Comscore Tracker

6 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Tingkah Laku Anak Kecil

Anak kecil juga bisa jadi teladan

Siapa sih yang gak jatuh hati dengan tingkah polos anak kecil yang imut dan pengen cubit? Pastinya banyak orang yang suka dengan energi anak kecil yang sangat positif dan gak punya beban hidup yang berarti ya. Anak kecil bahkan menjadi alasan para orangtua rela bekerja banting tulang dari pagi hingga malam demi melihat mereka berkembang.

Meskipun kadang anak kecil juga bisa bertingkah menyebalkan tapi ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari tingkah laku mereka lho. 

1. Pantang menyerah untuk meraih apa yang mereka inginkan

6 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Tingkah Laku Anak Kecilunsplash.com/@anniespratt

Kalian pasti pernah melihat anak kecil yang berusaha mencari akal untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Meskipun akses yang gak memungkinkan dengan tingkah polosnya mereka mengakali berbagai hal untuk membuatnya jadi memungkinkan.

Nah, dari kegigihan itu kamu bisa belajar bahwa mencapai sesuatu yang kita mau itu memang butuh perjuangan, intinya kita gak boleh mudah menyerah dan terus berusaha. Karena proses yang sulit itu akan berbuah manis saat hasilnya bisa kita dapatkan. 

2. Peka terhadap respon dan perilaku orang lain

6 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Tingkah Laku Anak Kecilunsplash.com/@supernov

Anak kecil terkenal dengan kepolosannya yang bikin orang dewasa terkaget-kaget. Misalnya saat mereka secara spontan mengetahui mana orang yang memiliki niat jahat dan mereka yang melakukan hal secara tulus. Layaknya mesin pendeteksi anak kecil mampu menyaring orang karena perasaannya yang peka. 

Setiap gerak-gerik mereka perhatikan hingga akhirnya mereka bisa membedakan mana orang yang berpura-pura menyukainya dan mana orang yang benar-benar menyukai anak kecil. Coba deh amati cara anak kecil menganalisa kepribadian mendasar orang, bisa kamu contek lho buat diterapkan di kehidupan sehari-hari. 

3. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

6 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Tingkah Laku Anak Kecilunsplash.com/@joshapplegate

Selain dua hal tadi sifat lain yang paling menonjol dari anak kecil adalah rasa ingin tahu yang tinggi alias kepo. Yap, ibarat kanvas yang masih kosong anak kecil siap mengambil semua warna yang bisa menghiasi diri mereka. Apa saja yang mereka lihat dan dianggap menarik dikulik hingga tuntas. Walaupun orang dewasa gak perlu mencari tahu semua hal tapi setidaknya tanamkan rasa ingin tahu yang tinggi pada suatu hal baik yang bemanfaat. Ciptakan rasa penasaran yang semangat seperti yang dimiliki anak kecil.

Baca Juga: Jangan Salah, 5 Sifat Negatif Ini Justru Mendatangkan Keuntungan

4. Tidak ragu mengungkapkan perasaan yang mereka rasakan

6 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Tingkah Laku Anak Kecilunsplash.com/@patrickian4

Mudah menangis, marah atau menyampaikan pendapat adalah sikap dasar anak kecil yang juga harus dimiliki orang dewasa. Menyimpan atau membiarkan perasaan terpendam bisa membuat masalah hati yang menganggu kalian lho.

Jadi ikuti cara anak kecil yang tidak ragu mengunkapkan perasaan yang mereka rasakan guys. Kalau ingin menangis saat lelah atau sedih maka luapkan saja, tapi ingat kalau orang dewasa butuh batas tertentu biar gak terlalu berlebihan dan tetap terkendali ya. 

5. Mengerti dan mendengarkan apa kata orang yang benar

6 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Tingkah Laku Anak Kecilunsplash.com/@carolinehdz

Sebandel apapun anak kecil mereka pasti mendengarkan apa kata orang yang benar. Anak kecil mudah dikendalikan karena mereka punya ketakutan tertentu. Sebagai orang yang udah berpikiran yang lebih baik dari anak kecil kita juga harus meniru perilaku mereka.

Jangan menjadi seorang yang tidak tahu aturan dan tidak memiliki batas tertentu. Omongan baik akan membawa kebaikan dan anak kecil melakukan lalu menuruti hal tersebut karena merasakan hal itu memang benar-benar terjadi.

6. Selalu ceria setiap saat di manapun mereka berada

6 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari Tingkah Laku Anak Kecilhttps://unsplash.com/@hozae

Membuat anak kecil bahagia itu sederhana, bisa dengan permen, cokelat, jalan-jalan sebentar dan masih banyak lagi cara lainnya. Dari situ bisa kita pelajari bahwa bersikap selalu ceria di manapun kita berada akan membuat hidup terasa menyenangkan. Kebahagiaan sendiri bisa muncul dari berbagai hal sederhana, sehingga gak ada lagi alasan untuk kesulitan merasa bahagia. 

Pelajaran hidup itu bisa datang darimana dan dari siapa saja asalkan kita mau membuka mata. Mulai sekarang kalau melihat anak kecil pastikan kamu mengingat setidaknya salah satu pelajaran dari mereka seperti di atas tadi ya. Bisa jadi self reminder yang efektif!

Baca Juga: Hati-hati, 5 Sifat Baik Ini Malah Bisa Bikin Orang Lain Kesal Lho

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You