Comscore Tracker

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri Sendiri

Mulai dari diri sendiri, yuk!

Bumi semakin tua, dan itu fakta. Namun yang lebih mengkhawatirkan, bumi juga sedang tidak baik-baik saja. Tanpa kita sadari, beberapa bencana alam yang terjadi belakangan ini, bisa jadi adalah efek bumerang dari segala aktivitas manusia.

Sebagai bagian dari penghuni bumi, rasanya wajar jika kita ikut andil dalam prospek masa depan yang lebih baik untuk planet tercinta ini. Akan menyenangkan ketika kita melakukan hal-hal yang baik untuk tubuh sendiri, namun juga memberikan efek yang sama pada bumi dan lingkungan.

Bahkan Haemin Sunim pernah berkata, "hanya ketika Anda lebih baik pada diri sendiri, Anda bisa lebih baik kepada dunia." Berikut tujuh langkah elegan untuk mulai mencintai bumi dan diri sendiri. Yuk, mulai terapkan!

1. Saatnya membuka wawasan dan mencari tahu keadaan bumi kita sekarang

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri SendiriIlustrasi membaca artikel (pixabay.com/Karolina Grabowska)

Tayangan atau artikel infotainment memang kerap diburu ketika kita ingin melepaskan penat, selepas seharian melakukan berbagai aktivitas. Namun, tak ada salahnya jika sesekali mengganti kebiasaan tersebut dengan membaca beberapa artikel berita mengenai isu lingkungan.

Semata demi menumbuhkan empati dalam diri terhadap kondisi bumi saat ini. Kesadaran bahwa bumi membutuhkan langkah-langkah pasti kamu untuk perubahan ke arah lebih baik. Tentang bagaimana kamu bisa turut berkontribusi dalam melestarikannya.

2. Memulai kebiasaan baik dari diri sendiri meski terlihat kecil dan sepele

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri SendiriIlustrasi mengumpulkan sampah (pixabay.com/Anastasia Gepp)

Salah satu hal mendasar yang bisa kamu lakukan untuk lingkungan adalah dengan membiasakan, atau mungkin 'memperbaiki' hal-hal kecil, yang kemudian memberikan dampak besar tak terduga.

Misalnya, saat kamu menyimpan sampah milikmu di sudut tertentu dalam tas, alih-alih membuangnya di sembarang tempat. Atau sesederhana kamu membiasakan mematikan seluruh lampu ruangan yang tak terpakai, meminimalisir pemakaian air, atau memilah sampah sebelum membuangnya.

Stop menunggu orang lain! Karena kamu punya andil besar untuk memulainya terlebih dahulu, kok. Karena meski kecil, kebiasaan-kebiasaan ini turut memberikan dampak baik untuk bumi kita.

3. Sebisa mungkin kurangi aktivitas yang dapat menambahkan tingkat polusi

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri SendiriIlustrasi seseorang sedang bersepeda (pexels.com/Samson Katt)

Yuk, renungkan kembali beberapa rutinitas yang kamu lakukan selama ini, yang tanpa sadar mungkin telah berpengaruh terhadap lingkungan. Masih belum terlambat untuk mengurangi aktivitas tersebut, lho.

Misalnya, ketimbang menyumbang polusi udara ketika berangkat ke sekolah, ke kampus, ke kantor atau ke mana pun dengan kendaraan pribadi, memilih kendaraan umum menjadi opsi yang lebih bijak. Di samping lebih irit pengeluaran untuk bahan bakar, kamu juga menahan pelepasan emisi gas buang kendaraan milikmu ke udara, lho.

Atau, kamu bisa memilih sepeda sebagai alat transportasi favorit. Di samping turut menjaga lingkungan, sudah jadi rahasia umum kalau bersepeda juga bisa menyehatkan tubuh. Asalkan, tetap mematuhi protokol keselamatan, ya!

Baca Juga: #GreenBeauty Benahi Krisis Iklim, Ini 7 Upaya Kurangi Jejak Karbon

4. Merawat diri dengan makanan dan minuman yang sehat, serta produk 'self-care' yang tepat

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri SendiriIlustrasi perawatan diri (pexels.com/Anna Shvets)

Godaan dari makanan cepat saji memang selalu sukses membuat lidah dan perut lupa diri. Akan tetapi, kesadaran akan efek jangka panjang yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, bisa membantumu berhenti. Lalu mulailah beralih dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Di samping itu, kamu juga harus memilih produk 'self-care' yang tepat. Tak usah bingung, kamu bisa memilih Garnier sebagai solusi dari permasalahan apa pun jenis kulit kamu. Tenang, rangkaian produk Garnier bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau.

Yang paling keren, Garnier juga menjadi salah satu brand yang peduli terhadap lingkungan, lho. Pasalnya, #GarnierxIDNTimes tengah menyerukan kampanye #GarnierGreenBeauty yang berkomitmen pada siklus produksi yang ramah lingkungan. Penasaran? Langsung saja mampir ke https://www.garnier.co.id/green-beauty untuk info lengkapnya.

5.Mulai menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan 

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri SendiriIlustrasi seseorang memegang keranjang belanja (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kita semua sadar bahwa saat ini sampah plastik menjadi musuh besar bagi kebersihan dan kelestarian bumi. Sejalan dengan hal tersebut, tak dimungkiri kalau generasi milenial perlahan telah menciptakan gaya hidup kekinian yang lebih sadar lingkungan.

Buktinya, telah banyak barang-barang familiar dalam kehidupan sehari-hari yang kini mudah di-recycle atau bahkan reusable. Tentunya ada kebanggaan tersendiri walau kamu harus sedikit repot membawa barang-barang reusable seperti kantung belanja berbahan kain, tumbler, sedotan aluminium, dan lain sebagainya. Daripada menyumbang sampah plastik yang bahkan butuh hingga ratusan tahun untuk terurai. Jadi, kamu sudah 'kekinian' belum?

6. Ikut berpartisipasi dalam gerakan peduli lingkungan

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri SendiriIlustrasi menanam tumbuhan (pexels.com/Matteo Badini)

Langkah penting berikutnya, kamu bisa mulai menjajaki kegiatan baru dengan bergabung pada komunitas peduli lingkungan. Selain bisa memberikan dampak baik pada bumi, kamu juga bisa mendapatkan relasi atau teman-teman baru, kan?

Atau semudah kamu men-download aplikasi eRecycle di Google Play Store maupun App Store, yang kegiatan utamanya berfokus pada penjemputan sampah plastik di rumah kamu. Untuk kemudian sampah-sampah plastik tersebut akan didaur ulang.

Jadi meski dari rumah saja, kamu yang berdomilisi di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi bisa berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan. Keren banget, kan?

7. Peduli ke sesama manusia dan menanamkan nilai-nilai baik

#GreenBeauty 7 Langkah Elegan Untuk Mulai Cintai Bumi dan Diri SendiriIlustrasi kegiatan belajar bersama (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Terakhir namun sama pentingnya, #onegreenstep yang dapat kamu lakukan ialah peduli terhadap sesama. Meluangkan waktu sesekali untuk sekadar berbagi pengetahuan pada anak-anak yang membutuhkan. Menanamkan nilai-nilai positif agar kelak generasi penerus kita juga meneruskan perjuangan untuk merawat dan mencintai bumi. 

Nah, itulah beberapa langkah elegan yang dapat kamu lakukan untuk mulai mencintai bumi dan diri sendiri. Jangan sampai menunda-nunda lagi, ya. Bumi membutuhkan kepedulianmu sejak hari ini. Yuk, bisa, yuk!

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Cara Mudah Lakukan Carbon Offsetting Demi Menjaga Bumi

Devi Latifah Photo Verified Writer Devi Latifah

Menulis adalah cara lain menggapai cita-cita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya