Comscore Tracker

5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan 

Jangan pernah menyerah karena semua ada nilai positifnya

Pekerjaan adalah sebuah kegiatan yang sulit dicari dan tidak bisa dimiliki oleh setiap orang. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman, tenaga manusia banyak tergantikan oleh teknologi canggih dan membuat pekerjaan semakin susah ditemukan. Gelar pendidikan pun tak bisa menjamin seseorang bisa mendapat pekerjaan impiannya. Sebab ketatnya persaingan menuntut banyak keahlian. 

Tak kunjung mendapat pekerjaan tapi bukan sebuah akhir dari semua perjuangan, kamu bisa mengambil 5 sisi baik seperti hal-hal berikut ini!

1. Waktunya untuk bebenah diri

5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan unsplash.com/@wflwong

Pencapaian yang tak kunjung terwujudkan membuat manusia kerap kali sadar bahwa banyak hal yang perlu diperbaiki. Proses panjang ini menjadi waktu yang tepat untuk bebenah diri, mungkin hal yang dicita-citakan belum juga terjadi karena memang dari diri sendiri yang belum menunjukan kesiapan. Meskipun terdengar sederhana dan membosankan tapi momen introspeksi seperti ini berperan banget lho untuk perkembangan kualitas diri.

2. Menyadari ada potensi lain yang bisa digali

5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan unsplash.com/@jeisblack

Gagal dalam satu bidang tidak bisa menjadi alasan untuk tidak sukses. Penantian panjang atas panggilan kerja yang langka ditemukan seolah menjadi teguran kuat tentang potensi lain yang tersimpan. Jika kita berpikir tenang dan tetap positif, keahlian lain perlahan menyeruak, seakan-akan mulai bermekaran dan menunjukkan keberadaannya. Alhasil sesuatu yang tidak terduga bisa menjadi hal yang paling membahagiakan. 

3. Menikmati waktu luang menghibur diri

5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan unsplash.com/@callmeed

Meskipun waktu seperti ini kurang menyenangkan untuk terus-menerus dilewati tapi itu dapat menjadi waktu berkualitas untuk menghibur diri. Kamu bisa melakukan hobi yang dulu sempat tertunda karena berbagai kesibukan. Membiarkan otak dan tubuh beristirahat tidak ada salahnya. Ketika nanti kegiatan lain yang diimpikan berhasil diwujudkan maka kamu akan lebih fresh dan siap melakukannya dengan maksimal. 

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga di Rumah 

4. Lebih dekat dengan keluarga dan kerabat dekat

5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan unsplash.com/@naassomz1

Saat titik terbawah itu tiba dan membuat rasa percaya diri perlahan memudar, di sini peran keluarga dan kerabat dekat begitu terasa. Seleksi alam baru saja menjalankan tugasnya, kamu dapat melihat mana yang benar-benar tulus menemani, menyayangi dan mendukung di situasi yang seperti ini. Dengan begitu kamu pun tahu apa yang harus diprioritaskan perihal kebahagiaan mereka yang setia ada untukmu. 

5. Merakit tekad yang lebih besar lagi

5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan unsplash.com/@avellanasilva

Semangat dan daya juang yang tinggi itu gak bisa sembarangan tercipta. Butuh konsistensi yang kuat untuk bisa sukses dengan mental yang siap berjuang. Waktu pengangguran akhirnya menyadarkan tentang pentingnya semangat dan daya juang meraih mimpi. Dan waktu seperti ini membuatmu sadar bahwa tekad yang lebih besar membawa hal-hal baik yang lebih besar pula di kemudian hari. 

Menjadi seseorang yang tertunda harapannya bukan berarti kamu tidak pantas untuk mendapatkannya. Tapi ada pelajaran yang harus dicerna kala menanti hal itu tiba, terus semangat ya!

Baca Juga: Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini Sebelum Menentukan Pekerjaan Impian

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You