Comscore Tracker

5 Sebab Seseorang Seringkali Gagal Berdamai dengan Diri Sendiri

Jika mampu berdamai, maka hidup lebih tenang

Berdamai dengan diri sendiri adalah hal yang harus dilakukan agar hidup terasa lebih tenang. Gak cuma itu, memaafkan diri sendiri atas apa yang sudah terjadi membuat kita lebih bisa menatap hari esok dengan bahagia dan perasaan lega.

Seperti ketika kita sudah berdamai dengan teman yang melakukan kesalahan, hubunganmu dengannya tentu lebih akur, kan? Begitu pula ketika kita berbaikan dengan diri sendiri yang sebelumnya mungkin melakukan kesalahan, maka perasaan kita lebih tenang dan menjalani hari-hari pun terasa lebih ringan. 

Sayangnya, proses ini gak selalu mudah dan berhasil. Ini nih lima hal yang jadi penyebabnya. Hindari agar kita mudah berdamai dengan diri sendiri, ya. 

1. Gak bisa menerima kekurangan yang dimiliki

5 Sebab Seseorang Seringkali Gagal Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi orang merenung (pexels.com/Thegiansepillo)

Penyebab pertama adalah kurangnya kemampuan kita dalam menerima kekurangan yang dimiliki. Kita merasa bahwa kekurangan tersebut adalah sesuatu yang harus dimusnahkan, bukan dirangkul dan diterima. Ini menyebabkan beban pikiran kita justru semakin berat, lho. 

Alhasil, kita jadi sering marah dan gak bisa menerima kenyataan. Kekurangan diri menjadi sebuah aib yang ingin kita hilangkan dengan segera. 

2. Terlalu gampang sakit hati atas perlakuan dan ucapan orang lain

5 Sebab Seseorang Seringkali Gagal Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi orang di keramaian (pexels.com/Davide De Giovanni)

Berdamai dengan diri sendiri juga akan lebih berat untuk dilakukan ketika kita terlalu mudah termakan omongan orang lain. Terutama omongan negatif yang berniat menjatuhkan dan menyudutkan kita. Padahal gak seharusnya perkataan semacam ini mempengaruhi pola pikir kita.

Mereka mengatakan hal tersebut tanpa berpikir lebih jauh, lalu kenapa kita harus memikirkan perkataannya? Gak cuma bikin sakit hati, ini juga bisa menghambat proses kita dalam berbenah dan memperbaiki diri. 

Baca Juga: 5 Cara Bersahabat dengan Emosi Negatif, Auto Berdamai

3. Sering menyalahkan diri sendiri dengan berlebihan

5 Sebab Seseorang Seringkali Gagal Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi orang merenung (pexels.com/Iset)

Gak cuma orang lain, diri sendiri justru seringkali menjadi penyebab utama kenapa proses berbaikan ini menjadi lebih rumit untuk dilakukan. Kita cenderung mudah menyalahkan diri sendiri dengan berlebihan. Ini bisa berdampak pada perlakuan kita terhadap diri sendiri, lho. 

Ketika terlalu menyalahkan diri sendiri, kita justru menutup mata pada solusi yang mungkin ada. Kita malah semakin terpuruk dengan perasaan bersalah dan gak bisa move on dari suatu kejadian pahit tersebut. 

4. Belum sepenuhnya menerima masa lalu

5 Sebab Seseorang Seringkali Gagal Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi orang merenung (pexels.com/Ibadah Mimpi)

Belum bisa menerima masa lalu atau kejadian buruk yang menimpa juga menyebabkan kita kesusahan dalam berdamai dengan diri sendiri. Kita jadi lebih suka melamun dan berandai-andai andai semua gak terjadi dengan cara demikian. Bukannya mampu menatap masa depan, dengan bersikap seperti ini kita hanya akan terus hidup di masa lalu. 

Berbagai penyesalan selayaknya mampu membuat kita lebih bersemangat untuk menjadi lebih baik. Bukan malah diam di tempat dan gak melakukan apapun atau justru terpuruk semakin dalam. 

5. Masih suka memberi label negatif ke diri sendiri

5 Sebab Seseorang Seringkali Gagal Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi pria melamun (pexels.com/Omar Lopez)

Seseorang yang telah berdamai dengan teman yang bersikap buruk, pasti akan berhenti melakukan tindakan gak menyenangkan ke teman tersebut, kan? Itulah yang harusnya kita lakukan pula ke diri sendiri. Jangan sampai kita terus membiasakan diri untuk memberi label negatif. 

Melabeli diri sendiri dengan cara yang negatif hanya akan membuat kita percaya pada label tersebut dan malah melekatkannya ke diri sendiri. Semakin lama itu bisa menjadi nyata dan susah untuk diperbaiki, lho. 

Seharusnya, kita mampu berdamai dengan diri sendiri sebelum berdamai dengan siapapun. Sebab yang selalu ada untuk kita kapanpun dan dimanapun adalah memang hanya diri kita sendiri. Hindari melakukan lima hal di atas agar proses berdamai ini mampu kita lakukan dengan mudah, ya. 

Baca Juga: 5 Sisi Positif saat Kamu Mampu Berdamai dengan Ketidaknyamanan Hidup

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya