Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Afternoon Slump, Dijamin Produktif Seharian!

Gak ada lagi rasa suntuk di siang hari

Siang hari seharusnya menjadi waktu yang produktif. Namun, pernahkah kamu merasa kelelahan, suntuk, dan tidak bersemangat di siang hari? Padahal, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tetapi tubuh inginnya rebahan saja. Kalau kamu merasakannya, mungkin kamu sedang mengalami afternoon slump.

Afternoon slump adalah kondisi kamu mengalami penurunan energi dan produktivitas di siang hari, terutama setelah jam makan siang. Saat mengalami afternoon slump, kamu merasa lelah, pegal, mengantuk, dan moody. Kondisi ini memang bukan penyakit berbahaya, tapi bisa mengganggu kinerja dan produktivitas.

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat bisa menjadi penyebab utama afternoon slump. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini tentunya akan merugikan kamu. Namun, tenang saja, kamu bisa menghindari afternoon slump dengan menerapkan sederet cara berikut ini, nih!

1. Cari suasana kerja baru

5 Cara Mengatasi Afternoon Slump, Dijamin Produktif Seharian!ilustrasi bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Kerja di kantor atau di rumah bikin kamu bosan? Coba cari suasana baru dengan bekerja di co-working space atau kafe favoritmu. Biasanya, kamu akan merasa segar dan kembali bersemangat saat berada di suasana kerja yang baru.

Kalau kamu diharuskan bekerja di kantor, manfaatkan sedikit waktu jam makan siangmu untuk berjalan-jalan sebentar. Supaya tetap semangat, kamu harus sering-sering bergerak. Maka dari itu, lakukan sedikit peregangan agar tubuhmu tidak kaku.

2. Makan siang dengan porsi secukupnya

5 Cara Mengatasi Afternoon Slump, Dijamin Produktif Seharian!ilustrasi makan siang (pexels.com/Maria Orlova)

Makan siang  diperlukan agar kamu memiliki energi untuk berkegiatan seharian. Namun, porsinya juga harus diatur dan tidak boleh sembarangan. Makan siang terlalu banyak juga tidak baik untukmu karena nantinya akan membuat perut kembung dan terasa begah.

Hindari makan karbohidrat berlebihan. Perhatikan kombinasi lauk agar kebutuhan protein juga terpenuhi. Kalau biasa minum kopi agar tetap terjaga, kamu bisa menggantinya dengan teh hangat atau air putih.

3. Ubah pola makan dan tidurmu

5 Cara Mengatasi Afternoon Slump, Dijamin Produktif Seharian!ilustrasi hidup sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Makan sehat saat siang hari memang berpengaruh untuk menghindari afternoon slump. Namun, kamu juga harus memperhatikan pola makanmu sehari-hari. Bukan hanya saat makan siang saja, tetapi juga saat sarapan, makan malam, dan ngemil.

Selain itu, pola tidur yang berantakan juga bisa menyebabkan kamu kelelahan di siang hari, lho. Sebaiknya, selesaikan seluruh pekerjaan di siang hari, agar kamu bisa memiliki waktu tidur yang cukup, sekitar 6-7 jam sehari.

Baca Juga: 5 Cara Bekerja Lebih Cerdas untuk Tingkatkan Produktivitas

4. Cobalah untuk lebih sering berolahraga

5 Cara Mengatasi Afternoon Slump, Dijamin Produktif Seharian!ilustrasi olahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan sepelekan manfaat rutin berolahraga. Selain membuat tubuhmu lebih sehat, olahraga rutin juga bisa mengubah cara pandangmu dalam menjaga kesehatan. Kamu jadi lebih mengerti kalau memiliki tubuh yang sehat itu memerlukan banyak usaha, sehingga kamu akan berusaha menjaga pola makanmu.

Tidak perlu repot pergi ke gym, kamu bisa lari pagi sebentar sebelum berangkat ke kantor. Manfaatkan akhir pekan untuk meditasi atau yoga di rumah. Kalau kamu punya budget lebih, tidak ada salahnya gabung membership gym agar jadwal olahragamu lebih teratur.

5. Mulai konsumsi vitamin

5 Cara Mengatasi Afternoon Slump, Dijamin Produktif Seharian!ilustrasi vitamin (pexels.com/Jellybee)

Konsumsi vitamin sering dianggap tidak penting. Harganya yang mahal sering menjadi pertimbangan. Padahal, vitamin memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah penyakit, dan menjaga nafsu makan.

Namun, vitamin juga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Maka dari itu, carilah vitamin yang benar-benar cocok untukmu. Ketahui juga bahwa setiap orang memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda-beda. Jangan malas untuk mencari informasi dan membaca label kemasan produk, ya!

Kamu gak mau kalau hasil kerjamu jadi jelek karena kurang fokus, kan? Maka dari itu, mulai terpakan tips-tips di atas. Tidak hanya berguna untuk pekerja kantoran saja, tetapi juga bisa diterapkan oleh mahasiswa atau pelajar dengan jadwal dan tugas menumpuk.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Cukup Tidur Menambah Produktivitas

Delweys Octoria Photo Verified Writer Delweys Octoria

Hi, bestie! Have a great day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya