Comscore Tracker

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah Dewasa

Sudah mulai merasakannya?

Pengalaman hidup pastinya akan memberimu banyak pelajaran yang berharga. Meski begitu, nyatanya tidak semua orang mau mengambil pelajaran berharga darinya. Sehingga gak sedikit dari mereka kerap mengulangi kesalahan yang sama.

Namun, seseorang yang matang dari segi pola pikirannya, tentu dia akan banyak belajar dari pengalaman yang sudah-sudah. Bahkan ia turut mengaplikasikannya di kehidupannya sehari-hari. Penasaran apa saja pola pikir yang bisa terbentuk seiring seseorang bertambah dewasa. Ini lima di antaranya!

 

1. Kamu lebih bisa menerima diri sendiri

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah Dewasaunsplash.com/Sarah Doody

Pada perjalanannya, hidup ini gak selalu memberikan kamu kemudahan dan kelancaran. Alhasil kamu kerap kali mengalami sebuah konflik batin didalam dirimu. Namun seiring terbukanya pikiran kamu, kamu mulai bisa menoleransi segala nasib baik dan buruk yang sudah menjadi bagian dari hidupmu. Dan berawal dari sini, kamu mulai dapat menerima keadaan dirimu sendiri. 

2. Kamu lebih terbuka pada keberagaman sifat dan cara pandang orang lain

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah DewasaUnsplash/Priscilla Du Prezz

Kamu tidak lagi gampang berspekulasi atas sebuah kebenaran dan kesalahan yang menjadi pedoman orang lain dalam menjalani hidup mereka. Namun sebaliknya, kamu lebih memilih untuk mengerti dengan melihat segala sesuatunya dari dua sisi yang berbeda. Dan setelah kamu mengerti, maka kamu dapat lebih terbuka pada keberagaman sifat dan cara pandang tiap-tiap individu.

3. Kamu tidak lagi melarutkan diri memikirkan hal-hal yang kurang penting

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah DewasaUnsplash.com/Franciele Cunha

Salah satu penyebab terjadinya konflik batin adalah kamu terlalu senang berpikir berlebihan untuk segala sesuatu yang sebenarnya kurang penting. Akhirnya kamu mudah dilanda rasa dilema, sedih bahkan stres berkepanjangan. Seorang yang sudah terbuka pikirannya akan menghindari memikirkan hal-hal yang kurang penting. Biasanya mereka akan memilih cuek dan berpikir positif atas setiap kejadian yang sudah terjadi.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Kamu Beranjak Dewasa

4. Kamu tidak lagi menyalahkan orang lain atas mood buruk yang melanda

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah Dewasaunsplash.com/Alexandru Zdrobau

Kadang gejolak emosi negatif didalam hati yang tak dapat terbendung bisa membuat seseorang mudah melampiaskannya pada orang lain. Secara gak langsung hal ini menunjukan bila orang tersebut belum cukup dewasa dalam mengendalikan emosi dalam diri mereka.

Seorang yang dewasa, meski dalam mood yang kurang baik sekalipun ia tidak akan menjadikan orang lain sebagai sumber kesalahan dan pelampiasan. Karena ia lebih dapat menata pikiran serta mengontrol emosi dalam dirinya dengan baik.

5. Kamu tidak lagi berambisi mengejar kebahagiaan yang bersifat semu

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah Dewasapexels.com/bruce mars

Sebelumnya banyak orang yang belum mengerti makna bahagia yang sesungguhnya, alhasil mereka kerap kali mencari pengalih dilema dengan cara mengejar kebahagiaan yang bersifat semu. Padahal kebahagiaan semu tidak ada yang kekal. Dan kamu masih dapat kembali melow lagi setelahnya. Namun saat kamu mulai mengerti makna dari bahagia itu sendiri, kamu akan bisa menata hati dan pikiranmu untuk dapat menciptakan kebahagiaanmu sendiri.

6. Kamu akan lebih banyak memainkan logika ketimbang perasaan

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah Dewasaunsplash.com/Freestocks.org

Dan, dari pengalaman hidup yang sudah kamu dapatkan serta kamu evaluasikan kediri sendiri, dampak positifnya adalah kamu menjadi lebih bijak dalam menyikapi segala sesuatu.

Contoh, kamu tidak lagi mendominankan perasaan dalam menjalani hidup ini melainkan kamu lebih mempertimbangkan segala sesuatunya dengan logikamu.

7. Kamu tidak lagi berusaha menghindar dari masalah

7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah Dewasaunsplash.com/Josephine Amalie Paysen

Terakhir, kamu gak lagi berusaha menghindar dari setiap masalah yang datang menghampirimu. Sebaliknya kamu lebih siap untuk menghadapi sebuah masalah yang datang dengan sikap terbuka dan penuh rasa tanggung jawab tanpa harus melibatkan orang lain untuk masuk kedalam lingkar masalahmu.

Lalu apa kamu merupakan salah satu bagian dari mereka?

Baca Juga: 5 Sikap Dewasa yang Bikin Pria Terharu & Bersyukur Memilikimu

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya