Comscore Tracker

6 Sikap dalam Bicara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gak Respek Sama Kamu 

#GoodLife Jangan dibiasakan ya, guys!

Cara bicara merupakan salah satu faktor penentu bagaimana nantinya orang lain akan menilai karaktermu serta memperlakukanmu. Maka dari itu, kenapa kamu perlu sekali menjaga etika dalam bicara. Selain untuk memberi kesan yang baik, ramah dan sopan bagi orang-orang disekelilingmu, nantinya akan akan lebih dihargai karena sikapmu ini.

Pun sebaliknya jika kamu tidak bisa menjaga etika dalam bicara, maka orang di sekelilingmu akan menjadi ilfeel dan jadi gak menaruh respect padamu. Mereka juga akan menilai kamu kurang memiliki attitude yang baik. 

Oleh karena itu kamu perlu sekali menghindari 5 sikap di bawah ini agar orang lain bisa merasa nyaman jika sedang bersamamu.

1. Tidak bisa menjaga intonasi suara dalam bicara

6 Sikap dalam Bicara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gak Respek Sama Kamu Pixabay/ASSY

Seseorang yang tidak bisa menjaga intonasi dalam bicara, seperti tidak bisa mengatur tinggi dan rendah suara dan suka menyamaratakan cara bicara pada siapapun serta tidak bisa memilah kosakata yang baik dalam bicara bisa membuat orang disekitarmu menjadi ilfeel dan tidak respect padamu. 

Kalau kamu terus membiasakan sikap ini dan tidak berusaha untuk menubahnya, lama-lama bisa membuat mereka menjadi tak acuh dan meremehkanmu. Gak mau kan, diremehkan? Jadi segera ubah kebiasaan ini ya, guys!

2. Suka membual dan berbohong akan sesuatu

6 Sikap dalam Bicara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gak Respek Sama Kamu Unsplash.com/Ben White

Seseorang yang suka membual, seperti meninggikan diri sendiri, suka menjanjikan sesuatu namun tak kunjung ditepati, dan kerap bicara tak sesuai fakta alias gemar berbohong bisa membuat orang lain menjadi gak respect padamu. 

Sikap ini juga bisa membuat orang jadi sebal dan lama-lama kamu akan kehilangan kepercayaan dari mereka. Jadi jangan dibiasakan ya.

3. Suka menggurui atau menghakimi orang lain

6 Sikap dalam Bicara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gak Respek Sama Kamu Unsplash.com/Rawpixel

Sikap suka menggurui dan bertindak bak hakim bagi temanmu bisa membuat temanmu menjadi gak nyaman denganmu. Lama-lama kehadiranmu hanya akan membuatnya risih dan mengganggu. Karena dia menganggapmu terlalu ikut campur pada urusan pribadinya padahal kamu gak punya hak untuk itu. 

Toh, jika dikembalikan ke diri sendiri, apa kamu mau jika orang lain juga turut campur dengan kehidupanmu? Maka dari itu, jangan lakukan suatu perbuatan yang kamu sendiri juga tidak suka bila orang lain melakukannya. 

Jaga hubungan baikmu dengan orang-orang di sekitarmu dengan tidak ikut campur pada urusan pribadi masing-masing orang.

Baca Juga: 5 Cara Berkomunikasi Agar Tidak Menciptakan 'Awkward Moment'

4. Terlalu banyak ambil peran dalam bicara

6 Sikap dalam Bicara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gak Respek Sama Kamu Unsplash/Pricillia Du Preez

Seseorang yang terlalu banyak ambil bagian dalam bicara dan tidak memberi kesempatan bagi yang lain untuk bicara bisa membuat orang di sekitarmu jadi badmood lho. Terlebih, nantinya kamu hanya akan membahas topik yang menurutmu menarik saja dan kamu akan lebih banyak bercerita tentang diri sendiri. Karena topik pembicaraanmu tidak bersifat random, orang yang mendengarkannya bisa menjadi jenuh dibuatnya. 

Maka dari itu, dalam berbicara jangan bertindak egois dan berempatilah pada lawan bicara.

5. Gemar menggosipkan sesamanya

6 Sikap dalam Bicara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gak Respek Sama Kamu Pixabay/Baruska

Memang diakui, bergosip merupakan kebiasaan yang paling sulit untuk dihilangkan pada diri seseorang. Meski begitu kamu harus membiasakan diri untuk mengurangi kegiatan minus ini karena kebiasaan ini bisa mendatangkan konflik pada sesama, apalagi jika kamu menyebarkan desas-desus yang kebenarannya belum benar-benar kamu ketahui. 

Percaya saja, jika kamu masih memelihara sifat ini, nantinya kamu hanya akan mengundang musuh dan bisa membuat orang tidak menyukaimu.

6. Terlalu suka mengeluh

6 Sikap dalam Bicara Ini Bisa Bikin Orang Jadi Gak Respek Sama Kamu unsplash.com/Kinga Chicewich

Kebiasaan suka mengeluh dan sering kamu lakukan berulang-ulang bisa membuat orang yang mendengarkan jadi bete lho. Sebab sama saja kamu telah memberi energi negatif pada sekitar. Tentu orang yang mendengarkan lama-lama bisa merasa gak nyaman dengan kamu. 

Mengeluh boleh saja, tapi jangan sering dibiasakan ya guys. Selain gak baik untuk dirimu dan orang lain, mengeluh juga tidak akan mengubah hidupmu ke arah yang lebih baik. Jadi segera carilah solusinya daripada hanya diratapi saja.

Nah, sebaiknya 6 kebiasaan dalam bicara ini segera kamu kurangi ya, guys. Tak lain demi kebaikan dirimu sendiri.

Baca Juga: Pahami 9 Keahlian Komunikasi Ini Agar Wawancara Kerjamu Makin Sukses

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya