Comscore Tracker

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama Pandemik

Langkah #IniBaruGokil kalau kamu aplikasikan dalam hidup

Selama pandemik, tak dipungkiri kalau segala aspek dalam hidup harus berubah drastis demi mengikuti protokol kesehatan. Contohnya, mobilitas sehari-hari turut dibatasi agar penyebaran virus corona tak semakin menjadi-jadi. Karenanya, kamu pun dituntut untuk melakukan berbagai aktifitas di rumah saja.

Namun, hal tersebut tak serta-merta membuat kualitas hidup jadi berkurang, lho. Apalagi dampak terhadap kesehatan mental yang bisa dikatakan tak main-main.

Oleh sebab itu, yuk terapkan 7 langkah di bawah ini untuk tingkatkan kualitas hidup selama pandemik sehingga dirimu bisa terhindar dari depresi!

1. Membiasakan diri untuk berdoa sebelum memulai segalanya

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama PandemikIlustrasi seseorang sedang berdoa (pixabay.com/StockSnap)

Rasanya memang sulit membiasakan diri dengan keadaan yang serba terbatasi di masa pandemik ini. Kamu seakan terkungkung dalam situasi yang tak pasti. Namun, satu hal yang baik untuk selalu diingat bahwa segalanya pasti akan berakhir suatu hari nanti, termasuk dengan pandemik COVID-19 ini.

Percaya saja, Tuhan pasti punya rencana terbaik untuk kita semua. Jadi, membiasakan diri untuk memulai segalanya dengan berdoa, semata-mata agar diri tetap mengingat Tuhan. Meminta agar selalu diberikan kemudahan serta kelancaran dalam menghadapi hari. 

2. Menekuni olahraga yang membuat tubuhmu bugar dan sehat

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama PandemikIlustrasi melakukan yoga (pixabay.com/Irina L)

Meski di rumah saja, bukan berarti harimu berisi dengan bermalas-malas ria, kan? Kamu masih tetap bisa beraktivitas seperti sedia kala, termasuk dalam hal berolahraga. Kamu bisa memilih beberapa opsi olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah.

Contohnya seperti yoga, pilates, jogging atau sekadar mengikuti senam dari saluran YouTube. Intinya, kamu harus membuat tubuhmu banyak bergerak agar tetap merasa bugar dan sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Memberi tubuh asupan makanan dan minuman yang sehat sebagai bekal kekebalan imun 

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama PandemikIlustrasi seseorang meminum jus buah (pexels.com/Anete Lusina)

Olahraga saja tak cukup untuk membuat tubuhmu bugar dan fit, namun harus pula didukung dengan asupan makanan dan minuman yang sehat. Kamu bisa mulai memenuhi stok makanan dan minumanmu di rumah dengan bahan-bahan yang alami dan memiliki nilai gizi yang tinggi. 

Hindari makanan cepat saji. Karena meski praktis, namun faktanya makanan cepat saji juga tidak baik untuk sistem kekebalan tubuh, lho. Jangan sampai usahamu untuk tetap sehat dengan membatasi mobiltas dengan di rumah saja justru memberikan dampak serius ke depannya karena sering mengonsumsi makanan cepat saji.

Baca Juga: 6 Cara Mudah dan Murah untuk Menikmati Hidup, Anti Stres!

4. Meningkatkan waktu berkualitas dengan keluarga tercinta

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama PandemikIlustrasi melakukan aktivitas bersama keluarga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tak selalu buruk, di masa pandemik seperti sekarang ini justru menjadi momentum untuk lebih mendekatkan diri dengan orang-orang tercinta di rumah. Biasanya seluruh anggota keluarga sibuk masing-masing dengan segala aktifitas di luar rumah.

Imbas dari pembatasan mobilitas, kamu jadi bisa meningkatkan quality time bersama anggota keluargamu, nih. Kamu bisa melakukan beberapa aktifitas bersama, seperti berkemah di halaman belakang rumah, menonton film bersama, atau sekadar memasak bersama dengan ibu, kakak, adik, pasangan atau bahkan nenek tercinta.

5. Tetap produktif dengan faktor pendukung mumpuni meski beraktifitas di rumah saja

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama PandemikIlustrasi tetap produktif bersama Smartfren GOKIL MAX 36GB (Dok. pribadi/Devi Latifah)

Mulai dari pelajar, pengajar, pekerja kantoran, seniman, content creator, atau bahkan ibu rumah tangga sekalipun, kini mulai membiasakan diri untuk tetap produktif meski di rumah saja. Karena hal inilah, membuat kita bergantung dengan segala macam gadget dan internet.

Berbicara tentang internet, tentunya kamu harus memilih provider mumpuni yang dapat memenuhi kebutuhan kuota internet kamu di rumah. Tak perlu banyak pertimbangan, kamu bisa memilih "Smarfren" dengan salah satu produknya yang bernama Smartfren GOKIL MAX, nih.

Dibanderol dengan harga murah, yakni mulai dari Rp30.000,- kamu bisa menikmati internetan lancar, cepat, dan stabil dengan kuota besar dan 100 persen 4G selama 24 jam di semua aplikasi. Gokil banget, kan? Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan Extra Kuota yakni mulai pukul 01:00 - 05:00 WIB, dan Gratis Nelpon sepuasnya ke sesama Smartfren.

Jadi terlepas dari apa pun profesi kamu, kamu bisa tetap produktif dengan MAXimal meski di rumah saja. Karena memang Smartfren GOKIL MAX ini kuotanya beneran gokil. Serasa kuotanya sultan, deh!

6. Berikan dirimu waktu untuk sekadar 'relaksasi' agar terhindar dari jenuh berkepanjangan

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama PandemikIlustrasi seseorang melakukan aktivitas di ruang kamar (pexels.com/Vlada Karpovich)

Tak melulu tentang pekerjaan, kamu juga sesekali harus membuat dirimu 'bersantai', menikmati 'me time' yang dapat membantumu melupakan segala permasalahan hidup, termasuk mungkin di antaranya adalah kondisi pandemik ini sendiri. 

Kamu tetap bisa melakukan berbagai aktivitas yang kamu sukai meski di rumah saja. Seperti misalnya, berkebun, membaca novel, melukis, mengikuti kursus online tertentu, atau sesederhana menikmati secangkir kopi buatanmu sendiri sambil menonton drama Korea, atau aktivitas apa pun yang kamu gemari.

7. Tetap mengingatkan diri untuk berbagi dengan sesama

Anti Depresi, Ini 7 Langkah Tingkatkan Kualitas Hidup Selama PandemikIlustrasi menebarkan kebaikan (pixabay.com/lauraelatimer0)

Masa pandemik ini memberikan imbas yang luar biasa terhadap perekonomian, apalagi untuk lapisan paling bawah. Meski dilatih untuk mawas diri terhadap kesehatan dengan diberlakukannya PPKM, bukan berarti kamu harus tak acuh dengan orang-orang sekitar yang membutuhkan bantuan.

Kamu bisa melalui langkah kecil untuk berbagi ke sesama. Sudah banyak bermunculan situs website atau aplikasi online terpercaya yang dapat menjembatani niat tulus kamu untuk berbagi pada mereka yang sedang membutuhkan, lho.

Nah, itulah 7 langkah untuk meningkatkan kualitas hidup di masa pandemik. Yuk, bangun rasa optimistis bahwa pandemik COVID-19 ini akan segera berlalu!

Baca Juga: 10 Negara dengan Kualitas Hidup Terbaik di Dunia 2021, Ada Impianmu? 

Devi Latifah Photo Verified Writer Devi Latifah

Menulis adalah cara lain menggapai cita-cita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya