Comscore Tracker

Ketika Bencana Alam, 5 Sikap Orang Jepang Ini Perlu Kamu Tiru!

#GoodLife Sikap tenang itu justru sangat diperlukan

Jepang adalah salah satu negeri yang sering dilanda bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan angin topan. Namun, hal itu tidak menghalangi orang Jepang kehilangan jati dirinya, buktiknya mereka tetap bisa maju seperti sekarang. Kok bisa ya? Berikut adalah sikap dari masyarakat Jepang yang bisa menjadi inspirasi ketika dilanda bencana alam.

1. Tetap tertib

Ketika Bencana Alam, 5 Sikap Orang Jepang Ini Perlu Kamu Tiru!telegraph.co.uk

Salah satu budaya di Jepang yang terkenal adalah tertib, hal ini terlihat dari hal-hal sederhana seperti tertib mengantri hingga tertib berkendara. Hebatnya, kebiasaan ini tetap dilakukan meski sedang ada bencana sekalipun. Mereka tahu kalau bertindak semena-mena justru akan semakin membahayakan diri mereka sendiri dan orang lain.

Hampir tidak ada kericuhan saat pembagian makanan di tempat pengungsian, hal ini sangat membantu mempercepat segala hal dan meningkatkan solidaritas bagi masing-masing pengungsi. 

2. Tidak egois

Ketika Bencana Alam, 5 Sikap Orang Jepang Ini Perlu Kamu Tiru!www.columbian.com

Meski sedang mengalami bencana, hal ini tidak menjadi alasan untuk mereka menjarah toko-toko. Mereka bahkan saling bahu-membahu membantu orang lain yang lebih membutuhkan. Seperti memberikan makanan lebih untuk ibu hamil, mengantri dan membayar di supermarket, dan tindakan membanggakan lainnya.

Baca Juga: 7 Pelajaran Hidup Sederhana Ini Bisa Kita Petik dari Film-film Pixar

3. Tidak melebih-lebihkan keadaan

Ketika Bencana Alam, 5 Sikap Orang Jepang Ini Perlu Kamu Tiru!www.mercatornet.com

Saat terjadi di bencana, hampir tidak ada media massa yang melebih-lebihkan kondisi bencana seperti membuat video klip berisikan tangisan ataupun komentar yang menyalahkan pemerintah. Justru, media lebih banyak diisi dengan tips seputar mengatasi bencana, peringatan pemerintah, nomor telepon call center, hingga update terkini kondisi bencana.

4. Bertindak efisien dan gesit

Ketika Bencana Alam, 5 Sikap Orang Jepang Ini Perlu Kamu Tiru!news.bbc.co.uk

Ketika bencana terjadi, masyarakat Jepang tidak akan lagi bingung dengan apa yang harus karena mereka sudah tahu. Mereka akan membawa barang berharga seefisien dan secepat mungkin menuju tempat evakuasi. Alhasil, korban jiwa pun bisa diminimalisir dan evakuasi bisa segera dilakukan dengan baik.

5. Selalu siap

Ketika Bencana Alam, 5 Sikap Orang Jepang Ini Perlu Kamu Tiru!dailymail.co.uk

Rahasia masyarakat Jepang dalam mengatasi bencana adalah karena mereka selalu siap menghadapi bencana. Mereka sudah memperoleh pelatihan mengatasi bencana sejak kecil dan terus dilakukan meski sudah dewasa sekalipun. Hal ini membantu mereka mengetahui tindakan-tindakan yang diperlukan ketika bencana terjadi. Alhasil, kepanikan pun tidak terjadi dan proses evakuasi menjadi lebih lancar.

Jadi, itu adalah lima sikap yang patut kita tiru dari orang Jepang saat terjadi bencana alam. Bayangkan jika semua orang Indonesia seperti itu, keharmonisan dan tali persaudaraan pastinya akan semakin erat meski sedang terkenan bencana.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Soichiro Honda, Pantang Menyerah Wujudkan Impian

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You