Comscore Tracker

5 Tips Jalani Hidup Bebas Drama, Mental Jadi Sehat deh!

Kelilingi dirimu dengan orang-orang berkualitas

Kesehatan mental menjadi salah satu topik yang sedang hangat dibicarakan. Meningkatnya kesadaran banyak orang akan kesehatan mental membuat kita semua lebih berhati-hati dalam bersikap dan memilih jalan hidup serta membuang hal-hal buruk.

Kehidupan yang singkat ini gak perlu diisi dengan episode penuh drama yang hanya akan menguras emosi. Setiap orang punya caranya sendiri dalam menghadapi hari agar selalu berada pada situasi tenang tanpa banyak drama menyertai. 

Hidup tanpa adanya drama memang tidak mungkin, namun berusaha menghindarinya tentu bisa dilakukan. Umumnya, lima cara berikut bisa dicoba untuk hidup bebas dari drama, sehingga kesehatan mentalmu terjaga baik.

1. Memaafkan orang lain tanpa adanya dendam

5 Tips Jalani Hidup Bebas Drama, Mental Jadi Sehat deh!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/laura tancredi)

Namanya hidup bersosial tentu akan ada kejadian gak menyenangkan yang harus dihadapi. Saat orang lain melakukan kesalahan, tugas kita memaafkan dan merelakan hal tersebut. Mengingat kejadian pahit dengan dendam hanya akan melukai diri.

Ingat, semua itu sudah berlalu dan kamu gak bisa kembali ke masa itu untuk menghindarinya. Jadikan kejadian tersebut sebagai bagian dari perjalanan hidup dan pengalaman berharga untuk membentuk kepribadianmu ke depannya. 

2. Tidak menaruh ekspektasi pada orang lain

5 Tips Jalani Hidup Bebas Drama, Mental Jadi Sehat deh!ilustrasi orang menggambar (Pexels.com/Anthony Shkraba)

Salah satu sebab munculnya rasa kecewa, kesedihan, amarah, dan berbagai emosi negatif lainnya adalah karena ekspektasi. Terlebih jika kamu dengan mudahnya berekspektasi pada orang lain.

Ini akan jadi cara paling cepat untuk memulai drama dalam hidup kita. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menghindari berekspektasi secara berlebihan dalam bentuk apa pun kepada orang lain. Dengan begitu, saat dikecewakan, kamu gak terlalu terpuruk.

3. Fokus pada diri sendiri

5 Tips Jalani Hidup Bebas Drama, Mental Jadi Sehat deh!ilustrasi orang bercermin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebaik apa pun kamu menjalani hidup, akan selalu ada komentar miring yang didapat. Sebab, memang pada hakikatnya manusia mudah menilai kekurangan orang lain, namun gak bisa melihat pada diri sendiri.

Jadi, biar gak gampang bersedih, ada baiknya untuk mengabaikan pendapat orang lain tentangmu. Fokuslah pada diri sendiri dan cara untuk meningkatkan kualitas diri. Dengan begini, kamu semakin terhindar dari rasa baper dan drama gak penting. 

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Diri Sendiri Dalam Kehidupan, Bikin Bahagia!

4. Menjauhkan diri dari lingkungan toksik

5 Tips Jalani Hidup Bebas Drama, Mental Jadi Sehat deh!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Anastasia Suraeva)

Lingkungan toksik atau beracun yang dipenuhi dengan orang berenergi negatif juga harus dihindari jika ingin hidup bebas drama. Pasalnya, orang toksik selalu bisa mengubah situasi menjadi gak menyenangkan.

Gak peduli seberapa bahagianya kamu saat ini, jika sudah berinteraksi dengan orang seperti itu, dijamin harimu akan tiba-tiba berubah suram. Kamu pantas mendapatkan hidup lebih tenang dengan terhindar dalam lingkungan beracun. 

5. Sering berpikiran positif dan bersyukur

5 Tips Jalani Hidup Bebas Drama, Mental Jadi Sehat deh!ilustrasi orang membaca (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Ini berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menjadikan dirimu lebih bahagia. Sehingga, berbagai drama yang terjadi bisa kamu abaikan.

Sematkan pula rasa syukur pada diri. Bersyukur atas apa yang terjadi dan kamu miliki saat ini bisa menambah pikiran positif, lho. Dengan begitu, drama dalam kehidupan bisa kamu hempaskan. 

Hidup itu rumit, ada banyak lika-liku dan perjuangan yang harus terus kamu usahakan dari hari ke hari. Membuat rumit kehidupan dengan menambahkan drama di dalamnya hanya akan bikin mentalmu gak sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Art Therapy, Cara Unik Tingkatkan Kesehatan Mental  

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya