Comscore Tracker

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!

Kalau gak dibiasakan dari sekarang, kapan lagi? #ANGPOIN

Bahagia tidaknya seseorang sangat berkaitan dengan mindset yang ia bangun dan tanam di pikirannya. Dan mindset ini juga lah yang membentuk kepribadian dan cara berpikir dia yang sekarang.

Biasanya orang yang kerap kali kesulitan untuk merasa bahagia bisa jadi karena ia memiliki berbagai pikiran negatif atau tumpukan luka yang belum ia selesaikan di masa lalunya sehingga akumulasi dari luka-luka tersebut ikut terbawa di kehidupannya sekarang.

Memang, tidaklah instan untuk bisa berdamai dengan diri sendiri. Tapi perlahan bisa kamu redam dengan membiasakan diri melakukan 10 hal di bawah ini.

1. Tidak hidup dengan mengikuti standar penilaian orang lain

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Elevate

Kadang kala untuk dapat diterima dan disukai oleh orang-orang di sekitar kita, kita jadi gak bisa menjadi diri sendiri. Kita kerap kali dijajah dengan berbagai ekspektasi dan standar penilaian yang orang lain buat sehingga pada akhirnya kita merasa terbebani sendiri dengan semua itu. 

Padahal dalam hidup ini mustahil kita dapat selalu menyenangkan semua orang. Sudah seharusnya kamu lebih dapat memperjuangkan kenyamanan dan kebahagiaanmu sendiri dengan gak selalu menuruti apa yang orang lain mau dari kamu. Bagaimana kamu bisa membahagiakan orang lain kalau kamu sendirinya saja belum bahagia?

2. Keluar dari lingkungan yang toxic

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Perasaan tidak bahagia juga bisa di pengaruhi oleh faktor lingkungan di sekitar kita. Lihat, apa orang-orang di sekitar kita banyak yang teridentifikasi toxic. Kalau iya, segera lah menjauh dan jangan pernah lagi terlibat dengan orang-orang yang hanya memberi pengaruh negatif pada dirimu sendiri.

Pilihlah lingkungan yang bisa membawamu menjadi pribadi yang lebih positif dan berkembang ke arah yang lebih baik. Sebab, nilai diri seseorang bisa dilihat dengan siapa dia biasa berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

3. Melatih diri membangun pola pikir yang positif

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Dan

Susah merasa bahagia bisa dipicu karena kamu terlalu banyak berpikiran negatif dalam memandang sesuatu. Padahal belum tentu pikiran negatif yang kamu ciptakan itu bakal benar kejadian.

Daripada kamu terus-terusan terbebani dengan pikiran negatif yang kamu buat sendiri. Coba deh, biasakan diri mulai sekarang untuk membangun pola pikir yang lebih positif.

Hal ini sangat berguna untuk menjauhkanmu dari rasa cemas, stres bahkan depresi. Dengan pikiran positif kamu akan lebih dapat mengambil hal-hal baik meski berada di situasi yang kurang menguntungkan sekalipun.

4. Senantiasa bersyukur

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Joshua Reedekopp

Senantiasa bersyukur dengan segala hal yang masih kamu miliki dapat menjauhkanmu dari sifat gampang mengeluh karena selalu merasa kurang. Seseorang akan susah merasa bahagia bila dirinya tidak pernah merasa puas dan cukup dengan apa yang dimilikinya.

Namun dengan selalu bersyukur dengan apa yang masih kamu punya saat ini serta tidak membandingkan pencapaianmu dengan orang lain, kamu akan mendapat kepuasan batin yang bisa bikin hati kamu menjadi lebih tentram dan damai. 

5. Jauhi kebiasaan overthinking 

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Nik Suliahin

Jangan penuhi isi kepala kamu dengan banyak berpikir berlebihan terhadap segala hal yang belum terjadi karena ini hanya akan menjauhkanmu dari perasaan bahagia. Lebih logis lah dalam melihat sesuatu agar pikiranmu menjadi lebih tertata dan seimbang.

Memelihara sifat overthinking setiap saat hanya akan mendekatkanmu pada perasaan gelisah, khawatir, stres dan bikin hati kamu jadi capek sendiri. Kalau kamu betah memelihara kebiasaan negatif satu ini dikhawatirkan dapat memberi dampak kurang baik juga bagi kesehatan fisik dan mental kamu.

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Pernikahan yang Bahagia, Pastikan Kamu Termasuk!

6. Jangan terlalu baperan 

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Danielle MacInnes

Hidup akan terasa berat untuk dijalani kalau dalam sehari-hari kamu lebih banyak melibatkan perasaan saat menjalani hidup bersosial dengan banyak orang. Karena terlalu memelihara sifat baperan ini dapat bikin kamu gampang terluka bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun, kamu juga cenderung sulit menoleransi kesalahan kecil yang dilakukan orang lain sehingga pada akhirnya kamu memilih untuk membatasi diri dengan orang-orang di sekitarmu dan memilih untuk tenggelam pada emosi negatif yang kamu ciptakan sendiri.

7. Jujur dengan perasaanmu 

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Jason Blackeye

Maksudnya adalah jangan memendam seluruh emosi negatif yang kamu rasakan sendirian, yang ada justru kamu akan semakin terbebani dan merasa frustasi karenanya. Terlalu memendam emosi negatif dalam diri bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan mental kamu.

Jangan malu mengakui keadaanmu yang sedang tidak baik-baik saja karena kamu bukan manusia super yang bisa menanggung semua masalahmu sendirian. Carilah orang yang kamu percaya dan dirasa tepat untuk membagikan segala keluh kesahmu agar bisa sedikit meringankan beban yang bersarang di hati dan pikiran kamu.

8. Perbanyak melakukan hal-hal positif 

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Adam Winger

Banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif bisa membuat perasaanmu menjadi lebih bahagia lho. Dengan melakukan berbagai hal yang bisa memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang sekitarmu, ini bisa menciptakan emosi yang lebih positif.

Nah, selain bernilai pahala kamu juga akan mendapat perasaan puas dan nyaman, kan. Mulai sekarang, yuk biasakan diri untuk melakukan berbagai hal positif, ini sangat berguna untuk meningkatkan suasana hati kamu menjadi lebih baik.

9. Jangan mencintai dan membenci seseorang terlalu dalam 

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Candice Picard

Segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik, entah itu mencintai maupun membenci. Mencintai seseorang terlalu dalam bisa bikin kamu menjadi tidak logis dalam memandang sesuatu. Begitu pula dengan membenci berlebihan dapat bikin jiwa kamu menjadi gusar dan tidak tenang .

Hal-hal yang dilakukan secara berlebihan memang tidaklah berdampak baik bagi diri sendiri dan tentunya menjauhkanmu dari rasa bahagia. Jadi hidup perlu adanya keseimbangan antara hati dan pikiran agar kamu masih dapat berpikir jernih dan tidak mudah terjebak pada penyesalan di kemudian hari.

10. Fokus hidup pada saat ini 

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Lebih Bahagia, Terapin Yuk!unsplash.com/Denys Nevozhai

Dan terakhir kamu bisa pusatkan seluruh perhatianmu pada hidup saat ini, jangan terus-terusan untuk menengok lagi ke belakang agar kamu tidak ter-distract dengan memori-memori menyedihkan yang pernah terjadi di masa lalu. Dan juga jangan fokuskan pikiranmu hidup di masa depan yang ada kamu akan mudah merasa cemas dan khawatir berlebihan. Kamu bisa melatih kebiasaan mindfulness dari sekarang agar kamu dapat menjalani sisa hidupmu dengan perasaan yang lebih stabil, ringan dan bahagia.

Seiring bertambahnya usia kita memang akan begitu banyak kekecewaan yang akan kita terima namun semua balik lagi ke dirimu sendiri. Masalah memang tidak bisa kamu hindari tapi kamu bisa mengendalikan atas seluruh reaksinya.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Good Girl Syndrome, Masalah yang Buat Cewek Sulit Bahagia

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya