Comscore Tracker

5 Tanda Caramu Memecahkan Masalah Sudah Mulai Lebih Dewasa

Bukan lagi soal diri sendiri

Dewasa bukan soal usia. Gak sedikit orang yang sudah berumur tapi masih bersikap dan berpikir seperti anak-anak, pun banyak pula mereka yang masih muda namun sudah bisa bertindak seperti orang dewasa. Gak cuma soal tindakan aja, pola pikir kita juga bisa menunjukkan seberapa dewasa kita saat ini.

 Salah satu bentuk berpikir yang sangat kentara soal kedewasaan seseorang adalah caranya memecahkan masalah. Apakah kamu adalah orang yang dewasa saat memecahkan masalah? Yuk cari tahu lewat lima poin berikut. 

1. Gak terburu-buru dan diserang kepanikan

5 Tanda Caramu Memecahkan Masalah Sudah Mulai Lebih Dewasailustrasi wanita sendirian (Pexels.com/Rio Kuncoro)

Sudah sering menghadapi berbagai permasalahan hidup bisa membuat seseorang gak gampang diserang kepanikan saat lagi-lagi harus menyelesaikan suatu masalah. Ini menunjukkan kedewasaan dan pengalaman yang cukup banyak yang pernah dialami orang tersebut dalam hidupnya. Jadi, ketika masalah datang dia bisa tetap tenang. 

Ketenangan semacam ini justru membuat dia mampu berpikir dengan lebih logis dan memecahkan masalah dengan lebih mudah. Berbeda halnya jika malah panik dan tergesa-gesa, bukannya menyelesaikan masalah justru yang terjadi adalah muncul masalah baru. 

2. Sudah berusaha melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang

5 Tanda Caramu Memecahkan Masalah Sudah Mulai Lebih Dewasailustrasi orang berpikir (Pexels.com/Ana Ferreira)

Ketika masalah datang, orang yang dewasa secara pola pikir pasti akan berusaha melihat semuanya dari berbagai sudut pandang. Gak cuma sekadar menilai secara sepihak dan kemudian mengambil keputusan dengan mudahnya. Namun sudut pandang yang berbeda justru diperlukan demi menghindari kesalahan dan masalah baru yang mungkin muncul. 

Kedewasaan berpikir semacam ini hanya akan dimiliki oleh mereka yang tau betul bahwa masalah gak selalu disebabkan oleh satu hal aja. Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut datang dan ada banyak opsi pula untuk memecahkan masalah tersebut. 

Baca Juga: 5 Efek Buruk jika Kamu Mengambil Keputusan saat Emosi Belum Stabil

3. Berhenti mencari siapa yang salah dan fokus pada solusi

5 Tanda Caramu Memecahkan Masalah Sudah Mulai Lebih Dewasailustrasi orang bekerja (Pexels.com/Alena Darmel)

Kedewasaan dalam menghadapi masalah juga ditunjukkan dengan minimnya tindakan untuk mencari siapa yang salah. Alih-alih fokus pada hal yang gak penting seperti ini, orang yang dewasa dalam pola pikir pasti lebih mengutamakan mencari solusi yang paling tepat. Sebab terus saling tunjuk soal siapa yang salah hanya membuang waktu yang berharga.

Lagi pula, setelah berhasil menemukan siapa yang salah, belum tentu masalah tersebut bisa langsung selesai, kan? Jadi, lebih baik belajar dari kesalahan tersebut dan maju ke depan untuk memperbaikinya. 

4. Mencari solusi yang terbaik bagi semua orang dan gak hanya menguntungkan diri sendiri

5 Tanda Caramu Memecahkan Masalah Sudah Mulai Lebih Dewasailustrasi orang merenung (Pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Perbedaan yang paling signifikan dari mereka yang sudah dewasa dalam pola pikir adalah ketika mencari solusi, mereka gak lagi memikirkan diri sendiri. Ada orang lain yang juga mereka pertimbangkan. Agar keputusan apa pun yang diambil gak merugikan banyak orang.

Solusi tersebut benar-benar dipikirkan matang-matang dan gak berpusat pada dirinya sendiri aja. Orang yang pola pikirnya sudah dewasa gak pernah menganggap sebuah masalah sebagai kesempatan untuk meraih keuntungan bagi diri sendiri. 

5. Gak ragu meminta pendapat orang lain jika memang diperlukan

5 Tanda Caramu Memecahkan Masalah Sudah Mulai Lebih Dewasailustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Meminta pendapat bukanlah hal yang memalukan, justru ini menjadi pertanda bahwa kita siap dengan saran dan masukan dari orang lain. Hanya orang yang sudah dewasa aja, lho yang gak segan meminta pendapat orang lain ketika ditimpa masalah. Mereka yang sok bijak dan sok dewasa biasanya akan berpura-pura sanggup menyelesaikan semuanya sendirian dan malah terjebak dalam masalah yang lebih rumit.

Makanya gak usah memaksakan diri jika memang merasa gak sanggup menanggung beban masalah sendirian. Kamu punya orang terdekat yang bisa diandalkan dan bisa didengar pendapatnya.

Penting banget untuk memiliki kedewasaan dalam pola pikir terutama ketika menghadapi suatu masalah. Sebab, kita jadi gak gampang panik atau melakukan kesalahan lain yang malah menjebak diri sendiri. Dari kelima tanda di atas, apakah kamu sudah memiliki salah satunya? 

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Keadaan Setelah Mengambil Keputusan yang Salah

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya