukses? Kapan akan sukses kalau baru berusaha sedikit aja tapi kita sudah kangen rebahan? 

Rasa iri memang gak baik, tapi itu berlaku jika kita hanya membiarkan iri tersebut menjadi penyakit hati yang merusak pikiran. Sebaliknya, jika rasa iri mampu kita kelola dan kendalikan agar menjadi motivasi dan pemacu semangat, maka dia akan kita perlukan. Kamu sendiri, sering merasa iri sama orang yang seperti apa? 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Senang Melihat Kesuksesan Orang Lain, Gak Mudah Iri

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya