Comscore Tracker

Selalu Bikin Gemas, 5 Sifat Ini Menandakan Kamu Orang yang Lebay

Orang mah bakal risih lihatnya!

Istilah 'lebay' mungkin tak terdengar asing di telingamu, sebab istilah ini sering kali kita dengar dalam percakapan sehari-hari dengan orang-orang di sekitar kita. Biasanya kata lebay sendiri merujuk pada suatu perilaku seseorang yang suka bereaksi berlebihan dalam menyikapi sesuatu.

Sikap lebay ini biasanya mudah mengundang rasa gemas dari orang-orang sekitarnya, kadang pula bisa membuat orang lain menjadi risih. Lalu apa saja sih ciri-ciri orang lebay? Berikut 5 di antaranya.

1. Merasa hidupmu paling menderita sendiri

Selalu Bikin Gemas, 5 Sifat Ini Menandakan Kamu Orang yang LebayUnsplash/Maksym Kaharlytskyi

Kamu merasa bahwa beban hidup yang kamu pikul ini terasa sangat berat, seolah kamulah satu-satunya orang yang paling menderita di dunia ini.

Duh, padahal jika kamu mau berpikir lebih realistis, tentu kamu bukanlah satu-satunya orang yang punya masalah, di luar sana ada banyak yang jauh lebih menderita dari kamu.

Tahu gak, bahwa setiap orang juga punya masalahnya masing-masing? Seharusnya kamu belajar dari mereka yang tegar untuk menjadi kuat, bukan malah bereaksi berlebihan dan membuat diri sendiri jadi galau dan terpuruk sendirian.

2. Suka membesar-besarkan masalah sepele

Selalu Bikin Gemas, 5 Sifat Ini Menandakan Kamu Orang yang LebayPixabay/ASSY

Bisa saja masalah yang terjadi sebenarnya cuma perkara sepele. Tapi kamu suka membesar-besarkannya menjadi heboh dan membuatnya menjadi makin runyam, alhasil hal ini malah menimbulkan bermacam persepsi negatif dari orang-orang di sekitarmu.

Tahu gak, bila sifat ini sama saja kamu sedang mengundang masalah? Selain terkesan lebay, kamu juga bak drama queen.

Tentu orang yang menyaksikan dan mengetahui persis kronologisnya pun bisa dibuat ilfeel dengan sikapmu itu.

Baca Juga: Gak Ada Untungnya, Punya Sifat Penakut Bikin Kamu Alami 5 Kerugian Ini

3. Gemar mencari perhatian demi mendapat simpati banyak orang

Selalu Bikin Gemas, 5 Sifat Ini Menandakan Kamu Orang yang LebayUnsplash.com/Katie Treadway

Ciri lain tanda kamu orang yang lebay adalah kamu gemar sekali mencari perhatian dengan mengeksplor diri berlebihan agar bisa menarik simpati dari orang lain. Kamu senang saat orang lain terfokus atau mengalihkan perhatiannya padamu. Seolah kamu selalu haus perhatian dan harus mendapatkannya.

Tapi tahu gak, sikapmu ini malah bisa membuat orang lain jadi risih lho sama kamu. Sebaiknya jangan dibiasakan deh!

4. Gampang terbawa suasana atau mudah baperan

Selalu Bikin Gemas, 5 Sifat Ini Menandakan Kamu Orang yang Lebayunsplash.com/Alexis Brown

Mudah terbawa perasaan sampai tidak bisa mengendalikan emosi dalam diri tiap kali melihat, merasakan dan mengalami sebuah peristiwa yang terjadi pada dirimu juga salah satu tanda kamu sudah berlebihan dalam menggunakan perasaan. Jatuhnya kamu jadi gampang baperan dan terkesan lebay.

5. Punya rasa percaya diri berlebihan

Selalu Bikin Gemas, 5 Sifat Ini Menandakan Kamu Orang yang Lebaythoughtsramble.com

Memang, setiap orang tentu wajib memiliki rasa percaya diri dalam dirinya. Rasa percaya diri dapat menjadikanmu pribadi yang lebih seimbang dan positif.

Namun apa jadinya bila kamu memiliki rasa percaya diri yang berlebihan, jatuhnya malah terkesan seperti dibuat-buat dan sengaja cari perhatian. Akhirnya orang yang melihatmu akan menilai kamu sudah bertingkah lebay.

Maka dari itu, bersikaplah sewajarnya, jangan suka berlebihan dalam bereaksi, selain itu gak baik, juga bisa merusak image positif dalam dirimu lho.

Baca Juga: 5 Sifat Ini Buatmu Jadi Toxic People di Lingkungan Kerja, Sadar Gak?

Dewi Ginan Photo Verified Writer Dewi Ginan

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya