Comscore Tracker

Jangan Sampai Begini, 5 Tanda Orang yang Rawan Mengalami Kegagalan!

#IDNTimesLife Hilangkan rasa malas, yuk!

Salah satu ketakutan yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang di dunia ini adalah kegagalan. Baik itu gagal dalam berbisnis, berusaha, berumah tangga, hingga kegagalan-kegagalan lainnya. Gak ada satu pun orang yang ingin mengalami proses kegagalan ini. Makanya, gagal merupakan salah satu momok yang dihindari banyak orang.

Namun, pada kenyataannya, banyak juga orang-orang yang lebih senang membiarkan dirinya terjebak dalam kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang gagal. Sehingga, jangan heran kalau pada akhirnya kegagalan itu benar-benar terjadi dalam hidup mereka. 

Gimana sih tanda orang-orang yang rentan mengalami kegagalan itu? Ini nih lima di antaranya. Usahakan agar kamu gak begini ya. 

1. Selalu bertindak tanpa berpikir

Jangan Sampai Begini, 5 Tanda Orang yang Rawan Mengalami Kegagalan!pexels/Karolina Grabowska

Mengambil tindakan memang bagus banget. Namun, bertindak tanpa berpikir panjang adalah sebuah kecerobohan yang gak semestinya dilakukan oleh orang yang ingin sukses. Bertindak secara sembarangan hanya akan membuat kita semakin mudah mengalami kegagalan. Karena, gak ada perencanaan yang jelas soal tindakan yang dilakukan. 

2. Gak mengenal dirinya sendiri dengan baik

Jangan Sampai Begini, 5 Tanda Orang yang Rawan Mengalami Kegagalan!pexels/Andrea Piacquadio

Orang yang rentan gagal berikutnya adalah mereka yang gak berusaha untuk mengenali dirinya dengan baik. Orang semacam ini biasanya hanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dilakukan orang lain. Dengan kata lain, mereka hanya melangkah mengikuti jalan setapak yang sudah tersedia tanpa peduli apakah dirinya sendiri cocok atau sesuai dengan jalan tersebut.

Padahal, apa yang dilakukan orang lain, belum tentu bisa sesuai dengan kita baik secara style, pilihan yang diambil, batasan yang ada, dan lain sebagainya. Meski sulit, membuat jalan sendiri yang disesuaikan dengan kemampuan diri tentu akan membuat kita lebih dekat dengan kesuksesan. 

3. Selalu menunda dan memelihara rasa malas

Jangan Sampai Begini, 5 Tanda Orang yang Rawan Mengalami Kegagalan!pexels/Andrea Piacquadio

Selanjutnya, kita semua pasti sudah tahu bahwa pangkal dari kegagalan adalah rasa malas. Malas belajar, malas mencoba, malas keluar dari zona nyaman, dan berbagai kemalasan lainnya akan menjadi bumerang yang menjebak kita pada kegagalan.

Jangan sampai tanda satu ini ada pada kita ya, guys. Bangkitlah dan berhenti membuat alasan untuk menunda dan bermalas-malasan. 

Baca Juga: Kamu Akan Rentan Menderita Kegagalan jika Masih Melakukan 5 Hal Ini

4. Pesimis dan mudah termakan omongan orang lain

Jangan Sampai Begini, 5 Tanda Orang yang Rawan Mengalami Kegagalan!pexels.com/Ketut Subiyanto

Apa pun yang berusaha kita lakukan, akan selalu ada orang yang mencoba menjatuhkan dengan berbagai kalimat negatif. Entah itu secara terang-terangan atau menghasut diam-diam di belakang. Orang yang rentan gagal adalah mereka yang memiliki jiwa pesimis dan membiarkan dirinya termakan omongan semacam ini. Hayo, kamu gak begini kan?

5. Takut dan penuh keragu-raguan

Jangan Sampai Begini, 5 Tanda Orang yang Rawan Mengalami Kegagalan!pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Selanjutnya, tanda lain dari orang yang gagal adalah mereka yang selalu dipenuhi rasa takut dan keragu-raguan dalam hatinya. Kalau dirinya sendiri sudah gak percaya diri, bagaimana bisa orang lain meningkatkan kepercayaan dirinya. Saran dan masukan sehebat apapun gak akan bisa membuat dia meraih kesuksesan.

Tanda orang gagal di atas bisa banget kita hilangkan dari dalam diri jika kita percaya. Yang terpenting adalah tentang bagaimana kita mengubah mindset dan kebiasaan agar yang datang bukanlah kegagalan melainkan kesuksesan. Karena, siapa sih yang ingin gagal dalam hidup ini? Gak ada kan?

Baca Juga: Gak Harus Memaksakan, 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menerima Kegagalan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya